Metode budidaya semangka yang benar

 Metode budidaya semangka yang benar

Jenis buah semangka mempunyai variates yang sangat beragam di indonesia sendiri banyak jenis variates yang bisa di kembagbiakan di tanah indonesia, Baca juga Mengenal Varietas Unggul Pada buah Semangka salah satu kemudahan budidaya semangka adalah  jenis tanaman buah yang bisa di budidayakan di dataran rendah yang mana indonesia sendiri berada di dataran rendah.

Semangka memunyai kultur buah yang lembut dan banyak mengandung air, semangka untuk ibu hamil sangat baik di konsumsi karena jenis buah yang banyak megandung air semangka bisa bermanfaat untuk penambah cairan yang mana sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Semangka umumnya di tanam dengan menggunakan benih biji, untuk benih berkualitas sebaiknya bisa di beli di toko pertanian dengan benih kualitas hibrida, karna kualitas beih juga berdampak pada hasil buah yang nanti akan di dapat, berikut adalah beberapa cara menanam semangka  atau bibit semangka yang baik dan benar :

a. Proses penyemaiaan
Proses ini sebaiknya di lakukan walaupun ada sebagia petani dalam penanaman semangka langsung di tanam di lahan, pada proses penyemaiaan pertama-tama benih di rendam dengan menggunakan air hangat kuku dengan suhu mencapai 35o C -40oC selama lebih kurang setengah jam, stelah proses ini di lakukan proses penyemaian bisa di lakukan dengan menggunakan pot atau dengan wadah yang ukuran besar.

Tanah yang di gunakan sebaiknya pakai tanah yang subur seperi tanah campuran kotoran hewan yang telah mengering ataupu tanah bekas sisa pembakaran hal ini di lakukan agar hasil penyemaiaan bisa di dapat dengan hasil yang sangat maksimal. Baca juga Metode pembuatan pupuk kompos sederhana lengkap

b. Penanaman di lahan
Setelah proses penyemaian selesai hal yang berikutnya adalah proses penanaman di lahan, proses penanaman di lahan di lakukan ketika semangka telah memiliki 3-4 daun benar dan waktu yang tepat untuk penanaman semanga sebaiknya di lakukan pada pagi hari hal ini dilakukan karna suhu yang di timbulkan pada pagi hari cukup bersahabat sehingga bibit semangka tidak gampang layu oleh teriknya sinar matahari.

Pada penanaman di lahan ini ada metode khusus yang bisa atau tidak di lakukan yaitu sebelum di lakukan proses penanaman tanah bisa di taburi pupuk kandang sebanyak mugkin, setelah proses penaburan biarkan selama lebih kurang satu minggu agar pupuk kandang yang kita tabur bisa teecampur ke tanah dan selanjutnya proses penanamanpun di lakukan.

c. Tahapan pemeliharaan
Proses ini  di lakukan agar tanaman semangka dapat tumbuh dengan sebur, semangka adalah tanaman yang sangat membutuhkan air banyak dalam pertumbuhannya oleh karena itu penyiraman harus rutin di lakukan pagi dan sore hari.

Hal lain yang di lakukan pada proses pemeliharaan adalah dengan senitilasi terhadapap daun –daun yang terserang penyakit artinya kita bisa melakukan pemetikan daun yang kira-kira menimbulkan penyakit pada tanaman semangka hal ini penting di lakukan setiap saat agar terhindar dari adanya hama tanaman semangka yang bisa menyerang kapan saja.

d. Pemupukan semangka
Pemupukan bisa menggunakan pupu kimia seperti NPK atau bisa juga dengan menggunakan pupuk kandang, hal ini sebenarnya hanya sebagai tambahan saja agar nantinya bibit yang kita dapat dapat menghasilkan buah dengan hasil maksmal, tetapi bila di lihat tanaman sudah tumbuh dengan suburnya walaupun tanpa pemupukan proses ini bisa di abaikan.

e. Masa panen
Pada masa panen semangka bisa di lihat denga ciri-ciri yang umum yang biasa di lihat yaitu dengan terjadinya perubahan warna buah dan pada bagian batang semangak akan mengecil, tibalah untuk pemanenan semnagka.

Umur semangka yang siap panen biasanya 70-100 hari setelah masa panen tetapi hal ini relatif, tergantung dengan cuaca ataupun kultur tanah sebagai lahan budidaya semangka.

Pada proses pemetikan buah semangka waktu yang tepat adalah dengan memilih cuaca yang cerah tidak berawan, sehingga dengn kondisi ini semangka yang kita panen dengan konisi kering pada permukaan kulitnya, hal ini juga bertujuan agar semangka bisa tahan lama dalam penyimpanan bila pada proses pemanenan kulit dalam kondisi kering,


Beberapa penjelasan tentang Metode budidayasemangka yang benar semoga bisa menjadi inspirasi dalam budidaya semagka.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool