Usaha budidaya ikan mas yang menguntungkan

Usaha budidaya ikan mas yang menguntungkan
Jenis ikan mas adalah salah satu ikan konsumsi air tawar yang sudah dapat di budidayakan secara masal, ikan mas juag sangat di minati oleh sejumblah besar masyarakat indonesia tidak heran bayak petani berlomba-lomba untukmembudidayakan ikan mas.

Harga yang di tawarkan untuk ikan mas sangat bersaing dipasaran dan harganyapun tergolong stabil di pasaran, ikan mas mempunyai rasa yang cukup lezat dengan daging yang renyah.

Persyaratan untuk budidaya ikan mas adalah  air yang di gunakan haruslah air tawar karena pada dasarnya jenis ikan mas hidup di sungai-sungai yang ketinggiannya lebih kurang 150-600 m dpl dengan suhu iar kisaran 20oC Hingga 25oC.

Jenis ikan mas adalah jenis ikan yang mudah untuk dipelihara dan dalam pemberian makanan tergolong mudah karena ikan mas merupakan jenis ikan karnifora yaitu ikan pemakan segalanya sehingga makanan makanan di alamnya berupa dedaunan, cacing, lumut dan jenis  jenis lain .

Beberapa cara pembudidayaan ikan mas tentunya butuh beberapa tahapan agar budidaya yang di hasilkan bisa berjalan sukses, berikut adalah beberapa tahapan yang bisa di pelajari :

Penyiapan tempat
Pembudidayaan ikan mas bisa di lakukan di kolam terpal ataupun dengan menggunakan kolam beton sebaiknya penyiapan kolam di lakukan seminngu sebelum melakukan proses penebaran benih, kolam yang siap bisa di lihat pada kondisi kolam yang mulai mengeluarkan lumut akan lebih baik.

Jagan sampai penebarab benih di lakukan pada saat kolam baru di buat karena hal ini akan menyebabkan benih cebderung mengalami stres dan akan meyebabkan mati.

Selain di kolam plastik dan beton ada beberapa tempat pembudidayaan ikan mas yang sering di lakukan beberpapa diantaranya adalah pembuadidayaan menggunakan jaring keramba dan menggunakan kola air deras jenis itu mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Pemilhan benih ikan mas
Pemilihan benih perlu di lakukan karena ini merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam budidaya ikan mas karna pemilihan ikan mas yang salah akan mengakibatkan hal yang fatal.

Sebaiknya gunakan benih dengan ukuran 100 gram per ekornya untuk kapasitas meggunakan kolam tanah budidaya ikan mas dapat mengunakan sebesar 1-2 ekor/m2.

Pemeliharaan ikan mas
Pemeliharaan bisa di lakukan denga mengunakan kolam air mengalir , kolam jaring apung, kolam tanah dan lain – lain, pemeliharaan bisa di lakukan di salah satu lahan tersebut setiap kolam tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing.

Pengendalian hama dan penyakit ikan mas
Dalam budidaya ikan mas tidak selamanya berjalan dengan normal ada kalanya ikan mengalami beberapa serangan  hama yang menyebabkan ikan mengalami kematian  hal itu bisa di tangani bila kita bisa menyiapkan lokasi yang kodusip seperti menghilangkan kotoran dan berlebih dan pemberina obat-obatan tertentu.

Pemanenan ikan mas
Setelah proses pemeliaharaan ikan mas berjalan dengan normal hal akhir yang sangat di harapkan adalah masa panen ikan mas, secara umum ikan mas dapat di panen dengan kisaran 300-400 gram per ekor walaupun dengan bobot sebesar tersebut bisa di panen tapi hal itu tidak menutup kemungkinan ika tersebut bisa di besarkan lebih lanjut hal tersebut bisa di lihaat dari permintaan pasar.

semoga artikel singkat tentang Usaha budidadya ikam mas yang menuntungkan ini bisa menjadi refrensi awal untuk budidaya ikan mas



Admin
Admin Inspirasi Pertanian, Selalu menyajikan Tulisan yang berguna dalam dunia tani semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool