Gejala Dan Pengendalian Penyakit Kuning Pada Cabai

Gejala Dan Pengendalian Penyakit Kuning Pada Cabai

Penyakit kuning adalah gejala penyakit yang di sebebkan oleh salah satu virus tanaman yang memiliki beberapa gejala sebelum tanaman cabe terserang virus ini, sebenarnnya banyak sekali penyakit yang di alami oleh tanaman cabe dan cara penanganannya juga ada yang berbeda ada juga yang sama, seorang petani cabe harus mengerti seluk beluk akan penyakit-penyakit yang di alami cabe sebelum proses penanaman cabe tersebut, agar bila saat proses penanaman berlangsung dan terjadi hal yang demikian petani sudah bisa melakukan penanganan, cara terbaik untuk mengobati penyakit pada tanaman cabe adalah dengan proses pencegahan agar penyakit yang akan menyerang tanaman cabe bisa di cegah sedini mungkin dan tentunnya tidak menggagu proses pembudidayaan tanaman cabe.

Tetapi bila penyakit sudah menjalar terlebih dahulu pada tanaman cabe proses penaganan harus benar-benar serius dan petani di tuntut akan pengetahuan akan panyakit apa yang sedang menyerang cabe tersebut agar pemberian obat pada tanaman cabe tidak salah dan tidak malah menimbulkan kematian pada tanaman cabe akibat kesalahan dalam pemberian obat pada tanaman cabe,  Bayak sekali petani yang lalai dalam pemberian obat akibatnnya cabe yang harusnnya sembuh dari penyakit justru malah mengalami kematian dan alhasil gagal panenpun terjadi dan petani malah mengalami kerugian yang cukup besar.

Penyakit kuning pada tanaman cabe sendiri di sebabkan oleh adannya virus dari kelompok Genus Begomovirus (singkatan dari: Bean golden mosaic virus), Famili Geminiviridae. Beberapa ciri yang di alami ganguan penyakit kuning pada tanaman cabe sendiri di antarannya adalah,

Ciri-ciri Penyakit kuning tanaman di antarannya  :
Tanaman cabai yang terserang virus ini menunjukkan gejala:
1.  Daun menguning cerah/pucat
2.  Daun keriting (curl), daun kecil-kecil
3.  Tanaman kerdil, bunga rontok
4.  Tanaman tinggal ranting dan batang saja, kemudian mati.

Penyakit kuning sendiri pada dasarnnya menyebar dari salah satu hama penggagu tanaman cabe yaitu kutu putih kutu kebul (Bemisia tabaci) yang hinggap pada tanaman cabe, dari kutu putih inilah yang menularkan virus penyakit kuning, Virus penyakit kuning memang tertanama pada kutu putih sehinnga ketika kutu putih sudah hinggap pada tanaman cabe secara otomatis tanaman cabe akan langsung terserang penyakit kuning.

Ada beberapa cara pencegahan dan sekaligus bisa di jadikan penanganan penyakit kuning pada tanaman cabe ini, beberapa cara ini sebelumnnya sudah di lakukan pengujian terlebih dahulu oleh beberapa petani lokal ada yang berhasil ada juga yang masih juga di serang oleh penyakit kuning ini, penanganan yang terlambat adalah salah satu factor kegagalan dari penaganan penyakit kuning ini oleh sebab itu penanganan yang tetapt waktu sangat di perlukan dalam penagangan penyakit kuning ini, berikut adalah metode pengendalian penyakit kuning

Pengendalian penyakit meliputi:
1.  Pengolahan tanah dan pemupukan berimbang,
2.  Penggunaan bibit sehat, yaitu:
  •   Pengerudungan persemaian menggunakan kain kasa/kelambu;
  •   Tempat persemaian yang terisolasi jauh dari lahan yang terserang penyakit;
3. Sanitasi lingkungan di sekitar pertanaman cabai termasuk menghilangkan gulma dan eradikasi tanaman sakit sejak awal pertumbuhan,
4.  Mengatur waktu tanam agar tidak bersamaan dengan tingginya populasi serangga penular, jarak tanam yang tidak terlalu rapat, dan pergiliran tanaman dengan tanaman yang bukan inang dari virus maupun serangga.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk para petani yang saat ini sedang mengalami permasalah akan penyakit kuning ini dan bila ada pertannya akan penyakit ini silahkan tanyakan di kolom komentar. Trimakasih.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

terima kasih infonya.untungnya tanaman cabai saya masih dalam kondisi baik

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool