Alternatif Mencangkok Menggunakan Wadah Air Mineral

Alternatif  Mencangkok Menggunakan Wadah Air Mineral
Mencangkok adalah  salah satu teknik pembuatan bibit tanaman yang prosesnya di ambil dengan mengambil bagian pohon yang sudah tumbuh besar, biasanya untuk melakukan pencangkokan batang yang di ambil adalah bagian cabang yang kuat dan subur selain itu juga indukan yang akan di jadikan bahan untuk cangkokan haruslah tanaman yang baik bila itu tanaman buah harus yang berproduktif dan berbuah lebat.

Pada prinsipnya bibit yang di hasilkan dari mencangkok 85 % akan mengikuti idukannya dan pertumbuhannya cenderung cepat itu mengapa indukan yang di jadikan untuk bahan cangkokan harus yang bagus, mencangkok berbeda dengan okulasi dalam teknik cangkok kita menguliti bagian cabang lalu bagian yang di kuliti tersebut di balut tanah humus kemudian di bungkus dengan plastik atau bahan-bahan lain yang bisa di jadikan pembungkus.

Umumnya si pembungkus cangkokan menggunakan plastik, atau sabut kelapa namun untuk kali ini berbeda dari yang biasannya yaitu pembungkus yang di gunakan adalah bekas wadah air mineral yang di manfaatkan sebagai  wadah media tanamnya.


Cara Mencangkok Menggunakan Wadah Air Mineral

Cukup mudah untuk melakukan pencangkokan menggunakan wadah air mineral ini pada prinsipnya wadah air mineral adalah pengati sabut kelapa atau platik yang biasanya di gunakan pada umumnya namun setelah di praktekkan penggunaan wadah air mineral ini ternyata lebih praktis tanpa harus mengikat-ikat yang justru lebih menghambat dalam pembuatan cangkok, beberapa teknik yang harus di terapkan adalah :

1. Carilah wadah air mineral yang memiliki tutup, biasanya di gunakan untuk wadah es buah atau air mineral yang biasa di beli di toko-toko.

2. Setelah kita mendapatkannya belah wadah tersebut tapi setengahnya saja jangan sampai terbelah keseluruhan.

3. Siapkan bahan-bahan media untuk pembungkusan  dalam pencangkokan media tersebut di antaranya adalah tanah yang di campur dengan kotoran hewan dengan perbandingan 2 : 1

4. Kupas bagian cabang yang akan di cangkok, hilangkan bagian kulit cangkokan sampai terliht kayu bagian dalam pada cabang tersebut.

5.  Gunakan extrak bawang merah kemudian oleskan pada bagian batang yang telah di kuliti tersebut, silahkan baca bawang merah sebagai pembatu dalam proses cangkok untuk proses pembuatannya.

6.  Kemudian masukkan gelas tersebut ke batang yang telah di kupas, lem bagian wadah plastik yang di belah tadi agar menyatu kembali kemudian masukkan medai yang telah di buat tadi ke dalam wadah yaitu gabungan tanah dan kotoran hewan.

7. Tutup menggunakan penutup wadah yang telah di persiapkan.

Proses ini terbilang cukup simple dari pada menggunakan media lain untuk tanaman yang bisa di aplikasikan menggunakan cara ini adalah jenis tanaman tin, jeruk, sawo, mangga, kelengkeng dan jenis-jenis tanaman yang laian.

Semoga info ini bermanfaat untuk yang masih binggung silahkan tanyakan di kolom komentar. Trimakasih..



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool