Begini Cara Buat Media Semai Untuk Tanaman Cabe

Begini Cara Buat Media  Semai Untuk Tanaman Cabe
Cara Buat Media  Semai Untuk Tanaman Cabe
Penyemaian merupakan metode awal dalam membudidayakan suatu tanaman, dengan melakukan penyemaian di harapan tanaman yang akan di tanam di lahan akan tumbuh dengan seragam dan keuntungan lain dari penyemaian sendiri adalah kita bisa mengetahui benih yang hidup dan mati atau benih yang layak di tanam di lahan dan tidak, bisa di bilang dengan melakukan tahapan penyemaian kita bisa melakukan seleksi alam sebelum di pindah di lahan.

Tahapan penyemaian sering di lakukan untuk tanaman yang proses penanaman di lakukan dengan menggunakan benih atau biji sebagai benihnya walaupun tidak semua jenis tanaman yang proses penanaman di lakukan dengan menggunakan biji di lakukan penyemaian.

Beberapa jenis tanaman yang proses penanaman di lakukan dengan menggunakan benih contoh  saja adalah tanaman cabe, terong, tomat dan lain-lain.

Teknik penyemaian sendiri terbilang sangat beragam bisa dengan di lakukan metode apapun ada yang menggunakan dengan menggunakan polibek atau yang lainnya.

Metode yang kami basa kali ini adalah melakukan penyemaian di lahan terbuka tana menggunakan polibek namun proses ini berbeda dari yang biasannya yaitu dengan menggunakan teknik khusus ini pembuatan semai akan lebih mudah dan lebih hemat.

Cara Buat Media  Semai Untuk Tanaman Cabe


Berikut adalah cara pembuatannya dan bahan-bahan yang di gunakan dalam pembuatan medai semai.
.
1.  Gunakan tanah merah setengah basah yang kemudian di ayak campurkan dengan tai ayam dengan perbandingan 7 : 1 kemudian campurkan air secukupnya aduk hingga merata, proses pengadukan hingga berulang-ulang hingga di peroleh adonan yang bagus dan siap untuk di jadikan media semai.

2. tuangkan adonan tersebut ke tempat terbuka yang telah di siapkan sebelumnya dan kemudian ratakan dengan ketinggian sekitar 2-3 cm untuk contoh bisa di lihat di gambar.

3. Gunakan penggaris buat garis berbentuk kotak-kotak dengan jarak 10 x 10 cm atau bisa di sesuaikan Dean lokasi pembuatan benih.

4. Lubangi bagian tengah kotakan dengan menggunakan kayu, untuk lebar dan kedalaman lubang bisa di sesuaikan dengan benih yang akan di tanam.

5. Masukan benih cabe ke dalam lubang tersebut, satu lubang 1 biji cabe dan kemudian tutup dengan tanah setelah benih di masukkan ke dalam lubang.

6. Untuk menghindari rusaknya tanaman akan serangan predator, air hujan dan teriknya matahari yang membuat semaian bisa mati tutup bagian atas dengan menggunakan plastik yang di bentuk rumah-rumahan berbentuk lengkung.

7. Selanjutnya kita hanya bisa menunggu sampai benih cabe siap untuk di tanam di lahan.


Cara ini bisa di gunakan  pada proses penyemaian tomat, terong, cabe, kubis dan lain sebagainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool