Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli Dan Contoh Pertaniannya

Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli Dan Contoh Pertaniannya

Dalam arti luas mungkin pertanian kita bisa di artikan kegiatan pengolahan lahan tertentu yang di yang di kembangkan dengan proses penanaman dan lain sebagai nya sehingga menghasilkan bahan- bahan poko seperti makanan, sayuran dan lain sebagainnya.

Namun dalam arti yang sebenarnya yang sudah di jabaran dari berbagai sumber-sumber pertanian istilah pertanian sering di artikan sebagai kegiatan manusia yang memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri dan juga sumber energi yang terbarukan.
Beberapa para ahli telah menyimpulkan juga apa itu sebenarnya definisi pertanian tersebut, saya mengambil beberapa sumber dari salah satu blog yaitu www.budidayapetani.com untuk mendapatkan hasil yang baik untuk melengkapi tulisan tersebut.

Yaitu apa itu sebenarnya definisi pertanian menurut beberapa para ahli ?
1. Pengertian Pertanian Menurut David Ray Griffin,
Pertanian adalah masalah yang paling disalahpahami, rumit, terabaikan, dan tidak diinginkan

2. Menurut Van Aarsten (1953),
agriculture adalah digunakannya kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan atau hewan yang pada mulanya dicapai dengan jalan sengaja menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam guna mengembangbiakkan tumbuhan dan atau hewan tersebut.

Dari batasan tersebut jelas bahwa untuk dapat disebut sebagai pertanian perlu dipenuhi beberapa persyaratan:

a. adanya alam beserta isinya antara lain tanah sebagai tempat kegiatan, dan tumbuhan serta hewan sebagai obyek kegiatan.

b. adanya kegiatan manusia dalam menyempurnakan segala sesuatu yang telah diberikan oleh alam dan atau Yang Maha Kuasa untuk kepentingan/ kelangsungan hidup manusia melalui dua golongan yaitu tumbuhan/tanaman dan hewan/ternak serta ikan.

c. ada usaha manusia untuk mendapatkan produk/hasil ekonomis yang lebih besar daripada sebelum adanya kegiatan manusia.

3. Menurut Mosher (1966),
pertanian adalah suatu bentuk produksi yang khas, yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan dalam suatu usaha tani, di mana kegiatan produksi merupakan bisnis, sehingga pengeluaran dan pendapatan sangat penting artinya.

4. Pengertian Pertanian Menurut Sri Sulestari,
 Pertanian adalah jenis usaha yang menekankan pada pengolahan tanah dan tanaman yang ditanam berupa tanaman pangan.

5. Pengertian Pertanian Menurut Y.W. Wartaya Winangun,
Pertanian adalah hal yang substansial dalam pembangunan, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan mentah untuk industri, penyedia lapangan kerja, dan penyumbang devisa negara.

6. Pengertian Pertanian Menurut Mosher,
  Pertanian adalah suatu bentuk produksi yang khas, yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan dalam suatu usaha tani, di mana kegiatan produksi merupakan bisnis, sehingga pengeluaran dan pendapatan sangat penting artinya.

7. Pengertian Pertanian Menurut Karwan A. Salikin,
  Pertanian merupakan bagian agroekosistem yang tak terpisahkan dengan subsistem kesehatan dan lingkungan alam, manusia dan budaya saling mengait dalam suatu proses produksi untuk kelangsungan hidup bersama.

8. Pengertian Pertanian Menurut Spedding,
 Pertanian dalam pandangan modern merupakan kegiatan manusia untuk manusia dan dilaksanakan guna memperoleh hasil yang menguntungkan sehingga hams pula meliputi kegiatan ekonomi dan pengelolaan di samping biologi.

9. Pengertian Pertanian Menurut Indianto Mu’in,
 Pertanian adalah kegiatan ekonomi utama penduduk Indonesia, sebab lebih dari 80% penduduk bekerja pada sektor pertanian.

10. Pengertian Pertanian Menurut Dwi Haryanti,
 Pertanian merupakan suatu usaha manusia dalam bercocok tanam dimana objeknya merupakan sebuah lahan kosong.

11. Pengertian Pertanian Menurut Word Bank,
  Pertanian merupakan pemakai air terbanyak yang mempunyai andil peda terjadinya kelangkaan air. Pertanian merupakan salah satu pelaku utama dalam pengurasan air tanah, polusi agrokimia, keletihan tanah, dan perubahan iklim global, serta penyumbang hingga 30% dari emisi gas rumah kaca.

Apapun itu pengertian pertanian mungkin di negri kita sudah tidak terlalu di perdebatkan karena hidup sebagai pertanin sudah melekat di negri kita.
Beberapa Contoh Pertanian di negri kita mungkin sudah tidak asing lagi dan seharusnya sudah tidak perlu di perjelas.

Namun beberapa anak muda zaman sekarang mungkin sudah mulai pudar tentang arti pertanian dan mungkin di sudatau tempat tertentu sudah tidak bisa di jadikan contoh untuk melihat bagaimana sistem pertanian itu bekerja.

Contoh pertanian yang baik adalah pertanian yang bisa mensesjahtrakan baik itu petaninya dan juga orang di sekitar tersebut yang tidak memiliki lahan, dan juga dampaknya terasa di seluruh penjuru, orang- orang yang membeli hasil tani bisa hidup sehat, tidak mendapatkan harga yang mahal namun petani masih bisa untuk.

Di negri kita walaupun pertaninan sudah menjalar di seluruh pelosok negri namun untuk mendapatkan kata murah untuk membeli beras saja sangatlah susah, walaupun harga beras mahal itu bis amembuat petani tambah makmur justru yang ada malah sebaliknya para petani sibuk menjual hasil barang panennya sementara beberapa padi di tawar dengan harga murah.

Hal seperti ini belum bisa di jadikan contoh pertanian yang baik di negri kita, mungkin kita masih harus belajar dari negara luar yang sukses menerapkan pertanian yang modern, dan juga memiliki hasil yang maksimal itu adalah contoh pertanian dan pengertian pertanian yang bisa di jadikan rujukan agar negri kita semakin maju lagi.


Admin
Admin Inspirasi Pertanian, Selalu menyajikan Tulisan yang berguna dalam dunia tani semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool