Cara membuat telur asin nano yang gurih

Cara membuat telur asin nano yang gurih
Tentu sudah tidak asing lagi dong yang namanya telur asin, telur asin yang berbahan dasar dari telur bebek memang sudah banyak kita jumpai di mana-mana, hampir semua warung makan menyediakan menu telur asin sebagai makanan pelengkap, rasa khas telur bebek dengan rasa sedikit asin dan gurih membuat telur asin ini bayak sekali yang menyukainya.


Namun ada lagi telur asin yang sedikit berbeda dengan telur asin pada umumnya, pada umumnya pembuatan telur asin hanya membalut telur dengan abu basah yang kemudian di simpan hingga beberapa hari, kali ini kita akan membahas telur asin model lain, sebut saja telur ini dengan telur asin nano-nano.

Mengapa harus di sebut nano-nano ? yah karena telur ini mempunyai 3 rasa unik yang berbeda seperti permen nano-nano, namun beda rasa yaitu Pedas, Gurih dan wangi jahe tentu wangi yang keluarkan dari aroma jahe membuat aromanya sangat menggoda sekali dan bikin ketagihan untuk selalu mencicipi telur nano ini.

Sepertinya sudah tidak sabar untuk mencoba telur nano ini, baiklah kita akan membuat bahan-bahan apa saja yang di butuhkan untuk pembuatan telur nano ini, yang pertama kita siapkan bahan


Bahan :

Bahan –bahan yang di butuhkan untuk pembuatan telur nano ini hampir sama dengan pembutaan telur asin pada umumnya namun ada beberapa tambahan yang harus di gunakan.

1.10-20 Telur bebek usahakan yang masih segar/ baru

2. 300 - 500 gr garam (bisa garam dapur, garam kasar, garam gosok)

3. Bawang putih 6 siung masih sama kulitnya kemudaian di geprek geprek

4. Cabe merah 7 buah di geprek

5. Jahe kira2 5 cm di geprek

6. 1,5 – 2 liter air

7. Toples berbahan plastik atau kaca yang bisa di tutup rapat.


Cara membuatnya:

Berikuta teknik-teknik pembuatan telur nano yang harus di perhatikan, pembuatan cukup mudah dan tidak memakan waktu cukup lama.

1. Rendam telur di dalam air bersih kurang lebih 2 menit.

2. Perhatikan saat merendam “jika telur mengapung” berarti telur tersebut jelek (jangan digunakan).

3. Kemudian bersihkan telur dengan menggunakan spon hingga kotoran bersih, tujuanya adalah agar kotoran tidak menyebabkan telur rusak saat proses pengasinan.

4. Keringkan telur yang sudah di cuci bersih tadi, lalu gosok dengan amplas halus, tujuanya adalah agar pori-pori telur terbuka, namun jangan terlalu lama menggosoknya.

5. Kemudian letakkan di toples susun dengan rapih.

6. Campur garam dan air di tempat lain, setelah garam larut (menjadi air), tuangkan air garam ke stoples

7. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah di persiapkan tadi ke dalam toples

8. Masukkan telur kedalam toples tadi telur yang belum di kupas

Beberapa kejadian telur akan mengapung ketika di masukkan ke dalam toples yang terisi air ini karena air yang di gunakan mengandung garam akibatnya telur mengapung, solusinya adalah dengan menyiapkan kantong plastik ukuran 1/4 yang di isi air (isi 1/2 saja airnya) berfungsi untuk menindih telur agar tenggelam sepenuhnya di dalam air. Dan pastikan seluruh bagian telur terendam dalam air.

Kemudian tutup rapat toples  biarkan selama 12 hari, telur bisa langsung di nikmati namun Jika ingin lebih “Masir” dan "Berminyak"biarkan selama 3 minggu hasilnya tentunya lebih awet dan tahan.

Cara memasaknya :

Lalu bagaimana cara memasak telur nano ini ? tentu memasaknya cukup mudah tidak jauh berbeda dengan memasak telur pada umumnya yaitu  bisa memasaknya dengan merebus di air mendidih dengan api sedang selama 1 jam namun  bisa juga di kukus dengan durasi waktu yang sama.

Tips jitu yang harus di coba agar menghasilkan telur nano yang enak dan pulen yaitu setelah telur di rebus masukkan telur ke dalam wadah kemudian masukkan es batu sampai es batunya mencair dan habis, setelah itu baru di nikmati, rasanya akan benar-benar pulen dan uwenak. Selamat mencoba..


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool