Cara pembuatan tambulapot anggur beserta perawatannya lengkap

Cara pembuatan tambulapot anggur beserta perawatannya lengkap
Tambulapot adalah teknik penanaman tanaman buah dengan metode penanamna menggunakan pot, bagi para pencinta buah yang ingi menanam tanaman buah dengan menggunakan teknik tambulapot adalah hal yang sangat di gemari, ada beberapa teknik yang harus di ketahui dalam proses pembuatan tambulapot.


Sebenarnya tidak banyak perbedaan proses penanaman di lahan ataupun dengan teknik tambulapot yang membedakannya hanya dengan menggunakan pot , tapi untuk teknik tambulapot harus ada perawatan khusus ini dilakukan karna akar yang tumbuh di dalam pot daya jagkaunya akan pendek ini yang membuat proses pencarian makannyanya akan sempit pula, utuk iitu pemberian nutrisi tambahan yang harus di berikan harus terautur dan di berikan secara berkesinambungan.

Beberapa buah yang sangat di gemari untuk di lakukan penanaman dengan teknik tambulapot adalah tanaman anggur, kenapa di gemari ? mugkin karna anggur adalah jenis buah yang sangat di gemari dan juga penanaman anggur denga teknik biasa harus mempunya lahan yang cukup luas, oleh karna itu penanamn teknik anggur dengan sistem tambulapot menjadi salah satu pilihan yang harus di lakukan.

Ada beberapa metode yang harus di lakukan dalam penanaman buah anggur dengan teknik tambulapot, berikut adalah beberapa ulasan yang harus di perhatikan.
Persiapan alat dan bahan- beberpa persiapan alat dan bahan-bahan yang harus di siapka adalah.

1. Pemilihan bibit unggul
Bibit yang di pilih sebaiknya di hasikan dari teknik ukulasi jangan menggunakan biji karna teknik ukulasi indukan yang di hasilkan biasanya lebih menyakinkan akibanya akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggur.

2. Persiapan pot
Gunakan pot yang dengan ukuran diameter lebih kurang 50 cm hal ini kenapa memilih dengan ukuran 50 cm, karna ukuran pot yang kecil akan mempenraruhi daya tumbuh pada tanaman itu hal ini perlu di lakukan.

3. Pembuatan media tanam
Ada beberapa metode pembuatan media tanam agar tanaman anggur bisa tumbuh subur, kebanyakan orang yang tidak tahu hanya menggunakan tanah murni untuk proses penanaman nuya hal ini akan berakibat tanaman tidak akan tumbuh subur, ada beberapa campuran dalam pembuatan media tanam.

Buat campuran jerami padi + kohe, Baca penjelasan tentang kohe + tanah campur mennjadi satu dengan perbandinga 1: 1 kemudian di tambah sedikit air sampai basah ingat jangan terlalu basah kemudi campuran tersebut di tutup dengan menggunakan plastik terpal dimkan selama 24 jamhal ini di lakukan agar campuran tersebut dapat terfermentasi menjadi satu akibatnya media tanam akan tumbuh subur bila di gunakan untuk menanam buah anggur.


Baca juga :


Proses penanaman- setelah proses persiapan bahan-bahan di lukan yang berikutnya adalah prose penanaman, masukan media tanam dan tanaman anggur kedalam pot masukkan tanah tersebut kedalam pot sampai penuh prose penanaman selesai hal uyang di lakukan adalah proses perawatan hal ini sangat penting juga di lakukan karna ini juga sangat menunjang pertumbuhan tanaman anggur.

Perawatab tambulapot anggur- pada saat musim hujan siram tanaman satu kali sehari pagi sebelum jam sembilan sore setelah jam 4 Kalau kemarau 2 kali sehari pagi dan sore



Pada proses perawatan setelah lima hari setelah tanam beri aplikasi 15 butir bawang merah yang telah di iris halus, 1 sendok makan micin 1 liter air rendaman beras dan di campur 5 liter air bersih dan siramkan ke tanaman 3 kali dalam sehari selama satu bulan atau bisa lebih tergantung kebutuhan.



Aplikasi campuran tersebut berfungsi juga untuk memercepat pertumbuhan tunas baru apabila bibit layu atau rontok pada saat pengiriman bibit buah.



Selama 5 hari sekali semprot dengan pupuk daun insektisida dan fungisida bisa di beli di toko pertanian terdekat, guanakan juga pupuk perangsang buah untuk membuat buah cepat berbuah dan juga menjaga agar pada saat tanaman berbunga bunga yang di hasilkan tidak mati, hal ini yang membuat tanaman sulit berbuah dan menjadi momok para petani, pupuk perangsang buah juga bisa di dapatkan di toko inspirasi pertanian, silahkan kontak kami



Setelah 1 bulan siram tanaman menggunakan air leri yang di campur dengan bekas teh dan di siramkan 3 kali dalam sehari ke dalam tanaman.


bila semua proses ini di lakukan seara benar tidak menutup kemugkinan tumbuhan tambulapot akan sukses dan menghasilkan buha yang maksimal, tapi juga ada kalanya tanaman juga sulit berbuah. Untuk mengetahui hasilnya praktek adalah satu-satunya cara yang harus di lakukan untuk mengetahui apakan prose ini berhasil atau tidak.

Dengan melakukan praktek langsung kita bisa menganalisa kesalahan yang kita perbuat dan bisa di benahi spada proses selanjutnya, selanjumya lagsung praktekan bila ada kendalan silahkan tanyakan di blog kami. Trimaksih semoga berhasil. 


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool