Budidaya ikan wader di kolam tanah

Budidaya ikan wader di kolam tanah
Budidaya ikan wader di kolam tanah – ikan wader adalah jenis ikan yang sangat mudah di temukan di seluruh sungai-sungai baik di Indonesia maupun di luar, bentuk yang mungil dan mempunyai rasa yang gurih membuat jenis ikan ini banyak sekali peminatnya, jenis ikan wader biasa di dapat di sungai-sungai yang mempunyai arus sedang maupun derat masyarakat biasa mengkapnya dengan  menggunakan jarring ataupun dengan alat pancing.

Budidaya ikan wader di kolam tanahikanwader adalah jenis ikan yang sangat mudah di temukan di seluruh sungai-sungai baik di Indonesia maupun di luar, bentuk yang mungil dan mempunyai rasa yang gurih membuat jenis ikan ini banyak sekali peminatnya, jenis ikan wader biasa di dapat di sungai-sungai yang mempunyai arus sedang maupun derat masyarakat biasa mengkapnya dengan  menggunakan jarring ataupun dengan alat pancing.


Mungkin untuk saat ini kondisi ikan wader di perairan masih sangat banyak tetapi tidak menutup kemungkinan karena jumblah populasi manusia yang semakin lama semakin banyak dan penikmat ikan wader juga semakin banyak bukan tidak mungkin ikan wader akan punah bila tidak di budidayakan secara serius dari sekarang.

Metode budidaya ikan wader bukan hanya untuk menjaga kelestarian ikan wader agar tidak punah tetapi juga dengan membudidayakan ikan wader kita bisa mempermudah proses pengambilan dan bila kita ingin menjadikan lading bisnis baru sepertiny tidak ada salahnya bila kita membudidayakan ikan wader dengan serius dari sekarang ini.

Berikut adalah cara Budidaya ikan wader di kolamtanah yang bisa di pelajari secara rinci :
Pengambilan Benih

Bila kita masih mau memulai membudidayakan ikan wader pengambilan benih perlu di lakukan, kita tidak perlu membelinya karena masih jarang untuk sekarang ini yang membuat benih ikan wader, benih bisa kita dapat di sungai-sungai yang di ambil dengan cara menjaring, dengan metode menjaring ikan wader ikan tidak akan mati dari pada kita menggunakan pancing.

Kita hanya perlu mencari benih di sungai satu kali saja karena jenis ikan wader adalah jenis ikan yang mudah sekali berkembang biak.

Pembuatan kolam
Kolam yang kita buat tidak perlu bagus-bagus cukup kita membuat kolam tanah dengan kedalaman 1 meter dengan panjng 3 meter dan lebar 2 meter , setelah kolam jadi isi air dan kicinkan kolam tah tersebit dengan menggunakan kaki hal ini di fungsikan agar kolam tanah yang kita buat tadi tidak mudah kering.

Setelah selesai proses pelicinan isi air setinggi 30 cm  diamkan kolam kurang lebih 1 bulan sampai air keluar lumut , proses pemeliharaan ikan wader di kolam tanah sebaiknya di lakukan pada musim penghujan dan air  harus selalu di isi agar tidak mudah kering.

Pemindahan ikan wader ke kolam sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari ini penting untuk di perhatikan agar ikan wader tidak stress, pada sore hari kondisi cuaca yang stabil membuat ikan wader bisa mennyesuikan kondisi dengan lebih lama.

Perawatan ikan wader
Ikan wader yang masih kecil pemberian pakannya bisa menggunanakan kuning telur yang di rebus seteng matang lalu di taburkan di kolam bila ikan wader mulai agak besar di berikan makanan tambahan seperti pellet ikan dengan ukuran sedang, pemberian pakan bisa di lakukan 3 kali dalam sehari yaitu pagi- siang dan sore hari kondisi ini perlu di lakukan agar ikan wader selalu sehat.

Ikan yang mulai besar sebaiknya kolam di tambah eceng gondok agar kolam yang menjadi tempat persinggahan pada ikan wader seperti di alam aslinya



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool