Cara meningkatkan kesuburan tanah

Cara meningkatkan kesuburan tanah

Cara meningkatkan kesuburan tanah - Tanah merupakan peran penting dalam mingkatkan hasil pertanian, tanah yang tandus yang tidak memiliki kualitas kesuburan bagi kelangsungan hidup tanaman sudah tentu akan tidak baik untuk di terapkan dalam bercocok tanam, sebagian tanaman dapat mudah beradaptasi dengan lahan tertentu tetapi sebagi tanam juga harus di bantu dalam proses pembentukan humus agar tanah layak untuk dijadikan lahan pertanian,  selain itu juga tanah merupakan tempat pertumbuhan akar , tempat penyimpanan makanan, tempat penyimpanan air micro dan mkroorganisme dan lain sebagainya yang baik sekli bagi tumbuhan.

Tanah yang sering di gunakan sebagi lahan pertanian khusunya sayuran dengan jangka waktu tertentu dan proses pergantian tanaman sayuran secara berkala akan mengalami penurunan tingkat kesuburan tanah tersebut apalagi dalam proses penanamanny sering sekali menggunakan pupuk- pupuk kimia dan obat – ibatan peptisida dalam pengguangan hama akan mudah sekali menurunkan kesuburan tanah tersebut.

Ada bebebapa perbedaan antara kesuburan tanah dan kesehatan tanah tersebut,  Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah yang dimiliki yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman secara  fisika, dan biologi yang dimilikinya. Sedangkan kesehatan tanah adalah suatu keadaan tanah yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman secara sehat tanpa adanya gangguan apapun.

Kedua unsur ini bisa berubah karena beberapa factor seperti yang saya jeaskan diatas salahsatunya adalah:

1. Penurunan kesuburan tanah
 Adanya penyerapan zat hara yang terkandung dalam sebuah tanah penguapan elemen hara ke atmosfer, resapan ke dalam tanah, dan terjadinya erosi.

2. Penurunan ksesehatan tanah
Sedangkan factor lain yang mempengaruhi penuruanan ksesehatan tanah adalah Karen factor tidak adanya pemberian unsur organic secara perlahan pada tanah tersebut , penggunan pupuk kimia secara berlebiha yang di berikan secara terus menerus, adannya pencemran bahan kimia, dan adanya proses pembakaran di atas lahan , dan erosi.

Adapun beberapa unsur tanah yang baik dan subur biasanya mengandung beberapa unsur di antaranya adalah

A. Adanya kandungan biota-biota tanah bermanfaat (mikrofauna, mikroflora, makrofauna yang sebagian besar berada di dalammya.

B. Adanya kandungan humus/bunga tanah (terbuat dari bahan organik yang hancur dan terurai, kompos, mulsa, kotoran hewan dan lain –lain.

C. Mempunyai beberapa kandungan pasir dan datah liat sengan seimbang  fungsi tanah sebgai pengikat pada mineral sedangkan pasir berfungsi sebagai kemungkinan draise.

D. di lihat secara fisik tanaman mudah tumbuh di tanah tersebut.

E. Struktur tanah bertekstur lempung, mempunyai porositas dan daya mengisap air yang baik.

F. kandungan Ph yang terkandung di tanah tersebut bersifat netra.

Sesuburan yanah mempunyai peran penting dalam penanaman tanaman, hal semacam ini tidak mudah bila kita hanya membiarkan saja tanpa adanya proses tertentu agar tanah memmiliki unsur- unsur tersebut, untuk meningkatkan upaya proses tersebut ada metode khusus yang di gunakan dalam peningkatan kesuburan dan kesehatan tanah di antaranya :

1. Istirahatkan Tanah
Tanah yang sering di pakai untuk bercocok tanam akan menurunkan 2 unsur yaitu kesehatan tanah dan kesuburan tanah salah satu yang bisa di lakukan untuk meningkatkan unsur itu kembali yaitu dengan mengistirahatkan tanah dengan cara tidak di gunakan lahan tersebut untuk penanaman dalam kurun waktu tertentu.

2, Pemulsaat
Proses ini di lkuakn dengan cara menutupi permukaan tanah dengan jerami atau ranting – ranting kering  yang di tumpuk di ats permukaan tanah dalam kurun waktu tertentu proses ini berfungsi sebagai pencegaha dalam hilangnya penguapan air yan terkadnung di dalam tanah yang bisa menimbulkan erosi dan curah hujan pada tanah tersebut.

Selain itu juga pemberian bahan – bahan tersebut berfungsi sebgai menghambat pertumbuhan gulma yang sangat tidak baik untuk pertumbuhan tanaman bila nanti di gunakan kembali.

3. Beri Pupuk Organic
Pemberian pupk organic ini kita bisa memanfatkan seperti pupuk kandang, pupuk hijau dan pupuk cair. Pada pupuk kadang berfungsi sebagi memperbaiki struktur tanah atau meningkatkan kesehatan tanah, senagkan pupuk hijau yang kita maksud di sini adalah kita bisa menanaman tanaman yang mengandung berbagai bakteri atau zat yang baik untu kesuburan tanah contohnya adalah Tanaman leguminose/kacang-kacangan dan tanaman penutup yang biasanya merambat dan menutupi permukaan tanah kemudian dibenamkan ke dalam tanah dengan bajak atau garu, untuk pupuk caitr yang kita gunakan di sini adalah pupuk yang mengandung unsur hara , murah pembuatannya, meningkatkan jumlah biota dan memperbaiki kualitas struktur tanah.

Demikianlah Carameningkatkan kesuburan tanah yang bisa di gunakan sebagai materi untuk mengembalikan kesuburan tanah, semoga bermanfaat.



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool