Rumah Koran Rumah Belajar Petani

Rumah Koran Rumah Belajar Petani
Rumah Koran Lahir ditengah – tengah masyarakat Desa Kanreapia, dari latar belakang desa yang tertinggal dari segi pendidikan, kesadaran berpendidikan yang rendah, buta huruf yang tinggi, angka putus sekolah yang tinggi dan pernikahan dini yang tinggi. 

Desa Kanreapia berada di Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan merupakan desa yang mempunyai potensi pada sector pertanian, desa yang terkenal dengan penghasil Markisa sejak tahun 1970 dan saat ini dikenal sebagai penghasil sayuran, rata – rata profesi masyarakatnya adalah petani. 

Desa Kanreapia, mempunyai Tujuh Dusun, dan masih ada satu Dusun yakni Balang Lohe yang belum memiliki Sarjana dan Lulusan SMA masih bisa dihitung Jari, diakibatkan tingginya pendapatan Petani.
Dengan tingkat pendapatan yang tinggi masyarakat dan pemuda desa lebih memilih bertani dan menghasilkan pendapatan yang tinggi, sehingga minat berpendidikan terbilang rendah.
Anak Petani atau generasi petani dihadapkan antara dua pilihan antara bertani mendapatkan uang dan melanjutkan pendidikan. dua pilihan itu adalah uang dan Pendidikan. 

Kebanyakan pemuda tani lebih memilih putus sekolah dan bertani karena hasil pertanian sangat menjanjikan. Petani panen satu kali bisa menghasilkan omzet puluhan juta hingga ratusan juta, hal inilah menjadi factor rendahnya minat berpendidikan, yang berpengaruh terhadap tingginya Buta Aksara di akibatkan tingginya putus sekolah.
Cita – cita Rumah Koran menghapuskan Buta Aksara mulai terlihat sejak dimulainya Gerakan cerdas Anak Petani, di tahun 2014 yakni Melalui Rumah Koran, rumah belajar bagi anak petani dan petani.  

Rumah Koran adalah wadah belajar membaca bagi petani, wadah belajar menulis dan wadah belajar mengeja bagi petani.
Setiap hari minggu anak petani belajar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sekaligus belajar di alam dan hari minggu menjadi jadwal khusus belajar mengeja bagi petani Tua, baik huruf, A, B, C, D, Sampai Z dan belajar Mengaji bagi petani.

Adapun jadwal khusus belajar anak petani yakni setiap hari senin sampai sabtu anak petani belajar mengaji di sore hari. Dan waktu – waktu lain dimanfaatkan baca buku, berdiskusi, membuat kegiatan – kegiatan seperti pelatihan, kerajinan dan melakukan uji coba produk – produk pertanian bersama dengan petani.
Banyak hal yang bisa di pelajari, banyak hal yang masih perlu dipelajari, sehingga Rumah Koran dimanfaatkan sebagai wadah tempatnya belajar petani, seruan selama ini untuk memajukan pertanian selalu terdengar, namun sayang jika SDM Petani yang terabaikan, otomatis memajukan pertanian masih terasa lambat, karena melalui pendidikan dan peningkatan SDM Petani kemajuan pada sector Pertanian akan lebih cepat dan petani akan mampu bersaing secara Global.

Rumah Koran mencoba menjawab dan mengubah pola pikir petani menjadi petani yang kaya Ilmu dan kaya Harta, sebab jika petani Kaya Ilmu dan Kaya Harta maka pembangunan khususnya di pedesaan akan cepat maju.
Petani kaya Ilmu, akan menjadi Petani yang mampu menginspirasi, melahirkan ide – ide baru, dan petani memahami kewajiban dan hak yang harus dikeluarkan baik zakat hartanya dan memanfaatkan hartanya untuk menuntut ilmu dan beribadah kepada Sang Pencipta.
Petani Kaya Harta akan mudah membantu masyarakat disekitar dan orang – orang yang membutuhkan. 

Rumah Koran lahir untuk mengubah kebiasaan lama, pola pikir lama menjadi Rovolusi Mental pada Sektor Pertanian, menjadi Raksasa Pangan Dunia sekaligus melahirkan Petani Muda, Indonesia Bukan Krisis Lahan tetapi Krisis Petani, Generasi Petani dibutuhkan akan keberlanjutan Pertanian dapat diwariskan, Melalui Rumah Koran bangga Menjadi Petani dan Bangga dengan identitas sebagai Petani


Admin
Admin Inspirasi Pertanian, Selalu menyajikan Tulisan yang berguna dalam dunia tani semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool