5 Cara ampuh membasmi hama lalat buah pada jeruk

5 Cara ampuh membasmi hama lalat buah pada jeruk
Lalat  adalah salah satu hewan yang bisa juga di artikan sebagai hama tanaman, pada kasus perkebunan jeruk bayak yang mengalami gangguang dari hewan ini yang mengakibatkan hasil dari perkebunan jeruk akan kurang maksimal, masalah utama yang dapat di timbulkan lalat ini adalah
Lalat  adalah salah satu hewan yang bisa juga di artikan sebagai hama tanaman, pada kasus perkebunan jeruk bayak yang mengalami gangguang dari hewan ini yang mengakibatkan hasil dari perkebunan jeruk akan kurang maksimal, masalah utama yang dapat di timbulkan lalat ini adalah buah jeruk akan gugur sebelum mencapai masa panen hal ini juga dapat mempengaruhi mutu buah jeruk yang cenderung menurun, proses pembasmian lalat bila tidak di lakukan sedini mungkin bukan tidak mungkin petani buah jeruk akan berdampak gagal panen.Baca juga Salah satu pupuk terbaik untuk membasmi hama tanaman jeruk

Ciri  yang di timbulkan dari hama lalat buah ini adalah pada bagian kulit akan berubah warna, lama kelamaa jeruk akan mengalami pembusukan dan jatuh, ciri lain yang di timbulkan lalat buah jeruk adalah biasanya pada bagian sengatan buah jeruk akan ada lubang kecil yang di dalamnya sudah di gunakan untuk penyimpanan larva lalat yang sudah hidup, ketika buah mendekati masa masak buah akan mengalami pembusukan.

Hama lalat buah tidak menyerang semua jenis jeruk namun hanya sebagian jenis jeruk tapi bukan tidak mungkin jeruk yang bukan langanannya akan ikut terserang juga bila tidak di lakukan perawatan secara dini, berbagai jenis jeruk yang di serang lalat ini adalah jeruk pamelo, dan hanya sedikit yang menyerang jeruk manis.

Pada dasarnya lalat sangat menyukai kondisi yang kumuh, Tanaman jeruk yang di biarkan tanpa adanya perawan yang baik akan gampang terserang lalat buah, maka sebenarnya pencegahan sangat lebih baik dan cara termurah untuk mengatasi lalat buah jeruk, bagaimana bila lalat buah ini sudah terlanjur menyerang tanaman buah jeruk ? hal inilah yang harus di pelajari bersama bagaimana cara mengatasi pengendalian lalat buah.

Berikut adalah berbagai cara pengendalian lalat buah jeruk :

  1. Salah satu cara alami pengendalian hama tanaman lalat buah jeruk adalah dengan membugkus buah dengan menggunakan plastik, cara ini adalah cara lama yang lebih sehat dan juga lebih hemat, selain kia tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu tinggi cara ini adalah cara organik yang tidak membutuhkan obat kimia, proses pada pembungkusan ini bisa di lakukan pada buah yang sudah berumur lebih kurang 1,5 bualan
  2. Metode lain yang masih menggunakan cara tradisional adalah dengan cara pembasmian jeruk yang sudah terserang lalat baik yang suah jatuh maupun yang masih di pohon dengan cara memendam buah jeruk hal ini bertujuan agar larva lalat ynag sudah hinggap di dalam jeruk akan mati dan tidak menimbulkan efek baru yang nantinya dapat merusak buah jeruk.
  3. Pengendalian hama lalat buah dengan metode pengasapan pada area sekitar tanaman yang terserang lalat buah, hal ini juga sama pada pengabilan lebah madu yaitu dengan pengasapan agar lebah bisa kabur, makanya cara ini juga sebenarnya ampuh juga untuk pengusiran lalat buah yang menyerang tanaman jeruk.
  4. Pemanfaatan parasit, parasitoid dan hewan yang bisa di gunakan sebagai hewan predataor juga bisa di lakukan bisa dengan memanfaatka smut rang-rang utuk bersarang di pohon jeruk ataupun bisa laba-laba, pemanfaatan semut rang-rang juga bisa membasmi kutu putih yang kerap sekali menggangu tanaman buah.
  5. Pemasangan jaring lembut pada area perkebunan buah jeruk, sebenarnya cara ini sangat efektif tetapi kekurangnya biyaya yan di butuhkan tidaklah sedikit untuk menggunakan jaring ini terpasang di semua pohon.

Berbagai cara ini biasanya sudah cukup ampuh untuk di terapkan sebagai  pengendalian lalat buah dan sebisa mungkin agar pengendalian lalat buah dengen tidak membasmi menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa merugikan kesehatan.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool