13 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

13  Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
Manfaat Bayam – Sehat merupakan harga yang sangat mahal karena itu kesehatan yang kita miliki tentunya harus selalu kita jaga dan untuk menjaga kesehatan tersebut tentunya ada hal-hal dan makanan makanan yang menunjang kebutuhan hidup kita agar kebutuhan akan protein, vitamin dan sebagainya selalu tercukupi.


Kurangnya akan asupan gizi yang cukup dan jarangnya berolah raga terkadang seseorang akan gampang sekali sakit, untuk mengobati sakit yang sudah terjadi memang mahal tapi tidak semuanya tetapi utuk mencegahnya tentunya tidak perlu biaya yang terlalu mahal bisa kita lakukan melakukan pola makan yang sehat, tidur cukup dan selalu rajin berolah raga.

Makan sehat yang seperti apa yang kita butuhkan, bayak sekali kandungan makanan yang bagus untuk menunjang kesehatan kita, bisa dari daging, susu, dan sayuran.

Bayam adalah salah satunya, jenis sayuran yang mempunyai banyak unsur yang terkandung di dalamnya tentunya sangat baik bila di konsumsi untuk tubuh kita, pengolahannya pun cukup mudah dan siapa coba yang tidak mengenal bayam ini masyarakat sudah cukup mengenal sayuran bayam dan bisa di olah dengan berbagai jenis dan variasi. Berikut adalah 10 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan  yang harus di ketahui dan bayak manfaatnya :

1. Mengandung sumber anti-inflamasi

Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi sehingga dapat membuat sayur ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti : rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

2. Dapat mencegah diabetes

Manfaat bayam mampu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ditemukan dalam bayam dapat membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

 3.  Dapat mencegah anemia

Bayam merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi diperlukan untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi bermanfaat untuk dapat meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, sehingga dapat mencegah terkena anemia.

4. Dapat meningkatkan energi tubuh

Jika anda merasa cepat mudah lelah maka konsumsi bayam yang mengandung zat besi. Zat ini bisa menjaga tubuh anda agar tetap fit dan bugar serta nutrisi dan energi terpenuhi. Untuk itu jika anda sedang lemas memakan bayam bisa mengaktifkan kembali metabolisme di tubuh anda.

5. Bayam sebagai pencegah pengerasan pembuluh darah

Pada kandungan bayam terdapat kandungan  inositol dan choline sebab itu bayam bisa mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Karena pengerasan pembuluh darah sangatlah berbahaya dan bisa mengganggu aliran darah pada jantung maupun pada tubuh. Bahkan pengerasan ini membutuhkan operasi jika sudah parah. Hal ini sangat ditakutkan bagi para pengonsumsi makanan siap saji yang bisa mengikat zat yang memperlancar aliran darah. Bayam justru memiliki fungsi sebaliknya.

6. Sebagai pengikat kalsium

Kalsium adalah asupan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat beberapa kandungan vitamin C di bayam, maka kalsium mudah terikat dan mudah didapatkan oleh tubuh sehingga bayam sangatlah penting. Kalsium sendiri bisa membantu tulang tumbuh dengan baik. Selain susu dan kacang, sayuran hijau juga mengandung kalsium. Kebetulan bayam mengandung kalsium namun sangat kecil. Untuk itu yang lebih berguna adalah vitamin c nya dalam mengikat kalsium di dalam tubuh.

7. Untuk  memperkuat usus

Usus merupakan organ vital yang berguna untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Jika makanan salah maka usus akan rusak atau terluka. Bayam bisa membantu untuk memperkuat kerja usus sehingga usus semakin baik dan terlindungi. Zat besi di bayam bisa melindungi organ utama ini.

8. Bisa mengurangi resiko terserang kardiovaskular

Bayam merupakan sumber folat, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino ditemukan dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung. Bayam juga mengandung inositol dan choline, yang dapat bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh darah.

9. Sangat baik untuk masa pertumbuhan

Zat besi dan mineral yang terkandung dalam bayam sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja. Selain itu, bayam juga baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Bayam lebih banyak mengandung kalori seperti rendah lemak dan bebas kolesterol dibandingkan dengan daging merah.

10. Dapat menutrisi sendi

Sendi dinutrisi dengan baik dengan makanan yang dikonsumsi. Bayam cukup mengandung vitamin D yang menutrisi sendi. Maka bayam bagus bagi usia lanjut. Selain itu bayam juga bisa mencegah sakit sendi yang mudah terjadi pada usia dewasa. Bagi yang nyeri sendi karena pengapuran atau kecelakaan, mengonsumsi bayam akan cepat memulihkan sendi menjadi lebih baik kerjanya. Terutama sakit sendi merupakan sakit yang cukup menyiksa.

11. Bermanfaat untuk ibu hamil

Pada kandungan bayam mengandung nutrisi yang baik sekali untuk ibu hamil, ibu hamil membutuhkan nutrisi nutrisi yang cukup, ibu hamil juga tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Maka bayam bisa menjadi salah satu alternatif atau solusi untuk mendapatkan nutrisi bernama asam folat.  Salah satunya adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk penguatan janin dan hal ini bisa didapatkan di bayam terutama bayam merah.

12. melancarkan menstruasi

Menstruasi merupakan hal alami wanita. Dengan terbuangnya kotoran maka tubuh lebih sehat. Menstruasi membutuhkan banyak mineral dan hal itu bisa didapatkan dalam bayam. Dengan adanya mineral , menstruasi terjaga dan tubuh tidak akan lemas karena diisi lain bayam pun bisa menjadi sumber energi.

13. Untuk  Kekebalan tubuh


Pada kandungan bayam memiliki AKG atau angka kecukupan gizi yang tinggi maka bayam makanan yang rekomended untuk di konsumsi terutama karena sekarang penyakit mudah sekali datang. Sehingga bayam bisa jadi obat pencegah. Kekebalan tubuh bisa didapat dari buah -  buahan lain dan sayuran lainnya. Namun karena bayam terhitung lengkap maka dengan mengonsumsi bayam saja nutrisi sudah tercukupi.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

1 Comment

Saya gak terlalu suka bayam, tapi mengingat banyak manfaatnya, aya akan mencobanya

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool