Hidroponik Cabe Menggunakan Polibak Di Lahan Sempit

Hidroponik Cabe Menggunakan Polibak Di Lahan Sempit
Hidroponik Cabe Menggunakan Polibak Di Lahan Sempit

Bila anda adalah seorang penggemar tanaman dan suka sekali menanam sayur-sayuran namun tidak memiliki lahan yang cukup, sepetinya cara ini ini bisa anda coba untuk melakukan budi daya cabe dengan sistem hidroponik yang bisa di bilang cuukup sederhana.

Penanaman cabe dengan sistem hidroponik dengan menggunakan polibak pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penanaman sayuran dengan sistem hidroponik pada umumnya, namun bila penanaman sayuran kita bisa mengggunakan busa atau rek wol untuk medianya berbeda dengan menanam cabe kita tidak bisa menggunakan busa namun gunakan media lain yang sifatnya lebih bisa mengikat.

Media yang bisa di gunakan seperti butiran sabut kelapa, atau sekam padi atau juga pasir merah, namun sebagian menganggap media yang paling bagus adalah pasir merah tapi masalahnya pasir merah sangat susah untuk di dapatkan, kita bisa menggunakan sabut kelapa atau sekam padi.
Dari ke dua medai tersebut yang paling bagus adalah sekam padi yang paling cocok untuk di gunakan, perbedaan lain dalam pembibitan cabe dengan sistem hidroponik adalah nutrisi yang di gunakannya, nutrisi hidroponik untuk cabe berbeda dengan nutrisi hidroponik untuk sayuran, bila anda tidak mau ribet untuk membuat nutrisi hidroponik ada bainknya anda bisa membeli nutrisi hidroponik untuk cabe yang sudah jadi di toko-toko pertanian.

Baca Juga : Budidaya Cabe Rawit Dengan Sistem Hidroponik

Setelah semuanya di ketahui langkah berikutnya adalah menyiapkan semua peralatan hingga pembuatan media.

1. Periapan Dan Pembuatan

Pada tahapan ini langkah awal untuk memulai hidroponik cabe adalah menyiapkan berbagai alat yang di perlukan salah satunya adalah pembuatan media hidroponik, beberapa media 41 hidroponik sangan perlu untuk di lakukan terlebih dahulu di samping persaiapn benih.

A. Perisapan Media Tanam

Untuk persiapan pembuatan media tanam hal-hal yang perlu di persiapkan adalah sebagai brikut :
  • Sekam Padi
  • Polibak
  • Nutrisi Hidroponik
  • Mangkok Kecil

Dalam kasus kali ini arang sekam di masukkan ke dalam polibak secukupnya lalu utrisi hidroponik di campurkan ke dalam air dan di masukkan ke dalam mangkok kecil tadi, polibak yang sudah terisi dengan arang sekam kemudian di tempatkan di mangkok tadi, untuk polibak bisa menggunakan dengan ukuran 30 x 35 cm dan usakan ukuran mangkok lebih besar dari polibak.

Pemberian campuran nutrisi dan air ke dalam mangkok cukup satu gelas besar sampai penuh mangkok tersebut.

Pemberian larutan nutrisi hidroponik ini harus benar-benar terpenuhi, beberapa nutrisi hidroponik harus memiliki unsur micro seperti N, P, K Ca dan Mg, bila anda binggung membuatnya anda bisa membeli pupuk yang sudah jadi seperti A B Mix yang bisa di beli di toko pertanian.

2. Penyemaian

Penyemaian sangat penting dilakukan terlebih dahulu untuk bertanam dengan sistem hidroponik ini, karena benih nantinya akan bersentuhan langsung dengan air, benih yang berbentuk biji akan susah hidup bila langsung di tanam di dalam media, penyemaian bisa di lakukan di ruangan yang lembab dan di taburkan di atas sekam padi yang basah namun sebelumnya benih yang berupa biji di rendam dahulu di dalam air hangat kuku lebih kurang 2-3 jam baru di taburkan di media persemaian.

Setelah benih cabe tumbuh hingga keluar 4 daun tetap barulah cabe siap di pindahkan ke media hidroponik tadi.

3. Pemeliharaan

Untuk tahapan pemeliharaan lakukan pemberian nutrisi secara berkala dengan melakukan pengecekan secara rutin, jangan sampai air nutrisi sampai habis bila sudah berkurang setngah lakukan penambahan nutrisi tersebut.

Lakukan penanggulangan gulma bila ada rumput yang tumbuh di atas media tersebut, bersihkan daun yang kering yang masih menempel di tanaman, semprot dengan pupuk daun tanaman dengan komposisi tertentu.

Perawatan yang teratur dan penanganan yang baik akan membuat tanaman cabe menjadi lebih subur dan berbuah lebat, suhu yang di sukai tanaman cabe adalah 24-28 derajat selisus degan kelembapan 80 % kadar Ph 6-7 dengan curah hujan 800-200 mm/ tahun.






Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool