Nasi Basi Sebagai Bahan Untuk Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL)

Nasi Basi Sebagai Bahan Untuk Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL)
Proses Pembuatan Mol
Dalam kehidupan sehari-hari mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa nasi yang sudah basi dan sudah muali keluar jamur seperti oncom sebenarnya memiliki manfaat yang sangat baik salah satunya dalam dunia pertanian yaitu sebagai bahan pembuatan MOL namun sebenarnya banyak lagi manfaatnya yaitu untuk mengobati penyakit kulit seperti panu dan lain-lain, namun untuk kali ini saya akan membasah tentang MOL yang bahan dasarnya menggunakan nasi basi.

Mol sendiri apaan ?

Mungkin ada sebagian juga yang belum tahu apa itu MOL atau kepanjangan dari mikro organisme lokal, MOL sendiri merupakan sekumpulan sebuah mikro organisme yang memiliki fungsi sebagai penghidup dalam pembuatan kompos organik.

Yaitu fungsi dari mol ini sebagai bahan yang dapat berfungsi untuk mempercepat dalam pembuatan pupuk kompos tersebut yang nantinya di campurkan ke pupuk organik yang di buat tersebut, namun selain di gunakan untuk pembuatan pupuk organik bukan tidak berarti juga mol bisa langsung di gunakan sebagai pupuk.

Proses pembuatan mol dari bahan nasi tersebut pada dasarnya sangat mudah namun saya akan mencobanya menjabarkannya lebih singkat agar menjadi lebih jelas.

1. Proses Pembuatan Mol

Untuk proses pembuatan ini saya kira cukup mudah yaitu dengan cara mengambil nasi secukupnya kurang lebih 1 piring lalu dimakan saja, lebih baik letakkan nasi tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak selain itu karena nasi ini nantinya mengeluarkan bau yang tidak sedap juga sebaiknya di tempatkan di lokasi yang jauh agar tidak terhirup, tempatkan di lokasi yang teduh jangan terkena hujan.

Setelah nasi mengeluarkan jamur seperti oncom tahap berikutnya adalah mencampurkan larutan gula pasir sebanyak 5 sendok pasir yang di campurkan 1 liter air lalu tuangkan ke nasi tersebut.
Lalu diamkan hingga 1 minggu ke depan sampai mengeluarkan aroma seperti tempe, bila aroma seperti itu sudah keluar  tanyanya MOL siap di gunakan.

2. Cara Pemakaian Dan Penyimpanan

Untuk cara pemakaian saya kira cukup mudah yaitu dengan melarutkan MOL dengan perbandingan1 : 2 yaitu MOL 1 air 2 . Tahap berikutnya bagaimana cara menggunakannya, kita bisa menggunakannya  dengan cara langsung saja di semprotkan ke tanaman tentu terlebih dahulu haru di saring air tadi sampai sisa nasi bisa terpisah.

Lalu untuk penyimpanannya sendiri kita bisa menyimpannya di dalam botol air mineral yang sudah di lubangi pada bagian tutup agar bisa di aliri udara, tempatkan di lokasi yang teduh dan mudah di ingat sehingga bila sesekali kita butuh kita bisa menggunakannya.

3. Cara Memperbanyak


Untuk memperbanyak larutan mol yang sudah jadi ini mudah sekali, bila kita memiliki 1 liter MOL yang sudah jadi bagi menjadi dua, masukkan ke dalam botol plastik tambahkan air sebanyak 1 liter lalu tambahkan gula pasir sesuai takaran di atas tutup rapat tunggu sampai cairan menjadi memeka, bila itu sudah terjadi itu tandanya MOL buatan anda sudah terjadi, hal ini bisa kita buat berulang kali sampai MOL baru menjadi banyak


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool