Agar Budidaya Pepaya California Bisa berhasil

Agar Budidaya Pepaya California Bisa berhasil



Budidaya Pepaya California – ada bayak jenis pepaya yang saat ini tersebar baik di dalam negri maupun di luar negri, jenis pepaya yang saat ini paling banyak di minati salah satunya adalah jenis pepaya California, dari hari kehari peminat pepaya california cukup besar tidak jarang pasar yang menampung pepaya california mengalami kekurangan barang mengingat permintaan jenis buah pepaya california semakin hari semakin tingggi,


Tidak mudah memang untuk berbudidaya California tidak jarang petani yang mengalami kegagalan dari budidaya pepaya california, bagi petani yang mengalami keberhasilan tinggal menuai hasilnya.

Penyebab kegagalan budidaya pepaya california sangatlah beragam karena kondisi cuaca dan iklim di daerah tersebut membuat pepaya tidak dapat tumbuh dengan sebur dan kurangnya ilmu di bidang budidaya pepaya california membuat pepaya tidak bisa di rawat dengan baik mengakibatkan gagal panen dalam jumblah yang cukup besar.

Pepaya california sendiri merupakan jenis pepaya unggulan dan favorit yang saat ini masih buming, karena pepaya california merupakan jenis genjah, pepaya ini bisa di panen relatif singkat yaitu  7 bulan dari masa tanam bisa di panen perdana, setelah masa panen pertama tinggal kita menunggu ke panen yang berikutnya,

Pepaya California adalah jenis pepaya yang mempunyai batang yang cukup pendek sehingga pada waktu berbuah kita tidak kesulitan untuk memanennya pada buah pepaya california mempunyai ukuran 0,2-2 kg/Buah kualitas buah sangat tebal berbentuk lonjong pada saat buah matang buah berubah berwarna kuning.

Baca juga :

Tips Jitu Menanam Pepaya Bangkok - Thailand Agar berhasil 

Tips Sukses budidaya pepaya

Cara Mancagkok Tanaman pepaya

Cara membasmi kutu putih pada tanaman pepaya


Budidaya Pepaya California


Pepayacalifornia dalah jenis buah yang mempunyai produktifitas yang cukup tinggi seperti yang kita jelaskan di atas yaitu masa pnen pepaya california bisa di panen perdananya ketika menginjak umur 7-9 bulan dan mempunyai masa produksi lebih kang 4 tahun, untuk pepanenan pepaya california bisa menghasilkan 10-20kg buah setiap pohonnya, estimasi ketika kita menanam pepaya california dalam 1 hektar dalam 1 kali panen kita bisa mendapatkan hasil sekitar 2 ton.

Sayarat pertumbuhan pepaya california
Sebelum kita terjun kebuddaya pepaya california alangkah baiknya kita mengenal syarat tumbuh pepaya california supaya dalam budidaya pepaya california tidak sia-sia,  pada jenis pepaya california ia dapat hidup pada dataran rendah hingga ketinggian 700m dpt dan dengan kondisi tanah yang cukup subur dan sedikit berpasir, ada beberapa persyaratan lain utuk syarat tumbuh pepaya califoria yaitu lahan yang akan kita tanami sebaiknya bershuhu 20-30oC dengan kondisi curah hujan 1000-2000 mm/Th dan untuk kelembaan udaranya sendiri berkisar 40% dan PH tanah kisaran 6-7.

Penyemaian benih pepaya

Penyemaian benih pepaya sangat penting untuk di lakukan untuk dan sebaiknya gunakan benih yang di beli dari toko Pertanian denga merek yang sudah terjamin, berikut adalah langkah-langkah dalam penyemaiaan benih pepaya california .

·         - Rendah terlebihdahulu benih yang akan di semai menggunakan air anget kuku selama semalam, setelah satumalam cek benih tersebut pakailah benih yang tenggelam saja.

·         - Benih yang sudah melalui tahap pemilihan masukkan kedalam koran/kain yang sudah di basahi selama 1 minggu, pada proses ini koran/kain harus di jaga kelembapannya jangan sampai kering.

·         - Setelah di tunggu selama 1 minggu  benih siap untuk di semai dalam polibek yang sudah di sediakan , komposisi medai tanam yang di gunakan dalam penyemaiaan adalah tanah + sekam kompos dengan perbandinga 2 :1 : 1

·         - Setalh bibit sudak kelur 4 daun tetap bibit sudah siap di tanam, pada masa ini biasanya bibit pepaya california sudah berumur 1-1,5 bulan.


Proses penanaman di lahan pepaya california
Sebelum kita melakukan prose penanaman pepaya california ada baiknya kita terlebih dahulu penyiapan lahan yang akan kita pakai untuk menanam epaya california yiatu dengan membersihkan rumput dan lai sebagainya.

Penyiapan lahan pada proses penanaman pepaya california bisa meliputi pembuatan lubang tanam denga jarak tanam sekiar 2,5 M x 2,5 M atau bisa juga 2,5 M x 2,75M. Populasi tanaman pada 1 hektar nya berkisar 1,450 sampai 1600 pohon, pada setiap lubang di beri campuran tanah dan pupuk gunanya agar pepaya bisa tumbuh dengan subur.

Sebelum pepaya di masukkan di dalam lubang beri air terlebih dahulu lubang tersebut agar tanah yang di pakai lebih basah ddan pepaya bisa hidup subur, setelah itu msukkan pepaya californa ke dalam luban tersebut.

Pemeliharaan pepaya california
Pada penanaaman pepaya california sebenarnya tidak jauh berbedan pada peanaman tanaman pada umumnya yaitu seperti penyiraman air, pemupukan dan penyulaman mmerupakan hal uang harus di kerjakan rutin ketika tanaman mulia di tahap pemeliharaan.

Agar kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang di harapkan pemupukan angat perlu di lakukan baik menggunakan pupuk organik atauoun pupuk non organik penggunaannya bisa di terapkan sekali gus. Proses pemupukan yang di lakukan dengan mengunakan pupuk kompos beritakaran pemakaian 40kg/ tanaman  dan pemupukan yang mnggunakan pupuk non organik kita bisa memberikan pupuk NPK per 3 bulan sekali dengan takaran kira-kira 500 gr NPK/ pohon pemberian pupuk NPK bisa di campur dengan pupuk kandang yaitu dengan 500 gr pupuk NPK + 40 kg pupuk kandang yang di pakai dalam 1 pohon, setelah tanaman mulai berbuah bisa di tambahkan pupuk KCI fungsinya adalah utuk meningkatkan ketahanan buah dan memaniskan buah itu sendiri.

Panen dan masa  panen pepaya caifornia
Jenis pepaya california umumya panen kisaran umur 7-9 bulan yaitu di tandai buah yang berubah menjadi warna kekuningan proses panen bsa di lakaukan dengan cara memotong tangkai buah. 

Selanjutnya kita bisa menjualnya di pengepul pepaya yang terseba luas di seluruh indonesai ataupun bisa di jual sendiri.

Budidaya Pepaya California memang di bilang lebih menguntungkan dari pada jenis pepaya lain yang di jual di pasaran selain harga pepaya California yang lebih mahal yang mencari jenis pepaya California tergolong banyak jadi kita juga tidak binggung untuk menjualnya.

Bagaimana mencari benihnya ? mudah saja jenis benih pepaya California susah banyak yang menjualnya salah satunya kita bisa membeli di Galeri Tani melalui link Benih Pepaya California yang di jual dengan harga cukup murah dengan kualitas unggulan 


Demikian sekilas tentang penjelsan Agar Budidaya Pepaya California Bisa berhasil Semoga abisa menjadi rujukan dalam budidaya pepaya california.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

7 Comments Add Comment

Saya tanam pepaya california di lahan lebih kurang 200 M persegi, awalnya bagus tapi pas usia 5 bulanan pada mati kena penyakit mati pucuk, kenapa itu ya?

Balas

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Erwinia papaya ini menyebabkan gejala pada tanaman muda yaitu menguning dan membusuknya daun.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Erwinia papaya ini menyebabkan gejala pada tanaman muda yaitu menguning dan membusuknya daun.

Balas

Bagaimana cara menanggulangi busuk pada batang dan daun menguning??!

Balas

kalo sudah mengalami pembusukan jalan stu2 nya ya harus di cabut pak, biar tidak menular

Balas

Thanks bro,, bisa saya kasih tau nih artikel ke ibu saya hehehe,, biar di rumah makin banyak pohon/tumbuh2an hehe

Balas

pembahasan yang sama mas,, sangat membantu artikelnya ,,,,

Balas

Keren...
movindo21.blogspot.com

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool