Memulai Pembuatan Tambulapot Dari Awal Hingga Akhir

Memulai Pembuatan Tambulapot Dari Awal Hingga Akhir
Beberapa pembeli dan pengunjung baik di blog dan di media sosial masih sering sekali ada yang bertanya bagaimana proses pembuatan tambulapot, sebenarnya pembuatan tambulapot sediri tidaklah sulit seperti yang kita pikir namun perlu juga latihan agar kita mengetahui hal apa saja yang di butuhkan oleh tanaman tersebut.

Tidak asal tanam saja dan menunggu agar tanaman bisa berbuah, tentunya butuh perawatan yang extra lebih di banding kita menanam di lahan biasa, bila di lahan bisa tanaman akan lebih leluasa mencari sari- sari makanan berbeda dengan dengan sistem tambulapot tanaman akan di batasi karena proses penamanannya di lakukan di dalam sebuah pot yang ruang lingkupnya cukup terbatas sekali.
Untuk itu yang harus kita lakukan adalah media awal yang kita gunakan harus benar- benar super sesuai yang di butuhkan tanaman dan tentunya perawan yang terjamin agar tanaman tidak kekurangan akan kebutuhan protein dan zat makanan.

Namun di samping itu semua ada 1 hal yang tidak bisa di tinggalkan yaitu bibit tanaman yang super, dalam proses penanaman ada berbagai metode yang sering di gunakan untuk mendapatkan bibit yang paling mudah adalah proses menanam dengan menggunakan dari biji, untuk tanaman sejenis sayur – sayuran, semangka, melon itu bisa menggunakan biji untuk proses penanamannya karena kita bisa mengembangkan benih hibrida dari biji namun untuk jenis tanaman buah seperti kelengkeng, mangga, jambu, durian dan jenis tanaman buah lainnya untuk sekarang proses pembuatan bibit unggul dari biji masih belum bisa di praktekkan.

Namun pembuatan bibit unggul dari tanaman itu hanya bisa di lakukan dengan sistem okulasi , cangkok, stek dan lain-lain yang artinya kita hanya bisa mengembangkan bibit unggul yang di ambil dari bagian tanaman yang sudah hidup lalu di jadikan bibit.

Proses ini sangat ampuh di banding kita tanam dari biji, misalnya dari segi pertumbuhan, tanaman akan cepat tumbuh cepat dan juga proses berbuahnya juga lebih cepat.

Nah inilah yang kita perlukan bibit bagaimana yang harus kita pakai untuk membuat tambulapot, sebaiknya pilih jenis bibit hasil okulasi atau cangkokan yang sudah terbukti ampuh dan cepat berbuah.
Namun tidak semua jenis buah bisa di di terapkan dengan sistem tambulapot tidak semua jenis tanaman buah, sebaiknya pilihlah jenis tanaman buah yang memiliki bentuk ukuran kecil contoh saja jenis jambu air, jambu, kelengkeng, jeruk, mangga ini adalah sebagian dari buah tersebut.
Nah untuk lebih lengkapnya saya akan merangkumnya menjadi beberapa paragrap agar mudah di pahami.

Cara Membuat Tambulapot


1. Pilih jenis tanaman hasil okulasi sebaiknya pilih tanaman buah seperti jeruk, mangga, jambu air, jambu yang mudah perawatannya bila masih pemula bisa di oarder di www.galeritani.com .

2. Pakai pot dengan media 50 cm atau lebih, semakin besar semakin baik agar kebutuhan nutrisi bisa tertampung sempurna di media.

3. gunakan media penanaman dengan campuran Tanah : Sekam Padi : Pupuk Kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1

4. setelah media siap masukkan bibit yang sudah di beli ke dalam pot, lakukan penyiraman dengan cukup air.

5. lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organic sampai umur 2 tahun
Setelah itu setiap 4 bulan sekali tambahkan pupuk NPK 15 : 15 : 15 sebanyak 25 gram per pot sejak umur 3 tahun dan seterusnya lalu setelah tanaman tumbuh besar beri pupuk 100 gram dengan pupuk yang sama dengan cara pupuk di benamkan ke tanah dan siram air secukupnya.

6. ganti tanah 1 tahun sekali namun akan lebih baik 2 kali dalam 1 tahun dengan media campuran yang sama.

7. lakukan pemangkasan tanaman agar tanaman tampak pendek pada bagian atas yang menonjol ketika tanaman tinggi 70 -100 cm.

8. gunakan juga pupuk perangsang buah atau bunga ketika tanaman sudah berumur kurang lebih 1- 2 tahun agar pertumbuhan buah lebih cepat.


Setiap tanaman bisa berbeda – beda proses perawatannya tergantung kondisi lingkungan di sekitar dan jenis tanaman tersebut, namun pada dasarnya proses ilmu dasarnya sama dan pengalaman adalah ilmu yang terbaik untuk memulai proses pembuatan tambulapot agar bisa menghasilkan tambulapot yang super dan memiliki mutu terbaik.


Loading...

Sign out
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool