7 Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Di Jadikan Tabulampot

7 Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Di Jadikan Tabulampot
7 Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Di Jadikan Tabulampot

Apakah anda sudah tahu apa yang di sebut dengan tambulapot ? bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi apa yang di sebut dengan tambulapot, tambulapot adalah salah metode penanaman buah yang biasanya di lakukan di sebuah lahan besar, namun dalam metode ini proses pengerjaannya di lakukan di dalam wadah sebuah pot.

Mungkin dahulu yang kita tahu yang di tanam dengan menggunakan pot adalah jenis, jenis tanaman hias seperti bunga adapun buah yang di tanam dengan menggunakan pot itu sifatnya hanya sebagian penghias saja.

Namun berbeda dengan metode tambulapot, tambulapot bukan hanya buah yang di tanam di pot untuk sebagian hiasan semata dan tidak bisa di makan , namun tambulapot lebih baik dari itu, fungsi pemanfaatan tambulapot selain untuk menjadi tanaman hias namun juga di gunakan sebagai penghemat lahan dan tujuannya adalah penanaman di lahan tidak jauh berbeda hasilnya dengan penanaman dengan menggunakan pot.

Maka tidak heran banyak orang yang mencari dan belajar proses pembuatan tambulapot, karena kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari buah yang kita tanaman di pot, yaitu hasil buahnya akan sama dengan yang di tanam di lahan dan juga hemat lokasi.

Namun untuk sekarang ini hanya beberapa buah saja yang bisa di tanam dengan menggunakan pot, ada 3 jenis kriteria yaitu, berhasil berbuah, susah berbuah, dan tidak bisa berbuah.

Beberapa tanaman yang berhasil berbuah dengan sistem tambulapot dan banyak sekalai yang melakukannya di antaranya adalah jeruk, jambu air, jambu biji, mangga, sawo, belimbing sedangkan yang sudah berbuah adalah kelengkeng dan untuk yang belum bisa berbuah sejenis durian , alpukat.
Berikut adalah jenis- jenis tanaman yang bisa di jadikan tambulapot, di antaranya adalah :

1. Jeruk, 

Jeruk adalah tanaman buah yang bisa berbuah ketika umur 2 tahun, pada di lingkungan normal jeruk bisa berbuah ketika mencapai tinggi kurang dari 2 meter, jeruk bisa di tanam di mana saja dan bisa beradaptasi dengan mudah di lingkungan, perawatan tanaman jeruk juga tidak cukup sulit.

Untuk penggunaan sistem tambulapot tanaman jeruk bisa di gunakan untuk di jadikan sistem penanaman tambulapot.

2.Sawo

Sawo adalah tanaman buah yang mudah di budi dayakan, sama halnya jeruk sawo juga sangat cepat berbuah tidak membutuhkan waktu lama untuk berbuah, perawatan buah sawo juga tidak terlalu sulit.
Maka sawo juga bisa di anjurkan untuk di jadikan tambulapot.

3. Mangga

Pohon mangga termasuk pohon yang cukup banyak didapati di pekarangan rumah-rumah pemukiman, baik di desa maupun di perumahan kota. Sifat pohon mangga yang mudah ditanam dan tidak riwil dalam perawatannya menjadi alasan utama orang memilih pohon ini sebagai penghias dan peneduh pekarangan rumahnya.

Daya tahan yang kuat terhadap serangan hama penyakit adalah alasan lain menjadikan pohon mangga ini sebagai tanaman buah dalam pot.

4. Jambu air
Jambu air adalah jenis tanaman buah yang sering di jadikan tambulapot. Jambu air sangat mudah untuk dikembangkan dan juga mudah dalam perawatannya, pada tanaman buah jambu air ketika umur 2 tahun atau lebi jambu air bisa menghasilkan buah, dan dengan tinggi tanaman kurang dari dua meter jambu air bisa berbuah.

5. Jambu biji

Sama halnya dengan jambu air jenis jambu biji tidak jauh berbeda dengan jambu air, mudah dalam perawatan, mudah di kembangkan dan tidak butuh waktu lama untuk berbuah.

6. Kelengkeng

Sebenarnya jenis tanaman kelengkeng jenis tanaman buah yang terbilang susah untuk di jadikan tambulapot, namun bila bibit yang di hasilkan dari sistem cangkok atau okulasi tanaman ini bisa di jadikan tambulapot namun tentu dengan perawatan yang baik.

7.Belimbing

Adalah tanaman penghasil buah dengan bentuk berbentuk menyerupai bintang. Belimbing merupakan tumbuhan asli Indonesia serta India dan Srilangka. Pohon belimbing bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 5 m dan tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari. Bunganya berwarna merah muda yang muncul dari ujung dahan.

Namun pada pembuahan awal tanaman belimbing ketikan tinggi kurang dari 2 meter sudah bisa berbuah dan juga jenis buah yang di hasilkan luayan bagus, jenis tanaman belimbing bisa di kembangkan dengan sistem tambulapot dengan perawatan teratur.

Pada dasarnya semua jenis tanaman buah bisa di jadikan tambulapot namun setiap tanaman buah memiliki tingkat kesulitan dalam perawatannya dan adaptasi di lingkungan tertentu, oleh karena itu pengetahuan yang baik tentang berbagai jenis tanaman sangat di perlukan untuk pembuatan tambulapot agar bisa berbuah



Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool