Proses Pembuatan Bakteri Fotosintesis/PSB (Rhodobacter Sphaeroides)

Proses Pembuatan Bakteri Fotosintesis/PSB (Rhodobacter Sphaeroides)

 

PSB atau dalam istilah kerennya di sebut juga sebagai Bakteri Fotosintesis adalh sebuah bahan yang akhir ini sering di gunakan oleh petani, PSB sendiri sebenuernya bukanlah pupuk namun lebih ke sebuah suplemen atau vitamin untuk tanaman, namun sangat bermanfaat sekali bahan ini bila di aplikasikan untuk tanaman karena memiliki sifat yang mujarab dan banyak sekali kegunaannnya.

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang PSB akan lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu tentang manfaat dari PSB tersebut agar kita tidak sia- sia ketika membuat PSB tersebut akan kita gunakan sebagai apa karena pembuatan PSB menyita waktu lama meski bahan yang di gunakan cukup sederhana.

Manfaat dari bakteri fotosintesis (PSB) Untuk tanaman

bebrpa amanfaat yang bisa kita dapatkan dari PSB di antaranya adalah :

. Jika PSB digunakan secara teratur dan terus menerus bisa mengurangi pemakaian suplemen, penggunaan pupuk bisa dikurangi hingga 50%, sehingga menurunkan biaya produksi.

. Dapat membantu menstimulasi kekebalan tanaman dengan baik. membuat kulit kayu atau batang yang kuat. lebih tahan terhadap serangga n hama.

. Dapat membantu Proses menstimulasi pertumbuhan akar tanaman untuk berkembang dan bercabang dengan baik, sehingga menghasilkan jumlah serat yang jauh  baik.

. Jika PSB dikombinasikan dengan pupuk hasil fermentasi spti MOL/EM4 akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas pupuk.

. Dapat merangsang bunga dengan cepat baik tanaman bunga maupun buah

Cara pembuatan Bakteri Fotosintesis/PSB (Rhodobacter Sphaeroides)

Setelah kita mengetahui apa dan manfaat PSB selanjtnya kita akan menuju proses pembuatan dan bahan – bahan apa saja yang akan kita butuhkan dalam pembuatan PSB

Bahan :

. 1 butir telur (ayam kampung, bebek, ayam negri) atau juga bisa menggunakan telur keong mas 

. 1 sendok makan MSG (vetsin/micin)

. air sumur/air kolam ikan

. botol mineral bening 1.5L (3 botol)

. Saos ikan /saori ( jika ada )

Cara membuat PSB

Proses pembuatan PSB langkah awal adalah kocok terlebih dahulu telu baik kuning dan putih nya kemudian campurkan dengan micin dan aduk rata, isi botol air mineral ukuran besar ( 1.5 liter ) degan air bersih/air kolam ikan, tetapi jangan sampai penuh, sisakan ruang kosong utk mengocok isinya lalu masukkan 1,5 sampai 2 sendok makan campuran telur dan msg ke dalam botol berisi air tadi campuran msg dan telur tadi bisa kita dapatkan 3-4 botol  kemudian tutup rapat dan jemur di tengah terik matahari minila 8 jam sehari.

Kocok setiap 2-3 hari sekali biasanya PSB akan berubah warna menjadi Coklat kemerahan sampai merah kehitaman untuk aktunya tidak menentu ada yang 1 minggu jadi bahkan ada yang sampai 3 bulan jadi.

Namun PSB sendiri terkadang tidak berwarna merah ketika jadi ada juga yang berwarna hijau namun itu juga bisa kit agunakan untuk tanaman.

Cara penggunaan

Jika di gunakan untuk  sayuran dan bunga aplikasikan dengan dosisi  100-200ml/10L air

Jika di gunakan untuk tanaman buah dosis yang di gunakan 300-400ml/10L air

Untuk penggunaannya sangat lebih efektif semprotkan ke seluruh bagian tanaman, gunkan pada siang hari karena PSB membutuhkan sinar matahari jagan gubnakan di waktu mendung , gunakan 1 minggu sekali untuk tanaman

Untuk takaran sendiri tidak ada yang mutlak karena di suatu daerah berbeda iklim dan kondisi tanaman bisa mentukan takaran itu sendiri yang penting selalu mencoba dan perhatikan setiap tanaman apabila kurang bisa di tambah dosisnya begitu pula sebaliknya.

Demikianlah proses pembuatan PSB semoga bisa membatu dalam proses pembuatannya.



Admin
Admin Inspirasi Pertanian, Selalu menyajikan Tulisan yang berguna dalam dunia tani semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool