Pengertian benih dan bibit tanaman

Pengertian benih dan bibit tanaman
Pengertian benih dan bibit tanaman – Istilah antara benih dan bibit bayak yang masih bingung dalam penyebutannya ada yang mencari benih tapi yang di ucapka bibit ada yang mencari bibit tapi yang di ucapkan benih hal ini sering yang membuat bibgung sendiri, berikut perbedaan antara benih dan bibit :

Benih adalah : Suatu calon tanaman yang berupa biji tanaman yang sudah mengalami perlakuan untuk di jadikan tanaman perkembangbiakan, benih tanaman sendiri ada banyak jenisnya dan untuk benih tanaman sendiri yang mempunyai kualitas cukup baik adalah benih F1 atau di sebut juga HIBRIDA.

Biasanya tanaman yang di budidyakan dengan mengunakan benih jenih tanaman holtikultur seperti naman sayuran, semagka,melon dan berbagai jenisnya.

Sekrang ini untuk mendapatkan benih jenis hibrida memang cukup mudah cukup kita datang ke toko pertanian di sana bayank yang menjual jenis benih hibrida atau F1.

Lalu apakan benih atau biji yang di hasilkan dari dapur seperti tomat yang di dapat dari dapur tidak bisa tumbuh ? bisa tapi hasil yang di dapatkan tidak akan sebagus dengak bibit jenis hibrida, tidak memanguntu mendapatkan jenis benih hibrida dan hanya beberap jenis benih hibrda yang bisa di hasilkan selain benih hibrida ada jenis bibit unggul lain kualitas nya hampir sama dengan beih hibrida.

Bibit Tanaman adalah : suatu calon tanaman yang sudah mengalami masa penyemaiaan, sudah berdaun atau sudah bisa di tanam di lahan artinya pada bagian jenis ini apa yang di maksud dengan bibit tanaman adalah tanaman tersebut sudah berbentu dan bukan berupa biji lagi.

Yang biasa mengunakan bibit pada proses penanaman adalah tanamn yang mempunyai umur panjang seperti buah durian, kelengkeng, mangga, sawo dan beberapa jenis yang lain.

Ada bebeapa tahapan proses dalam pembuatan bibit ungul atau jenit bibit hibrida, semakin bagus hasil bibit yang di hasilkan semakin susah pula proses pembuatannya dan untuk mendapatkan bibit hibrida ada pengawasan khusu yang di lakukan oleh pihak tertentu yang di khusukan dalam proses ini.

Tidak heran harga yang di tawarka lebih mahal untuk jenis bibit hibrida, walaupun benih hibrida harganya lebih mahal kita juga tidak akan pernah rugi karena hasil yang di dapat akan lebih pasti dari pada bibit biasa, meki begitu bibit menutup kemungkinan juga hasinya bisa lebi bagus perbedaan adalah pada pengawasannya pada bibit jenis hibrida proses perbanyakan bibit di lakukan oleh para ahli dan di awasi juga oleh ahli di bidangnya, hal ini juga perlu mnegeluarkan biyaya yang tidak sedikit untuk mendatangkan pengawas, itu yang membuat di indonesia ini jenis bibit yang berkuaitas hibrida masih sangat jarang yang ada jenis bibit biasa, meski begitu apakah jenis bibit biasa tidak bagus ? jenis bibit biasa juga bagus bila di lakukan oleh orang yang ahli di bidangnya dan asalkan dalam proses pembibitanya menggunakan indukan yang berkualitas hasi yang di dapatkan juga akan berkaulitas pula.

Beberapa jenis pembibitan yang di lakukan ada bermacam-macam cara yaitu mulai dari sambung, cagkok okulasi dan lain-lain


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

2 Comments Add Comment

SEBETULNYA BERMANFAAT, TAPI KALO COPAS AJA GAK BISA GIMANA MAU NGUTIP PENJELASANNYA ?? MIKIR!!!

Balas

ya jagan di cobas mas bro, di pahami dan di resapi kalo pengen baca ya langsung di blognya, nulis juga kan butuh tenaga, butuh mikir kalo langsung di copas gitu namnya kurang menghargai karya orang lain...

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool