Cara menanam markisa agar berbuah lebat

Cara menanam markisa agar berbuah lebat

 Cara menanam markisa agar bebuah lebat – Tanaman buah markisah adalah jenis buah yang memiliki rasa sedikit asam, jenis uah ini biasa di manfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup markisa dalm kandungan markisa bayak terdapat kandungan vitamin c yang baik untuk tubuh kita. Jenis markisa yang tersebar di indonesia terdapat 2 jenis markisayaitu markisa unggu  (passiflora edulis) yaitu jenis markisa yang tumbuh subur di dataran tinggi dan markisa kuning (passiflora flavicarva) adalah jenis markisa yang hidup di dataran rendah keduanya mempunyai manfaat yang sama persi, sentral budidaya markisa sendiri terdapat di sumatra utara dan sulawesi.


Tanaman markisa biasa di budidayakan menggunakan biji untuk pembibitanya, beberapa cara menanam buah markisa kita jelaskan di bawah ini :

Persiapan bibit buah
Dalam persiapan bibit sebaiknya pilihlah buah yang sudah tua dan kita harus memilih indukan yang sudah berumur jangan memilih indukan yang masih muda karena itu dapat mempengaruhi tingkat ketahana penyakit pada bibit buah, kupas markisa dan ambil bijinya, cara memisahkan biji markisa dari daging markisa yaktu dengan mencuci bersih biji markisa.

Setelah proses pencucian selesai keringkan biji buah markisa di tempat yang teduh dan berangin jangan di keringkan di terik matahari langsung karena itu bisa merusak kualitas benih markisa.

Setelah proses tersebut selesai tahap berikutnya adalah proses penyemaiaan yaitu dengan menyiapkan polibek kecil dan di isi dengan campuran tanah + pupuk kandang + sekam dengan perbandingan 1 + 1 + 1, dalam setiap polibek di isi benih 2 biji markisa dan lakukan penyiraman dalam proses perawatannya, proses penempatan persemaiaan sebaiknya di tempatkan di tempat yang teduh penyiraman bisa di lakukan pada sore hari , peminidahan bibit buah di lahan ketika bibit buah memiliki setidaknya 8 – 10 helai daun tetap.

Persiapan lahan
Proses persiapan lahan di lakukan jauh hari sebelum proses penanaman yaitu dengan menyiapakan ajiran seperti tiang-tiang untuk proses perambatan buah markisa , proses pembutan lubang di buat dengan ukuran 20cm X 20 cm  dengan kedalaman lubang 30 cm, setelha lubang selesai di buat masukan campuran kotoran hewan + sekam dan tanah dan kemudian tutup lubang tersebut diamkan selama 1 minggu, nbanyaknya campuran tersebut yang di masukan kedalam lubang lebih kurang seper tiga dari kedalaman lubang tersebut.
Taing pacanhg yang telah di buat tadi kemudian di tancapkan di samping lubang, tinang pancang sebaiknya di buat dari kayu yang kuat dan tidak mudah rapuh karena proses penggunaannya di butuhkan dalam jangka lumayan panjang.

Proses penanaman
Setelah proses persiapan bibit dan lahan selesai di lakukan tahap berikutnya adalah proses penanaman buah markisa , bibit yang telah mempunyai 8 daun tetap kemudian di pindahkan di lahan yang telah kita siapkaan tadi, masukkan bibit kedalam lubang dan tutup kembali lubang dengan menggunakan tanah.

Proses perawatan
Dalam proses perawatan yang bisa kita bisa lakukan yaitu dengan pemangkasan ranting yang terlalu lebat dan mengarahkan bagian-bagian ranting yang menyimpang dari ajiran dengan memindahkan secara manual, penaggulangan hama tanaman dengan melakukan pencabutan rumput secara rutin dan pemberian pupuk perlu juga di lakukan agar hasil lebih maksimal.

Proses pemanenan buah
Markisa biasa di panen dari awal penanaman sekitar umur 4 bulan, setelah umur 4 bulan markisa dapat di panen berulang- ulang, buah markisa yang siap di panen di tandai warna buah berwarna kuning dan jika di pencet buah empuk atau lunak.

Pemanenan di lakukan dengan memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau atau guting , jenis buah markisa bisa di manfaatkan secara langsung ataupun di buat sirup,




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool