Cara Membuat Pestisida Organik Ampuh Membasmi Hama Tanaman

Cara Membuat Pestisida Organik Ampuh Membasmi Hama Tanaman
Pestisida OrganikSeperti yang kita tahu Pestisida merupakan jenis obat-obatan yang di gunakan untuk pertanian yang gunanya untuk membasmi hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman, penggunaan pestisida sendiri dewasa ini cenderung menggukan jenis pestisida instan, jenis pestisida instan yang di maksud kali ini adalah jenis pestisida yang terbuat dari bahan – bahan kimia yang bisa di beli bebas di tokopertanian.

Penggunaan pestisida kimia dalam jangka pendek mungkin bagus untuk perkembangan tanaman karena hama akan cepat sekali mati bila di lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida kimia namun dalam jangka panjang sebenarnya justru sangat tidak baik untuk tanah yang di gunakan untuk menanam tanaman maupun manusia yang memakan dari tanaman yang menggunakan pestisida kimia walaupun efeknya nanti di rasakan setelah masa tua.
Namun demikian petani semakin kesini semakin tahu akan dampak itu semua dan sebagian petani yang sudah menyadari itu semua mulai sedikit demi sedikit beralih ke pestisida organik yang sebelumnya menggunakan pestisida kimia, walaupun penggunaan penyedia pestisida organik belum terlalu bayak di banding dengan pestisida organik namun pembuatan pestisida organik sebenarnya lebih mudah di lakukan dari pada pembuatan pestisida kimia, bahan- bahan yang di caripun juga lebih mudah di temukan dengan memanfaatkan alam di sekitar

Pestisida Organik Ampuh Basmi Hama 


Pestisida organik yang ampuh  melawan hama dan penyakit adalah jenis pestisida dari alam yang bis di olah dengan bahan- bahan yang mudah di cari dan dengan cepat mengendalikan hama pada tanaman seperti tanaman cabe dan sebagainya.

Bila di lakukan pembuatan dengan  benar dan mengetahui jenis baha-bahan dasar dalam pembuatan pestisida ini tentu pestisida organik ampuh  dan justru bisa melebihi pestisida kimia namun sarat utama agar pestisida organic tersebut bisa manjur dalam membasmi hama tanaman kita harus jeli dalam pembuatan pestisida tersebut.

Cara Membuat Pestisida Organik Dari Bahan Alam 


Sebelum kita lanjut ke tahap pembuatan terlebih dahulu kita akan membutuhkan bahan-bahan yanh akan di buat pestisida organic terebut, berikut adalah macam-macam bahan dan alat dalam pembuatan pestisida organik :


1. Bahan Dan Alat

1. Daun Imba                                     : ½ kg
2. bawang Putih                                                : ½ kg
3. Daun Kenikir                                  : ½ kg
4. Daun Sirsat                                     : 1 kg
5. Daun Salam                                    : 1 kg
6. Umbi gadung ( tidak di kupas )              : 2 kg
7. Cabe Rawit Merah                      : ½ kg
8. Air Bersih                                        : 15 Liter
9. Ember                             
10. Parutan
11. Penumbuk

2. Cara Pembuatan

Setelah bahan – bahan tersebut kita siapkan selanjutnya kita berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu tahap pembuatan.

1. Umbi gandum di parut sampai halus, kemudia bahan bahan – yang lain juga di haluskan seperti  cabe rawit, bawang putih dan dedaunan lainnya, proses penghalusan bisa menggunakan ulekan ataupu bisa menggunakan blender, bahan tersebut di campur menjadi satu kemudian masukan ke dalam ember tambahkan air sebanyak 15 liter.

2. Tutup ember tersebut sampai rapat kemudian diamkan sampai 2 minggu, proses ini di sebut juga dengan istilah fermentasi dan setelah 2 minggu kita bisa menggunakannya .

3. Cara penggunaan

Untuk menggunakan pestisida organic ini dosis yang kita butuhkan adalah kita hanya membutuhkan lebih kurang 2 gelas dalam satu tangkinya dengan jenis tangki preventif sedangkan untuk jenis tangki kuratif kita bisa menggunakan dosis 3-4 gelas per tangkinya.

Pestisida ini sangat ampuh membasmi hama tanaman seperti  walang sangit, ulat bulu dan sebagainya, dengan penggunaan pestisida organic ini ulast bulu akan mati setelah satu jam penyemprotan.
Namun perlu di ingat juga baha ini sifatnya panas dan bila terkena kulit akan seperti di bakar, oleskan minyak goreng untuk mengobati hal tersebut.

Ramuan ini sebelumnya sudah di uji coba oleh PESNAB dengan spectrum cukup luas dan sudah di uji di beberapa poktan dan hasilnya memuaskan.


Semoga artikel Cara Pembuatan Pestisida Organik ini bisa bermanfaat


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool