Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang Di musim kemarau

Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang Di musim kemarau
Cara Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang
Musim kemarau merupakan hal yang paling sulit akan ketersediaan air, apalagi untuk para petani yang daerahnya yang kurang bayak air, jangankan untuk menanam untuk keseharian saja misalnya untuk minum masak dan lain –lain tidak mencukupi walaupun demikian bagi petani sayuran menanam adalah hal utama untuk mencukupi kebutuhan harian tanpa menanam hal ini tentu akan berdampak buruk bagi keuangan.


Di lain pihak akan keterbatasan air yang membuat tanaman tidak akan bisa hidup tanpa ada nya air namun sebenarnya hal ini bisa di atasi bila petani lebih selektif dalam berpikir, semua yang berasal dari alam tentu bisa di manfaatkan untuk mendukung dalam bertani walaupun tidak ada air di daerah para petani yang memiliki pohon pisang tentu bisa di lakukan untuk membantu dalam budidaya sayuran.

Dengan mengembangkan sayuran melalui batang pisang tentu kebutuhan akan air pada sayuran tersebut akan tercukupi akan adanya tempat media sayuran dengan menggunakan batang pisang karena pada batang pisang sendiri tersimpan kandungan air yang cukup besar sehingga akan mampu mencukupi kebutuhan tanaman.

Namun perlu di ingat tidak semua tanaman bisa di terapkan dengan metode pemanfaatan batang pisang sebagai tempat media tanam dan hanya tanaman sayuran yang memiliki umur pendek saja yang bisa di terapkan proses ini misalnya saja pada sayuran sawi, pakcoy, bawang merah,bayam, kangkung dan jenis sayuran pada umumnya.

Lalu bagaimana cara Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang Di musim kemarau ? berikut ini adalah pembahasan singkatnya bagaimana menerapkan metode ini agar lebih mudah untuk di pelajari .

Cara Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang

Proses dari pengembangan sayuran ini cukup mudah namun kita juga harus tahu bahwa tidak semua tanaman bisa di lakukan proses ini hanya tanaman-tanaman yang memiliki umur singkat dan pendek saja yang bisa di terapkan proses ini contoh saja tanaman sawi, pakcoy, bawang merah dan hal lain yang di sebutkan di atas, dan sebaiknya gunakanlah gedebok pisang yang telah tidak terpakai jangan gunakan gedebok pisang yang belum menghasilkan buah.

Setelah kita tahu prisnsip dasar di atas berikut penjelasan dari cara penanamannya :

1. Pilih gedebok pisang yang sudah terpakai untuk tempat media tanam, Boleh di potong dan kemudian di posisikan tidur atau bisa di tanaman tanpa melakukan pemotongan.

2. Pada bagian batang pisang lubangi dengan diameter 5 cm dengan kedalaman  10 cm beri jarak dalam setiap lubang kurang lebih 15-20 cm.

3. Buat media yang akan di gunakan yaitu dengan membuat campuran Tanah : Kotoran hewan : sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Media tersebut di aduk sampai rata lalu masukkan kedalam lubang tersebut.
4. Setelah media di masukkan kemudian masukkan benih yang akan di tanam ke dalam lubang tersebut lalu benih di tutup dengan tanah.

Langkah berikutnya hanya butuh perawatan secara rutin dengan mengecek kondisi tanaman kita dengan membersihkan gulma bila ada, sesekali bisa juga kita siram dengan air leri dan bawang merah bila tanaman sudah menunjukkan perakaran yang cukup lebat.

Keuntungan  Menanam Sayuran Di Gedebog Pisang

Lalu apakah ada keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan cara ini ? yang jelas tentu sangat banyak bila tidak ada keuntungan mana mungkin hal ini akan di bahas di sini, dengan menggunakan batang pisang kita tidak perlu menyiram tanaman karena di dalam batang pisang terdapat kandungan air yang cukup banyak air tersebut akan selalu membasahi media tanaman sehingga kita tidak harus menyiramnya.

Hal lain dengan menggunakan batang pisang tentu perawatan lebih mudah seperti pengendalian gulma lebih bisa di controh dari pada di lahan biasa, pada musim kemarau yang sangat sulit sekali menemukan air untuk penanaman dengan menggunakan cara ini kita tidak akan di susahkan akan kebutuhan tanaman yang tidak cukup akan air.

Air yang kita butuhkan sudah bayak terdapat pada gedebok pisang sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur tanpa adanya penyiraman secara rutin.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk petani sayuran yang ini membudidayakannya di musim kemarau, selamat mencoba.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool