Manfaat Pupuk Garam Untuk Produktivitas Kelapa

Manfaat Pupuk Garam Untuk Produktivitas Kelapa
Garam Untuk Meningkatkan Produktivitas Buah Kelapa

Seperti yang kita tahu garam lebih di kenal oleh kalangan masyarakat sebagai bahan yang di gunakan untuk penyedap masakan tanpa garam tentu masakan akan terasa hambar tentu ini yang membuat garam sangat di cari namun apakah kita tahu selain fungi itu ternyata garam juga bisa di manfaatkan untuk hal yang lainnya.

Sebagai dari petani sudah menerapkan garam untuk di jadikan bahan alternatif sebagai pupuk, ketika tanaman sulit sekali berbunga dan menghasilkan buah yang bagus petani mencoba menggunakan garam untuk di jadikan pupuk agar tanaman tersebut bisa menghasilkan buah.

Sebagai orang menganggap hal ini adalah hal yang sepele namun untuk petani yang telah mencoba cara ini tentu akan terbantukan di tengah harga pupuk yang semakin hari kian melejit dan proses untuk mengganti pupuk dengan bahan lain harus cepat di atasi untuk meningkatkan Produktivitas buah.

Menurut penelitian dari  Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember yang diterbitkan di Warta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao ( 6/2015) pada garam dengan rumus NaCl telah di ungkapkan bahwa garam tersebut bisa menggantikan pupuk KCL dengan jumlah dan dosis tertentu dan adapun dengan unsur Na dan K secara bersamaan memiliki peran yang snag bersamaan dalam mempertahankan turgor tanaman sedangkan aktifitas juga berperan sebagai enzim dan juga berperan sebagai pembelahan sel bersaman dengan Cad an Mg Oleh sebab itu subsitusi hara K dan Na yang bersumber dari garam dapat menjadi cara baru yang sangat mungkin dilakukan. Apalagi unsur K menempati urutan pertama dalam jumlah yang diserap tanaman (kakao-indonesia.com).

Garam Untuk Meningkatkan Produktivitas Buah Kelapa

Di Negara tetangga seperti Thailan garam sudah jadi bahan organic yang di manfaatkan sebagai pupuk untuk meningkatkan Produktivitas buah kelapa, pada kondisi kelapa yang mempunyai umur beberapa bulan setelah tanam mula-mula di buatkanlah tempat khusus yaitu membuat lubang dengan kedalaman lebih kurang 5-10 cm kemudian di tutup dengan ember yang memiliki tutup di atas atau sejenisnya nya lalu lalu garam di masukan ke dalamnya, jarak antara lubang tersebut dengan garam adalah sekitar 50-60 cm.

Fungsi untuk pembuatan tempat ini adalah supaya garam tidak hanyut oleh adanya air hujan yang bisa terjadi setiap saat dan menggapa lubang untuk meletakkan garam tidak terlalu dalam, dalam kondisi tertentu garam bila bersentuhan langsung dengan akar tanaman yang terluka akibat pengalian tersebut akan akan mengalami pembusukan oleh sebab itu sebaiknya pembuatan lubang tidak terlalu dalam agar tidak terkena akar pada tanaman kelapa.

Pemberian garam bisa di lakukan setiap bulan sekali atau atau bisa di sesuaikan ketika kondisi garam yang di letakkan di dalam lubang tersebut di rasa sudah tidak memiliki efek kuat pada tanaman buah kelapa.

Manfaat garam untuk tanaman buah lain

Apakah kita tahu ternyata garam bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan Produktivitas buah kelapa namun garam juga bisa meningkatkan buah lain seperti  buah durian, mangga dan lain sebagainya.

Pengalaman ini sudah di lakukan oleh sebagian petani buah, yang mencoba melakukan pemupukan dengan menggunakan garam pada buah durian yang mulai berbunga namun pada kondisi tertentu banyak tersebut tidak bisa menghasilkan buah bahkan rontok dengan sendirinya namun setalh di coba menggunakan garam sebagai pupuk buah durian akhirnya durian tersebut bisa berbuah dan menghasilkan buah yang bagus dan berikutnya petani tersebut mencoba ke tanaman pete dan hasilnya pun sama pete tersebut bisa menghasilkan buah yang cukup bagus.

Untuk petani yang di pusingkan dengan harga pupuk kimia yang begitu melejit dan di jadwalkan pada tahun 2018 akan ada pencabutan pupuk bersubsidi seperti yang di jelaskan pada artikel Petani Mulai Hawatir, Subsidi Pupuk Akan Di Cabut Pemerintah Tahun 2018 tidak ada salahnya petani untuk mencoba garam sebagai alternative ini di samping juga menggunakan pupuk organik seperti kotoran hewan untuk di gunakan sebagai pupuk organic.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool