Beberapa hama dan penyakit pada sayuran selada dan pengendaliannya

Beberapa hama dan penyakit pada sayuran  selada dan pengendaliannya
 
Bila sebelumnya saya pernah membahsa tentang Cara menanam sayuran selada air yang benar rasanya kurang pas bila kita tidak mengetahui Beberapa hama dan penyakit pada sayuran selada dan pengendaliannya, karna hal ini mempunyai kaitanya yang sangat erat, proses budidaya selada memng tidak selamanya tumbuh dengan normal adakalanya beberapa faktor bisa menyebabkan tanaman tersebut bisa mengalami kegalalan, salah satunya adalah yang di sebabkan oleh hama dan penyakit.

Tapi bebebrapa maslah itu bisa kita tanggulangi bila kita mempunyai ilmunya dan itu harus tau dengan begitu masalah yang di timbulkan oleh hama dan virus pada sayuran selada akan mudah kita tanggulangi.

Berikut adalah sedikit pembahasan tentang hama dan penyakit pada tanaman selada yang sering sekali di jumpai.

a.    Hama selada
Beberapa jenis hama ini mungkin ada sebagian mudah kita brantas tapi ada sebagian juga akan susah untuk membasminya, berikut jenis jenis hama tanaman selada.

Hama jangel – hama jenis ini memiliki bentuk yang mirip sekali seperti sifut  dengan ukuran kira –kira 2 cm, proses penyerangannya di lakukan pada pangkal daun bagian dalam, jenis hama ini bisa mnyerang semua jenis selada adari yang muda sampai yang tua, proses persembunyiannya lebih senag hidup di pangkal daun.

Trips – jenis hama ini juaga salah satu jenis hama yang bikin resah para petani selada karna bila selada sudah terkena hama ini daun selada akan mengalami pengeringan yang cukup fatal dan menyebabkan kematian pada salada tersebut , pengendalian hama  ini bisa dengan mudah di kendalikan menggunakan bayrusil, Tamarot 200 EC ataupun dengan menggunakan 5000 EC dengan pengunaan dosis lebih kurang 2ml/ Liter.

Kutu daun – akibat yang di timbulkan oleh kutu daun pada sayuran selada adalah daun selada akan mengalami pengerutan dan hari berikutnya sayuran daun selada yang mengalami pengerutan bila tidak di tangani secara serius daun selada akan mati karna akibat kekuaranag air , hal ini sangat menggagu sekali apabila hama tenaman kutu daun menyerang tanaman yang masih muda akan menyebabkan sayuran selada akan susah tumbuh besar.

Proses pengendalian hama tanaman kutu daun ini bisa di atasi dengan proses penggunaan insektisida diazinon, orthene 75 Sp ataupun dengan menggunakan  Bayrusil tapi sebaiknya gunakan dengan dosis yang tertera pada obat tersebut agar proses pengobatan berhasil dengan sempurna.

Tangek- janis hama tanaman ini sekilas mirip sekali dengan jenis hama tanaman jangel tetapi perbedaan yang mencolok pada hama ini adalah pada jenis Tangek dan tidak memiliki sifult sedangkan Jangel memilikinya, hama ini sangat menggagu sekali akibatnya bila sayuran terkena hama ini daun pada salada akan mengalami lubang-lubang, hama ini bayak sekali menyerang bila musim kemarau.

Semua jenis obat tersebut yang di gunakan sebagai pengendalian hama bisa di dapatkan di toko pertanian yang terpercaya.

b.    Penyakit selada
Penyakit bususk batang- penyekit bususk batang sering selaki di alami oleh sayuran selada  awal pada sayuran selada yang akan mengalami penyakit bususk batang biasa di tandai dengan pada bagian batang akan mengalami lunak dan agak mulai kecoklatan pada bagian batang akan mengandung lendir proses ini di sebabkan adanya penyakit Cendawan Rhizoctonia  Solani, nila hal ini bila tidak ada penangana khusus akan menyebabkan pembusukan pada akar dan dapat menyebabkan kematian pada selada yang kita tanam.

Penyakit utama pada busuk batang salahsatunya di sebabkan oleh kondisi lahan yang cukup lembab dan kurang terurus,

Rumput merupakan salah satu sumber penyekit yang bisa menyebabkan tanaman menjadi terkena penyakit, karena dengan adanya penyakit pada rumput hal ini dapat menular pada tanaman utama kita, sehingga pembersihan rumput secara rutin perlu di lakukan agar bisa mencegah penyebaran benih penyakit pada tanaman

Proses pencegaha bisa di juga d lakukan denga pembersiha lahan secara rutin dan menjaga kelembaban lahan, tapi bila kondisi yang sudah terlanjur memburuk bisa di tangani dengan obat-obat kimia salah satunya dengan penyemprotan maneb atau dithane M 45 pengunaannya disesuikan atau bisa juga 2 gram/liter.

Penyakit busuk pangkal daun- janin penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Feicularia filamentosa, yang bisa menyerang pada pangkal daun seladan hal ini bisa terjadi bila menjelang musim panen akan tiba ada beberapa yang bisa di lakukan untuk proses pengendalian pneyakit ini sebelum kita menggunakan bahan kimia kita bisa mencoba bahan alami yaitu dengan menggunaka bahan-bahan alami baca Teknik Pembuatan Peptisida Organik.

Proses menjaga kebersihan tanaman juga sangat di perluka agar sayuran yang kita hasilkan akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti menjaga irigasi  dan lain sebagainya.

Penyakit busuk lunak – jenis penyakit ini sering sekali di alami oleh selada yang di sebabkan oleh adanya bakteri  Erwinia carotovora penyebab utama terjadinya adanya pembusukan pada tanaman selada, proses penyebaran ini biasa di awali dari tepi daun selanjutnya daun akan mengalami perubahan warna kecolatan dah hasil akhirnya yang terjadi daun akan mengalami layu daun, penyakit ini juga akan menyerang tanaman yang sudah kita cabut banhkan tanaman yang sudah kita kemas.






Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool