Hama tumbuan buah labu dan cara pengendaliannya

Hama tumbuan buah labu dan cara pengendaliannya
Bila sebelumnya saya pernah membahas tentang Cara Budidaya labu/wuluh untuk petani rumahan Kali ini saya akan membahas hama tanaman pada buah labu dan cara pngendaliannya.

Labu pada dasarnya tanaman buah yang sangat kuat terhadap hama tanaman tapi ada sebagin kasus yang terjadi, labu mengalami seranga hama yang membuat labu tidak bisa bertahan, hal ini bila di biarkan terus-menerus tanaman labu akan mengalami mati bila tidak di tangani lebih serius.

Beberapa hama tanaman labu yang serering  di lamami tanama labu dia antaranya adalah sebagai berikut :

 a. Hama tanaman busuk daun
Pada haman tanaman busuk daun jenis ini merupakan jenis hama yang sudah terjadi di seluruh bagian dunia, menurut salah satu peneliti tentang tanaman pada dataran rendah penyakit busuk daun sering menyerang tanaman dengan insentitas penyakit kisaran 5-20%.
Gejala-gejala penyakit yang di timbulkan pada busuk daun diantaranya adalah terdapat berak-bercak kuning pada permukaan daun pada cuaca yang lembab di sisi bawah terdapat parang  ( Cendawan ) seperti bulu yang berwarna keunguan, akibat busuk daun sering tanaman mengalami kematian walaupun tanaman tidak sampai mati nantinya hasil buah yang di dapat tidak akan maksimal.

Tanaman jenis hama ini memang sangat susah untuk di kendalikan tapi ada upaya pencegahan agar tanaman buah yang di serang haman ini tidak menyerang lagi di kemudian hari yaitu dengan mengurangi sumber infeksi dengan cara membogkar atau dengan cara memendam tanaman yang terserang oleh hama ini dan pembersihan secara menyeluruh pada area yang terserang hama ini .

Padahama tanaman busuk daun kalaupun susah di kendalikan tapi bisa di akali dengan penyemprotan fungisida  naban, zineb ataupun meneb pada pengobatan jenis ini memng pada dasarnya kurang menguntungkan walaupun kita bisa membrantas hama tanaman tapi hasil buah yang di dapat akan kurang maksimal dan cenderung menurun.

Oleh karena itu usaha pencegahan dengan pembongkarang dan mengganti dengan tanaman yang baru malah lebih bagus ketimbang kita melakukan penyemprotan .

 b. Jenis hama embun tepung
Tanda –tanda yang di alami pada tanaman buah wuluh yang diserang embun tepung adalah pada permukaan daun dan batang terdapat lapisan tipis seperti tepung yang lama kelamaan bercak  yang di timbulkan pada embun tepung ini akan mengalami  pengeringan  jika tanaman ini cenderung berat, daun muda dan batang akam mati, hal ini akan menular ketanaman lain bila proses pertumbuhannya menempel satu sama lain.

Hal lain yang di sebebkan oleh embun tepung adalah pada tanaman yng sudah berbuah akan mengalami masak yang belum waktunya, tanaman menjadi lemah pertumbuhanyapun bisa terhambat.

Pengendalian tanaman ini bisa di lakukan dengan cara , pada tanama yang sudah terlancur parah sebaiknya tanaman di cabut saja biar tanaman tidak menular ke tanaman yang lain, penanganan untuk tanaman yang masih bisa di tolong bisa di lakukan penyemprotan dinokap atau dengan penyerbukan belerang  atapun dengan penggunaan peptisida.

 c. Hama antraknosa
Pada gejala yang di timbukan pada hama ini dengan di tandai bercak mulai dari tulang daun yang bila tidak di tangani secara serius bisa meluas menjadi bercak coklat , bersudut-sudut atau agak bulat, pada garis tengan dapat mencapai hingga 1 cm ataupun bisa lebih dari itu, bebberapa kasus yang terjadi bercak tersebut lama kelamaan akan menyatu yang mengakibatkan daun menjadi mati secara keseluruhan. Pada bercak yang di timbulkan pada tangkai di tandai dengan bercak memanjang dan berwarna coklat tua bercak ini juga meluas pada buah yang sudah mulai masak.

Penyebab tanaman ini di akibatkan karena kondisi lahan yang terlalu lembab , pencegahan awal bisa di lakukan dengan cara menanam benih buah yang sehat yaitu dengan membeli benih yang berkualitas bisa di dapat di toko pertanian, dan pengendalian tanaman dengan melakukan penyemprotan menggunakan fungisida.

 d. Busuk bunga
Jenis penyakit ini yang umum di alami oleh tanaman buah, gejala yang di timbulkan pada pada busuk bunga adalah denga di tandai dengan mahkota bunga di tumbuhi dengan cendawan putih yang lebat, penyebaran awalan di mulai dari bunga yang masih muda dan menyebar keseluruh bunga, hal ini dapat mengakibatkan bunga menjadi busuk dan yang pasti proses untuk terjadinya buah akan mengalami kegagalan.

Beberapa janis hama tanaman buah pada asarnya cara terampuh adalah dengan melakukan pencegahan secara dini yaitu pemakaiaan benih yang terbaik dari hasil pembelian di toko yang di keluarkan oleh pabrik adalah adalah cara terbaik dan juga perawatan lahan dengan melakukan pembersihan baik sebelum tanama ataupun setelah masa tanamam bisa juga dapat mencegah dari serangan hama tanaman.

Semoga ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk pengendalian hama tenaman labu yang terjadi di berbagai daerah. trimakasih


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool