Cara budidaya buah naga dan perawatannya dengan metode tepat guna

Cara budidaya buah naga dan perawatannya dengan metode tepat guna
  


Cara budidaya buah naga dan perawatannya   - Buah naga adalah salah satu jenis tanaman yang masih tergolong dengan keluarga tanaman kaktus yang dapat menghasilkan buah dengan rasa tertentu, di masyarakat sendiri buah naga sangat di gemari karba rasanya ang khas dan aroma buah nya yang menyegarkan.



Buah naga pada awal perkembangannya haya di jadikan tanaman hias namun seiringnya waktu buah naga mulai di kenal dengan rasanya yang menggugah buah naga semakin diminati oleh masyarakat dan pembuatan bibit buah naga mulai banyak yang mengelola.

Harga buah naga sendiri di pasaran lumaya mahal tidak heran semakin kesini tanaman buah naga semakin banyak yang meminati, ada beberapa Cara budidaya buah naga dan perawatannya    yang biasa di lakukan yaitu budidaya di lahan dan budidaya menggunakan pot pada proses pengerjaannya tidak jauh berbeda dan hasilnyapun cenderung sama.

Budidaya buah naga di dalam pot biasa di lakukan di lahan sempit yaitu mereka yang kesulitan lahan dan ingin menanam buah naga bisa menggunakan pot sebagai pengganti.

A, Cara budidaya buah naga
Pada dasarnya cara menanam buah naga  tidaklah sesulit yang kita bayangkan namun bila kita tidak mempunyai pengalaman dalam proses ini hal yang mudah akan mengalami kendala yang mengakitbatkan kegagalan.


Beberapa metode yang harus di perhatikan dalam hal ini di antarana adalah :

1, Pemilihan benih buah
Buah naga adala tanaman buah yang bisa di kembagkan dengan batan ataupun dari biji pada kedua tersebut yang palin bagus adalah denga menggunakan batangya, karena dengan menggunakan batang sebagai bibit kita langsung bisa menilai bibit mana yang paling bagus kualitasnya yaitu dengan cara melihat idukannya sedangkan bila kita memakai biji hasil buah yang di hasilkanya tidak bisa sama persis dari segi manis dan lain-lain, sebaiknya bila menanam dari biji belilah di toko pertanian yang menjual benih buah naga yang di keluarkan perusahaan tertentu.

2, Persiapan lahan
Persiapan lahan dalam budidaya buah naga memiliki beberapa metode dengan memepersiapkan metode ini di harapkan nantinya mampu untuk menerapka dengan baik.
Pohon buah naga adalah tanaman yang mempunyai batang yang lentur dan merambat oleh sesb itu persiapan penompang buah sanag di anjurkan untuk membuatnya, tinggi penompang untuk buah naga antara 2-2,5 meter dengan menggunakan tiang yang bisa di gunakan menggunakan kayu, besi semen cor dan lain-lain pada bagian atas penompang besi di beri batang kayu berbentuk lingkarang dengan diamater di sesuaikan .

Pembuatan tiang penompang bisa di pakai sistem perbaris dengan jarak antara 2,5 meter  dan lebar 3 meter.

Sedang untuk persiapan pengolahan tanah kita membuat lubang dengan ukuran 60 x 60 cm dengan kedalaman 25cm, lubang tersebut di buat persis di samping tiang penompang yang telah kita buat, selanjutnya kita campurkan 1 kg pasir dengan tanah yang fngsinya untuk menambah porositas tanah tersebut,

Sebelumbibit di tanam sebaiknya taburkan pupuk kompos atau pupuk kandany yang telah matang di area yang akan kita tanami tersebut. Sebaiknya penaburan pupuk kompos di lakukan satu miggu sebelum tanam, untuk perkiraan penaburan antara 10-20 kg bisa juga di campur kapur dolomit sebanyak 300gram yang fungsinya nntuk menambah tingkat Ph tanah.

Pada wakt tiga hari dari proses penaburan pupuk kompos bisa juga di tambah pupuk TSP kisaran 25 gram, beriakan pupuk TSP di sekitar tiang penompang dengan pemberian degan cara melingkari tiang dengan jarak pemupukan dari buah lebih kurang 10 cm.

3, Penanaman buah naga
Penanaman buah naga bisa di lakukan dengan mengitari tiang-tiang yang telah kita buat sebeluma dalam satu tiang bisa di isi lebih kurang 4 bibit buah naga, proses penempata buah naga dari tiang memiliki jarak antara 10 cm .
Bibit yang sebelumya sudah di panen melalui tenik penyemaian dari biji ataupun yang menggunakan hasil pemangkasan batang bisa langsung di tanam di lokasi yang telah di buat, kedalama pembuatan lubang unt peletaan bibit buah sekitar 1—15 cm ataupun bisa di sesuikan.

Bibit yang telah d masukkan di dalam lubang dan di timbun selanjutnya bibit di ikan pada ting yang telah kita persiapkan, hal ini di lakukan agar tanaman yang tumbuh bisa tumbuh ke atas dan tidak cenderung turun.
Proses pengikatan ini berlanjut ketika tumbuhan membesar dan menjalar keatas pada watu itu lah pengikatan terus di mulai sampai buah naga tumbuh subur dan berbuan.

B. perawatan buah naga
Proses perawatan pada penanaman buah naga merupaka hal ang sagat perlu di perhatikan karena pemeliharaan yang rutin akan mendapatkan hasil panen yang baik. Beberapa metode dalam perawatan budidaya buah naga di antaranya adalah :

1, Pemangkasan
Ada beberapa metode pemangkasan yang harus di lakukan dalam budidaya buah naga yang harus di lakukan hal ini bertujuan agar tanaman ang di hasilkan akan lebih baik.
Proses pemangkasan di lakukan setelah pohon buah naga melebihi tiang penyangga yaitu lebih kurang 2 m, pohon buah naga tumbuh cabang 2 sekunder. Cabang buah naga yang terlalu banyak berdampak pada hasil produksi nantiya untuk cabang yang terbaik sekitar 4-6 cabang/pohon.
Pemangkasan cabang juga berfungsi sebagai agar tanam yan berkembang tidak hanya berkontrentasi pada pembesaran batang, sehingga unsur hara bisa di alihkan utuk pembesara buah.

2, pemupukan buah
Pemupukan pada buah naga bisa menggunakan metode penggunaan pupuk kompos ataupun penggunaan pupuk kimia, untuk pemberian pupuk kandang dengan metode penggunaan sebanak 5-10kg yang di berikan 3 bulan sekali denagan cara di taburkan pada setiap tanaman.
Sedangkan penggunaan pupuk kimia bisa di lakukan pupuk yang mengandung banyak usir nitrogen atau N pada fase berbunga gunakan pupuk yang dominan mengandung unsur P dan K.

3, Penyiraman
Untuk proses pengairan pada buadidaya buah naga di lakukan 1-2 hari sekali tergantung kondisi cuaca tersebut.






Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool