Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci

Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci
Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci- meskipun sudak bayak bertebaran pupuk kimia penggunaanya sudah tergollong praktis namun masyarakat kini mulai terkena dampak dari peggunaan pupuk kimia dalam jangka panjang justru akan sangat merusak lahan dan dampaknya tanaman sulit tumbuh dengan subur.

Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci - meskipun sudak bayak bertebaran pupuk kimia penggunaanya sudah tergollong praktis namun masyarakat kini mulai terkena dampak dari peggunaan pupuk kimia dalam jangka panjang justru akan sangat merusak lahan dan dampaknya tanaman sulit tumbuh dengan subur.


Masyarakat kini mulai bayak yang beralih ke teknik pertanian tempo dulu yaitu dengan memanfaatkan alam sebagai pupuk ataupun peptisida untuk bertanam, penggunaan pupuk dengan menggunakan pupuk organik tentu akan lebih menyehatkan meski dampaknya tidak instan tapi itu lebih baik dari pada menggunakan pupuk kimia.

Penggunaan pupuk organik tidak hanya berdampak pada kesuburan tanaman tetapi juga bermanfaat untuk lahan dalam jagka panjag, pemanfaatan air kencing kelinci utuk tanaman adalah metode yang ampuh untuk di kembagkan.

Urine kelinci adalah sumber kesuburan tanaman dengan pengelolaha urine kelinci dengan benar makan pertumuhan tanaman bisa di andalkan, pupuk kompos air urin kelinci sagat bagus untuk tanaman cabe, padi, sauan-sayuran dan ianin sebagaiya.
Berikut adalah ulasan Cara pembuatan pupuk organik cair dari urine kelinci yang bisa di mafaatkan utul lahan pertanian modern :

1. Bahan yang di gunkan
Untuk membuat sebuah pupuk kompos organik kita terlebih dahulu meyiapkan bahan yang akan di gunakan nantinya di antaranya adalah Urin kelinci sebanyak 100 liter,Gula pasir lebih kurang ½ kg yag di tambahkan tetes tebu, tanaman alam seperti knyit, lengkuas,tebu ireng, kencur, jahem daun jenu, brutowali, kecubung, umbi gandum  da daun pucung masing-masig berat 1,5 kg.

Tambahkan juga dari buah-buahan yang telah mulai membusuk seperti, pepaya, nanas,pisang klutuk,tomat,kulit melnjo merah, kecubung, gadug dan daun jenu.
Air rebusan kedelai lebih kurang 5 literdan air kelapa lebih kurang 5 liter dan air secukupnya.

Prosespembuatanya bisa di campur menjadi satu dalam sebuah tong besar tetapi sebelumnya dapat di pastika ramuan yang kita pakai di hancurkan terlebih dahulu sampai hancur dan halus, terserah bisa pai alat apa untuk menghancurkanya.

Proses fermentasi di lakukan lebih kurang 3 minggu yaitu debgan memasukkan campuran tersebut ke dalam tong dan setiap  hari usahakan di buka dan tutp krmbali drigen hal ini fungsinya adalah gas yang tersimpan di dalam drigen tidak menimblkan reaksi dampaknya drigen dapat meledak sewaktu-waktu.

2. Cara penggunan

Sebaiknya proses penggunaan dengan takaran yang pas yaitu dengan kadar 10%, 1 urine = 10 liter air, bila penggunaannya di lakukan untuk daun sebaiknya gunakan 1 liter urin pertangki

Penambahan dam bahan – bahan seperti EM4, Simba, Mb, SOC bisa juga jadi bahan tambahan fungsinya agar pupuk kompos kelinci cepat jadi.


harga air kencing kelinci juga bila di beli dari luar harganya cukup mahal makanya meding buat sendiri , pengolahan urine kelinci bisa menggunakan bahan yang sempit.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool