Cara mengusir tikus pada tanaman padi dengan ramuan alam

Cara mengusir tikus pada tanaman padi dengan ramuan alam

Cara mengusir tikus pada tanaman padi dengan ramuan alam – Tikus adalah salah satu hama tanaman padi yang sangat menggangu persawahan, tikus biasa merusak tanaman padi ketika padi mulai berbuah pada waktu itulah tikus-tikus kerap sekali merusak tanaman padi, tikus biasa kelur pada malam hari meskipun begitu tidak jarang pula tikus juga merusak pada siang hari.


Meskipun sudah banyak yang menjual racun tikus untuk membasmi tikus tetapi hal ini sebenarnya sangat tidak di anjurkan karena penggunaan bahan kimia di mana-mana sangat tidak baik bagi kesehatan selain itu juga penggunaan racun tikus dampaknya akan mengakibatkan bangkai tikus yang bertebaran ke mana-mana yang menimbulkan aroma yang tidak sedam tentu aroma itu bayak mengandung bibit penyakit.

Ada beberapa ramuan alami tentang  Cara mengusir tikuspada tanaman padi dengan ramuan alam ini kita bisa memanfaatkan tumbuhan dari alam baik itu menggunakan buah, akar, batang dan lain sebagainya, penggunaan bahan-bahan ini di gunakan yang intinya dengan menggunakan bahan ini tikus akan tidak menyukainya dan pergi dengan sendirinya tanpa merusak tanaman padi kita, ada juga yang memanfaatkan beberapa buah sebagai pencampur umpan makanan.

Berikut adalah beberapa ramuan alam yang bisa di gunakan untuk pengusiran tikus :

Penggunaan Buah bintaro
Penggunaan buah   ini masih bayak yang belum mengetahui teknik kerja menggunakan buah ini adalah dengan meletakkan buah di area persawahan dengan memafaatkan aroma buah bintaro di yakini tikus akan pergi dengan sendiri nya karena efek dari aroma buah bintaro .

Menurut Ir syaiful seorang pakar tikus persawahan orang yang melakukan pengekstrakan buah bintara akan mengalami efek pusing dengan aroma buah bintaro yang sangat menyengat, itulah sebabnya penggunaan buah bintaro di gunakan sebagai pengusir tikus secara alami.

Penggunaan batang yang berduri-duri
Proses penggunaan batang berduri di lakukan dengan menempatkan batang-batang yang berduri di area yang biasa di lalui tikus, meskipun efeknya kecil karna tikus tergolong hewan cerdik penggunaan batang berduri juga sangat efektif untuk melukai beberapa tikus.

Menggunakan kulit durian
Durian adalah jenis buah yang mempunyai aroma yang sangat menyengat, apakah kita tau bahwa tikus sangat tidak mnyukai aroma buah itu itu sebabnya kita bisa memanfaatkan kulit buah durian untuk menghasikan aroma yang semrebak, caanya dengan meletakkan kulit durian yang sering di lalui tikus dengan begitu tikus akan pergi dengan sendirinya atau bahkan tidak mau mendekat karena aroma kulit durian yang menyengat.

Menggunakan kulit jengkol
Penggunaan kulit jengkol sebagai pngusir tikus secara alami sudah di manfaatkan dari jaman dulu, di sebuah daerah Kalimantan selatan mereka mengumpulkan kulit jengkol dan kemudian menebarkan di area persawahan  dengan begitu di jamin tikus tidak akan pernah akan berani mendekat di lokasi tersebut.  Teknik ini sudah turun temurun di lakukan oleh petani di tanah benua

Penggunaan buah maja
Teknik penggunaan buah maja tekniknya sama dengan memnafaatkan aroma buah tersebut, cara penggunaannya dengan di belah menjadi 4 bagian dan di letakkan di area persawahan.
Buah mengkudu
Aroma buah mengkudu juga bisa mengusir tikus yang sering menggagu tanaman padi caranya dengan meletakkan beberapa buh mengkudu di area yang sering di lalui tikus.

Buah kolang kaling
Kolang kaling adalah buah yang dapat menyebabkan efek gatal yang sangat lama cara ini bisa di manfaatkan untuk mengusir tikus dengan meletakkan di area yang sering di lalui tikus, degan menyentuh buah ini tikus akan mengalami gatal-gatal dan mapaknya bila tikus ini menyentuk tikus yang lain juga akan menular gatalnya, dengan begitu tikus akan pergi dengan senirinya.

Singkong kukus yang di campur air kelapa hijau
Penggunaan singkong rebus dengan menggunakan air kelapa hijau di yakini dapat menyebabkan kemandulan pada tikus cara ini bisa di lakukan untuk jangka panjang setelah melakukan cara-cara sebelumnya, teknik pembuatannya adalah kupas singkong rebus dengn air kelapa hijau sampai mencapai suhu 40 derajat, setelah siap letakkan di setiap area yang sering di lewati tikus dan di rumah-rumah tikus.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool