Jenis – jenis variates mentimun

Jenis – jenis variates mentimun

Mentimun adalah jenis buah sayuran yang biasan di manfaatkan sebagai lalapan, di indonesai sendiri ada berbagai jenis variater mentimun yang tersebar di segala penjuru negri, mentimunsendiri masih tergolong keluarga Curcubitace yatu suatu buah sayuran yang bunganya berbentuk seperti halnya dengan terompet dan berjenis satu,.

Suatu jenis mentimun hanya memiliki rumah yang satu yaitu pada bunga jantan dan betinya terpisah tetapi pada keda bunga ini hidup dalam satu pohon pada bunga betina mempunyai bakal bunga yang membengkak yang terletak pada bagian bawah mahkota bungga , sedangkan pada bagian bunga jantan bagian yang membengkak tidak di miliki.

Mentimun sendiri pada dasarnya di bagi menjadi 2 golongan yaitu :

A. Mentimun kulit bintik putih
Pada jenis timun ini pada bagian kulitnya mempunyai sebuah tanda bintik-bintik putuh, pada variates jenis bintik putih ini terbagi menjadi 3 golongan

1. Timun lalap, Jenis timun lalap yang sering di cari untuk sebagai lalapan walaupun jenis timun pada umumnya di pakai untuk lalapan tapi jenis timun ini terkenal dengan naman timun lalap itu karena jenis timunnya yang sedang dan tidak terlalu besar dan mempunyai daging buah yang cukup manis , warna buah hijau keputihan dan setelah tua buah akan berwarna kecoklatanis timun inj sering di tanam oleh para petani dan tergolong jenis timun unggul.

2. Timun wuku, jenis timun ini mempunyai buah yang agak tebal dan besar pada bagian buah yang masih muda mempunyai buah yang berwarna agak kecoklatan.

3. Timun watag, pada jenis timun ini mempunyai buah agak tebal dan keras pada buah yang masih muda akan berwara hijau agak keputiha dan pada buah yang sudah mulai menua akan berwarna kuning ketuaan.

B. Timun krai
Jenis timun ini mempunyai kulit yang halus dan mempunyai buah yang lebih besar dari pada timun sebelumnnya, jenis timun krai bukan di manfaatkan sebagai timun lalap karena jenis buah timun ini lebih manis dari pada timun lalap , berikut adalah jenis –jjenis timun krai yang bisa di ketahui.

1. Timun suri, Timun suri mempunyai buah yang besar dan daging buah yang cukup besar, jenis timun suri biasa di manfatkan sebagai campuran es buah, ukuran timun suri bisa di bilang besar karena ukurannya hampir 10x ukuran timun biasa jenis timun surui mempunyai bentuk oval bulat.

2, Timun krai, timun krai hampir sama dengan timun suri bahkan fungsinya juga sama persih dengan timun suri tetapi yang membedakan dengan timun suri pada buah timun krai mempunyai ukuran lebih kecil dari timun suri .


Demikianlah penjelasan  Jenis – jenis variates mentimun penjelasan tentang timun semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool