Penjelasan tentang marfologi tanaman srikaya

Penjelasan tentang marfologi tanaman srikaya

Pada awalnya jenis tanaman srikaya hidup di berbatuan yang kering dan tandus tanaman srikaya berasal dari hindia barat tetapi semakin berkembangnya zaman kini srikaya mampu hidup di iklmin tropis seperti indonesai.


Srikaya tumbuh subur di indonesai dan berkembang semakin bayak, tumbuan srikaya mempunyai manfaat yang sangat banyak pada bagian akar, daun, kulit , dan bauh nya semua dapat di manfaatkan sebagi abat, pada bagian srikaya mempunyai senyawa metabolit sekunder seperti flaforid .

Berikut adalah penjelasan morfologi dari batang sampai buah srikaya yang dapat di ketahui.

Morfologi daun srikaya
Ciri daun srikaya mempunyai bentuk yang lonjong dan srikaya mempunyai daun tunggal yang bertangkai kaku dan mempunyai tata letak yang saling selang seling pada bagian ujung daun serikaya mempunyai daun runcing mempunyai warna yang kebiru-biruan dan kadang mempunyai daun yang berambut dan ada juga yang tidak.

Spesifikasi daun srikaya mempuyai panjang 5-17 cm denga lebar lebih kurang 2 sampai 7,5 cm dan mempunyai panjang tangkai  sekitar 0,5 – 2,2 cm mempunyai rasa daun yang pahit.

Morfologi batang srikaya
Batang srikaya berwarna kecoklatan muda pada bagian dalam batang srikaya mempunyai warna kekuninga dan pada bagian ranting berwarna kecoklatan pada bagian kulit pohon srikaya berwarna keabu-abuan pada getah sirsak mengandung racun.

Morfologi bunga srikaya
Pada bunga srikaya adalah bunga yang mepunyai bunga yang tunggal yang bergerombol pendek dan menyamping deng panjang bunga 2,5 cm dan bunga tumbuh pada ketiak daun dan tangkai daun, bunga srikaya mempunyao warna hijau pada bagian bawahnya berwarna keunguan.

Bunga srikaya mempunyai kelopak membujur dengan panjang 1,6 sampai dengan2,5 cm dengan lebar 0.6 sampai 0.75 cm bunaga bagian dalam lebih kecil dari bunga laurnya.

Serbukasari pada bunga ini bergerombo; berwarna putih dengan panjang kurang dari 1,6 cm, dengan putik warna hijau muda pada setiap putik mirip seperti kutil dengan panjnag 1,3 cm sampai dengan 0,6 -1,3 cm yang akan tumbuh menjadi kelopak-kelopak buah.

Morfologi buah srikaya
Buah srikaya adalah buah yang memiliki buah dengan kulit bergelombang dengan ukuran  bulat mempunyai warna hijau muda denga daging buah berwarna putih, buah reikaya mempuynyai rasa manis dan berserat mempunyai biji jarang.


Demikianlah Penjelasan tentang marfologi tanaman srikaya semoga bisa bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool