Cara pembutan pakan ikan mas

Cara pembutan pakan ikan mas
Cara pembutan pakan ikan mas – Biyaya budidaya ikan mas yang sering membengkak sering terjadi kibat biyaya pembelian pakan ikan mas lebih tinggi dari pada hasil panen yang di dapatkan, sebenarnnya hal ini bisa di cegah dengan cara pembuatan pakan ikan sendiri .  bahan – bahan dalam pembuatan pakan ikan mas sebenarnnya sangat mudah di dapat dan cenderung lebih murah dari pada kita beli pakan ikan ynag sudah jadi.

Cara pembutan pakan ikan masBiyaya budidaya ikan mas yang sering membengkak sering terjadi kibat biyaya pembelian pakan ikan mas lebih tinggi dari pada hasil panen yang di dapatkan, sebenarnnya hal ini bisa di cegah dengan cara pembuatan pakan ikan sendiri .  bahan – bahan dalam pembuatan pakan ikan mas sebenarnnya sangat mudah di dapat dan cenderung lebih murah dari pada kita beli pakan ikan ynag sudah jadi.

Bahan – bahan dalam pemutan pakan ikan mas bisa di kelomokkan mendaji 2 yaitu dari tanaman dan hewan bahan dari tanaman seperti contohnnya sayuran segar, daun, bekatul sedangkan dari hewan sendiri contohnnya ikan asin, telur, tepung ikan dan lain-lain, proses pemberian pakan ikan mas seperti ini sebenarnnya sudah sangat populer di kalangan pembudidaya ikan mas yang sudah lama terjun ke dunia ini tetapi untuk kalanga yang belum tau banyak yang masih menggunakan pelet ikan sebagai pakan ikan mas tanpa adannya fariasi makanan dari buatan sendiri itulah yang menjadi penyebab biyaya produksi membengkak tajam.

Pakan ikan mas sendiri kita kelompokkan menjadi 2 yaitu pakakn ikna ma suntuk yang berumur 5 -21 hari  ( Emulii pakan ) dan pakan ikan mas yang sudah dewasa ( Pelet ) :

Pembuatan Emulsi
Pembuatan Emulsi pakan sendiri tergolong mudah kita bisa memantakan bahan –banan di sekitar kita dengan komposisi perbandingan 1 : 1, beberpa metode pembuatannya di antarannya adalah :

1. Siapkan 1 butir telur dan ambil kuning telurnnya kemudan larutkan kuning teur kedalam air yang sudah mendidih sebanyak 200 ml

2. Siapkan tepung kedelai dan tambahkan tepung kedelai kedalam larutan tersebut sebanyak 40 gram.

3.  tambahkan juga sebayak 5 gram tepung sagu

4. Untuk menjaga keseimbagan pangan kita bisa menambahkan vitamin ikan sebayak 1 gram.

Dan kemudian aduk semua campuran tersebut sampai merata, jika semua sudah teraduk rata kita bisa mengguankannnya denngan pemberiannya secara berkala yaitu 6 sampai 8 kali selama sehari.

Pembuatan pelet
Puntuk pembuatan pelet ikan mas sebenarnya juga tidaklah cukup sulit , ada beberapa bahan – bahan yang harus di persiapkan dalam pembuatan pakan ini di antarannya adalah :

1. Gunakan tepung ikan, tepung kedalai dan tepung terigu

2. Capurkan kuning telur kedalam adonan tersebut

3. Tamabhkan juga vitamin ikan sebanyak 1 gram

4. tambahkan air secukupnnya samoai basah

Aduk rata campuran tesebut dan kemudi cetak pelet sesui bentuk yang di ingikan dan keringkan sampai siap pakan. Gunakan sebagai pakan ilkan mas dengan setandar tertentu.

Ada beberapa alternatif lain sebenarnnya yang bisa di pakai untuk penggunanan pakan ikan ini di atarannya pemakaiaan pakan ikan kultur  seperti palnton, cacing dan hewan – hewan lain yang sebenarnnya ini bisa di ambil dari alam dan bisa juga di budidayakan untuk pakan ikan mas.

 Alternatif lain yang sangat ampuh untuk pakan ikan mas adalah  campurkan sekam padi dan kotoran sapi ,aduk hingga rata setelah itu tambahkan juga tetes tebu dan tepung ikan dan kita juga bisa menambahkan karbon sebagai penyerap kandungan racun setelah itu aduk kembali hingga rata bentuk adonan tersebut sesui bentuk yang kita inginkan aplikasikan ini sebagai pakan alternatif untuk pakan ikan mas tersebut dengan menggunakan cara ini masa panen lebih optimal dan bisa lebih cepat tentunny akita akan lebih optimal dalam budidaya ikan mas ini.

 Beberapa aplikasi pakan ikan ini bila di aplikasikan secara benar pasti akan bisa menekan biyaya produksi agar lebih hemat dan menghasilkan ikan secara optimal, semoga Carapembutan pakan ikan mas bisa bermanfaat.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

1 Comment

brb ane coba gan
titip link sekalian fti.gunadarma.ac.id

Balas
Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool