Cara budidaya jamur kuping

Cara budidaya jamur kuping

Cara budidayajamur kupingJamur adalah jenis olahan masakan yang sangat di gemari baik di dalam maupun diluar negri, di dalam negri sendiri potensi akan usaha jamur sendiri cukup menjanjikan ini di karenakan masyarakayt indonesai sendiri sangat menggemari olahan masakan dari jamur, Jmaur kupinn adalah salah satu jenis jamur yang juga sangat di minati yang biasa di gunakan untuk berbagai olahan masakan.

Budidaya jamur kuping tidaklah sulit haya proses yang terbilang lumayan bertele – tele di anggap orang yang awam bahwa proses pembuatan budidaya jamur kuping sulit untuk di lakukan, karena dalam pembuatan media saja dalam budidaya jamur kuping tidak sembarangan di buat di perlukan bahan – bahan khusus yang di buat secara berhati –hati dan di perlukan teori khusus juga. Beberapa tahapan dalam pembuatan medai jamur kuping bisa di lihat sebagai berikut :
Persiapan lahan

Cara budidaya jamur kuping – Jamur adalah jenis olahan masakan yang yang sangat di gemari baik di dalam maupun di dalam negri, di dalam negri sendiri potensi akan usaha jamur sendiri cukup menjanjikan ini di karenakan masyarakayt indonesai sendiri sangat menggemari olahan masakan dari jamur, Jmaur kupinn adalah salah satu jenis jamur yang juga sangat di minati yang biasa di gunakan untuk berbagai olahan masakan.
Pda dasarnya jamur kuping lebih baik di budidayakan yang suhu yang dingin atau didataran tinggi, suhu yang di butuhkan untuk budidaya jamur tiram 22 – 28 derajat selsius dengan kelembapan udara antara 80 – 90% tetapi hal itu bisa di buat dengan penyesuaian.

Pada dataran rendah[un sekarang ini sudah bisa di gunakan untuk pembuatan budidaya jamur tiram yaitu  dengan meyesuikan dengan sujhu yang di harapkan, lahan yang di butuhkan untuk budidaya jamur tidarm denga ukuran 3 m x 3 m x 3 m bisa memuat banglok medai jamur tiram sekitar 5000 – 7000 banglog dengan sistem penataan bertingkat atau seperti rak.
Pembuatan banglok/media tanam

Pencampuran serbuk gergaji
Sebelum di temukan media  yang sekarang sering digunakan untuk menanam jamr tiram  medai yang di guakan adalah kayu karet gloggongan yang kemudian di siram air  secara terus menerus tetapi  tetapi metode ini di anggap kurang praktis dan memerlukan bahan yang khusus yang mugkin sangat susah di cari untuk saat ini, untuk mengganti cara itu kini ada metode yang sudah mulai di terapkan dan sudah di bilang praktis dan hemat yaitu dengan ,menggunakan meadia seperti serbuk gergaji, ampassagu, kardus, pucuk tebu dan lain sebagainya. Namun untuk kali ini kita akan membahasnnnya dengan media serbuk gergai walaupun sebearnnya caranya sama saja dan yang membedakannya hanya medianya saja, berikut adalah penjelasannya :

1. Siapkan serbuk gergaji 100 kg, kapur 3-5 kg, dedak/bekatul 10-15 kg dan air secukupnya

2. Campur menjadi satu kapur dan dedek dan aduk hingga rata hingga terbentuk kita sebut adonan A

3. Adonan A kita campur lagi dengan serbuk gergaji aduk hingga rata selanjutnya kita sebut adonan B

4. selanjutnya proses terahir adonan bi di siram dengan air sampai basah tapi jangan terlalu basah, cara pengecekan gengam gergaji bila di remas tidak mnegelusrkan tetesan air dan bila di lepas gengamannnya serbut gergaji agak menempel

5. Ukur Ph adonan tadi dengan menggunakan kertas PH berntuknnya warna wani bisa di beli di toko kesehatan, PH yang di butuhkan 6,5 tingkat keasaman. Bila belum mencapai tingkat keasaman tambahkan kapur secukupnnya dan bila melebihi tingkat keasaman tambahkan bekatul dan serbuk gergaji secukupnnya, misalnnya saja 7

6. adonan  yang telah tadi tersebut selanjutnnya bisa masukkan plastik PP tahan panas dengan ukuran 17 x 35 x 0,4 biasannya saya menggunakan plastik merek cap wayang.

7. Setelah semua selesai di lakukan tahapan berikutnya adalah proses penguusan sampai mencapai suhu  100 – 101 derajat selsius, gunkan alat pengukur suhu untuk mengetahui tingkat panas yang di hasilkan, biasannya berlangsung pengukusan  4- 8 jam , menurut pengalaman penulis.

9. Setelah pengukusan selesai dinginkan banglok selama satu hari sampai banglok bear beanr dinggin.

10., Masukkan benih jamur kuping ke dalam banglok, benih yang di pakai bila menggunakan jagung cukup berikan 3 jagung saja.

11. tutp benihyang sudah di masukkan baglok dengan menggunakan koran kemudia susun di rak –rak yang udah di persiapkan sebelumnnya.

Pengukusan jamur
Untuk langkah selanjutnnya kita hanya perlu menuggu  sampai jamar tiram tumbuh dan bisa di panen, selalu jaga suhu rungan jamur tiram dengan menyiram lokasi jamur ssesuai suhu yang di harapkan. Untuk meningkatkan nilai produksi gunakan air cucian bberas untuk menyemprot baglok.

Rak jamur
Semoga Carabudidaya jamur kuping ini bisa di pahami oleh para pembudidaya yang akan terjun ke dunia ini. Trimakasih.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool