Pemerintah mengelurkan kebijakan baru dengan impor 400 ribun ton gula dinilai menyengsarakan petani tebu

Pemerintah mengelurkan kebijakan baru dengan impor 400 ribun ton gula dinilai menyengsarakan petani tebu
Kebijakan pemerintah yang harusnnya berpihak pada rakyat nyatannya kebijakan tersebut di nilai  menambah beban rakyat, sebelumnnya pemerintah telah melakukan impor barang- barang dalam bidang pertanian seperti cangkul

INSpirasiPertanian.com – Kebijakan pemerintah yang harusnnya berpihak pada rakyat nyatannya kebijakan tersebut di nilai  menambah beban rakyat, sebelumnnya pemerintah telah melakukan impor barang- barang dalam bidang pertanian seperti cangkul Baca :  Kini merambah ke cangkul target impor pemerintah, melalui China dan Vietnam yang sahrusnnya barang-barang tersebut bisa di produksuksi di dalam negri nyatannya malah mengimpor dan hal itu adalah hal yang sangat merugikan bagi rakyat kecil, sekarangpun dalam hal impor pemerintah mengelurkan kebijakan baru yaitu akan impor gula sebayak 400 Ribu ton  dalam hal ini gula sendir seharusnnya bisa terkecukupi dari produk dalam negeri.

impor ini sanagat merugikan petani tebu yang susah payak berkorban untuk mengelola laha dan nyatannya bukannya pemerintah malah mendukun dengan menambah pelatihan atau hal lain agar petai lokal khususnnya di dalam petani tebu bisa mengelola lahannya bisa lebih baik jutru pemerintah malah mengabil jalan pintas yaitu dengan megimpor gula .

dalam penyampaiaanya oleh anggota komisi VI Fraksi Gerida Abdul wahid, ia mengingatkan bahwa kebijakan impor gula mentah bisa mengakibatkan pengaruh stabilitas politik .

Kasus impor gula ini di nilai akan merusak cita Presiden  dan terkesan presiden di nilai melakukan riberalisasi industri gula, adahal mungkin bukan presidennya yang liberal, tapi menterinya yang liberal bikin kebijakan tidak melakukan koordinasi," katanya dalam keterengan pers (Rabu, 8/2).

Dalam kesempatan ini, Wachid juga mempertanyakan data-data perhitungan produksi, stok, dan kebutuhan gula nasional yang dijadikan pertimbangan Mendag untuk melakukan impor gula mentah.

Menurutnya, selama ini data produksi dan konsumsi gula masih belum jelas. Jika data yang digunakan tak akurat, kebijakan yang diambil pun pasti tak tepat. Selain itu, ia juga mempertanyakan konsistensi pemerintah soal kebijakan impor pangan, dalam hal ini gula.

"Data belum jelas kok Mendag sudah impor 400 ribu ton. Padahal menteri lain bilang produksi gula cukup, nggak perlu impor. Jadi motif impor Mendag ini pun menjadi pertanyaan, apakah impor untuk buffer stock saja atau supaya bisa menguntungkan importir atau produsen gula tertentu," ujar politikus Gerindra ini.

Dalam hal ini Wachid  sangat hawatair dengan kebjakan ini petani tebu yang sanagat di rugikan  yang seharusnnya di perhatikan lebih justru terasa di kucilkna dengan adannya impor gula yang segharusnnya tidak di lakukan dan kalo ada produk dalam negri mengapa tidak menggunakan produk dalam negri guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Dia juga mempersoalkan impor 400 raw sugar atau gula mentah untuk diolah menjadi gula kristal putih oleh perusahaan swasta tertentu untuk selanjutnya dijual sebagai gula konsumsi publik. Karena impor raw sugar itu seharusnya hanya diperuntukkan untuk industri makanan minuman.
""Bukan dijadikan gula putih yang dijual langsung. Kebijakan Mendag ini cenderung menguntungkan pihak swasta tertentu," tandasnya.

Sebelumnya Mendag mengatakan, kebijakan impor gula mentah 400 ribu ton dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gula tahun ini. Dia menuturkan, kuota impor gula tahun ini tidak memiliki batas waktu kapanpun jika terasa produksi di dalam negeri kurang impor bisa dilakukan. Dengan kontrol pemerintah.

"Tahap pertama 400 ribu ton dan dilihat perkembangannya. Paling tidak sekarang Januari tidak mau ada kekurangan konsumsi yang menanggani harga," tegasnya, Senin (16/1).




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool