Cara Budidaya Tanaman Okra Organik

Cara Budidaya Tanaman Okra Organik
Cara Budidaya Tanaman Okra Organik – Okra merupakan jenis tanaman yang masih satu rumpun dengan tumbuhan kapas, nama lati okra sendiri adalah Abelmoschus esculentus Merupakan jenis tanaman yang berbunnga dan buah nya bisa di jadikan bahan olahan sayur mayur jenis tanaman okra sendri mirip sekali dengan tanaman gambas atau onyong namun bentuknnya lebih kecil dari gambas, di indonesia sendiri mungkin belum terlalu populer di banding sayuran yang lain dan penjualnya masih tergolong sedikit kebayakan penjual okra hanya di toko-toko sualayan, mungkin harga yang di tawarkan untuk sayuran okra masih tergolong mahal itu karena masih sedikit yang menjual.


Untuk mencari benih yang berkualitas tanaman okra memang masih tergolong susah kalaupun ada kita bisa mencari di toko-toko online bayak sekali bertebaran ada yang kemasan pabrik atau juga dari hasil pertanian sendiri, okra sendri terdiri dari dua jenis yaitu tanaman okra merah dan tanaman okra hijau peredaaannya hanya terdapat pada warna kulit tetepi khsiat dan rasannya sama saja dan ternnyata tanaman okra ampuh atasi diabetes.

Harga yang masih mahal itu tentu karena beberapa faktor masih jarang yang menjual dan mengapa masih jarang yang menjual tentu pasti masih jarang juga yang bertani tanaman okra. Kalo begitu mengapa petani tidak mencoba menanam okra karena mumpung masih jarang yang menanaman alangkah baiknnya di coba terlebih dahulu. Untuk itu saya akan menjelaskan Cara Budidaya Tanaman Okra agar petani yang ingin mencoba menanam okra bisa sukses. Khasiat Tanaman Okra ternnyata bayak sekali itulah mengapa tanaman okra walaupun mahala masih bayak di buru oleh penikmat okra yang tahu akan khasiat dan rasannya, Beikut adalah penjabaran Cara Menanamnnya :

Pemilihn benih & Persemaian

Benih yang akan di tanam untuk membudidayakannya okra berasal dari biji bisa di ambil dari buah yang baru di panen maupun beli benih kemasan yang sudah di sediakan di toko pertanian baik online maupun online, Bila kita menggunakan benih sendiri sebaiknnya pilih jenis tanaman yang paling sehat dan buah okra sebainnya di tuakan terlebih dahulu sampai mngering.

Setelah pemilihan benih selesai langkah berikutnnya adal proses persemaiaan, Proses persemaiaan bertujuan menghindari resiko kematian di lahan, persemaian bisa di lakukan tanah terbuka yang di buat gundukan pada tanah di campuri kompos dan pupuk kandag dan di aduk menjadi satu perbandinngan tanah ,kompos dan pupuk kandang 1 : 1 : 1 lalu buat gundukan dan tebarkan benih okra kemudian tutupi semaian mnegunakan daun pisang atau di buatkan rumah-rumahan dari plastik.

Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari bila tanah mengering dan kedalam semai 0,5 – 1 cm prose perkecambahan berlangsung 14 - 17 hari. Bila bibit sudah mengeluarkan 4 daun tetap tanaman siap di pindah di lahan.

Penanaman di lahan

Sebelum proses penaman di lahan sebaiknya lakukan pengolahan lahan terlebih dahulu dengan melakukan pembajakan atau mencangkulnnya setelah itu taburkan kohe dan pupuk kompos di gunakan sebagai dasar pemupukan kemudian diamkan selama 2 minggu akar pupuk yang di taburkan meresap ketanah dan fungsi lain untuk menetralisir kohe yang masih panas.

Setelah prose 2 minngu selesai barulah okra bisa di tanam di lahan dengan jarak penanaman 70 x 50 cm yaitu panjag 70 dan lebar 50 setelah melalui masa transplantasi siram tanaman okra tersebut.

Perawatan

Perawatan bertujuan untuk menjaga kondisi tanaman okra agar selalu sehat dan bisa panen dengan hasil yang melimpah, untuk perawatan kita bisa menggunakan pupuk organik cair yang di semprotkan pada tanaman okra dan pemberian pupuk organik bisa di berikan pupuk kompos yang benamkan di samping tanaman okra dengan jarak 10 cm dari batang dan kedalaman 5 cm dan peliharalah kelembapan tanah jagan sampai mengering dan bila mengering lakukan penyiraman secara berkala.



Okra yang siap panen di tandai bentuk buah yang sudah sempurna dan siap di pasarkan. Sayuran okra yang di hasilkan dari penanaman organik tanpa peptisida akan menyehatkan dan memiliki nilai jual lebih tinggi dari pada yang melalui perlakuan kimia,  Semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool