Pengendalian hama dengan sistem Refugia

Pengendalian hama dengan sistem Refugia
Pengendalian hama dengan sistem Refugia
Mungkin sebagian ada yang masih bingung dan asing dengan kata Refugia dan apa fungsi dari metode ini, Metode Refugia adalah jenis pengendalian hama pada tanaman padi dengan cara menanam tanaman lain di sekitar tanaman padi yang fungsinnya dapat menarik seranggga lain, dari serangga ini lah hama tanaman padi akan di matikan oleh serangga-seranga tersebut.

Serangga tersebut nantikan akan menepati tanaman-tanam yang di tanam di sekitar lahan padi dan di jadikan hinggapan selama tanaman tersebut masih hidup, jenis tanaman Refugia tersebut berupa jenis bunga-bunga seperti bunga Pukul empat, Bunga Kenikir, Dan bunga matahari.

Proses penempatannya kita bisa menanam di setiap pinggiran persawahan yang di tanami padi tersebut, dan gunakan ketiga jenis tanaman tersebut untuk mengendalikan hama-hama tanaman padi anda supaya tidak menggagu tanaman padi.

Teknik Refugia lebih tergolong ekonomis dan juga tentu lebih ramah lingkungan dan kesehatan, karena dengan menggunakan teknik ini kita tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang justru merugikan kesehatan kita.

Teknik Refugia sendiri sudah di coba di teliti dan di terapkan Bpk Ir Samijan, M.Sc (Peneliti BPTP Jawa Tengah) jadi jangan ragu untuk mencobanya dan tidak ada salahnya juga tekni ini di coba karena memang tidak memerlukan biaya yang lebih untuk memulai teknik ini.

Hanya yang kita perlukan adalah mencari benih bunga untuk melakukan penanaman tersebut, untuk proses penanaman bisa di lakukan pada saat penanaman padi awal sehingga tinggi tanaman dan umur tanaman dengan padi dan bunga tersebut bisa berimbang dan pada saat padi mulai tumbuh dewasa bunga-bunga dari tanaman Refubia mulai mekar dan itulah yang di butuhkan untuk menarik semua jenis –jenis serangga yang bisa mematikan hama yang menggagu tanaman padi tersebut.

Meski terbilang masih jarang sekali yang mengetahui teknik ini dan juga teknik ini mungkin masih bayak yang enggan mencoba namun sebagai petani tidak salah untuk sekedar mencoba teknik Refugia agar menambah ilmu baru di bidang pertanian.

Demikian tulisan singkat dari saya semoga teknik ini bisa membantu menambah wawasan baru di bidang pertanian.


Dan terakhir ucapan dari saya adalah selamat mencoba dan semoga berhasil.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool