Pengertian Bibit Generatif Dan Vegetatif Untuk Perkembangan Tanaman

Pengertian Bibit Generatif Dan Vegetatif Untuk Perkembangan Tanaman
Pengertian Bibit Generatif Dan Vegetatif
Bibit tanaman merupakan generasi penerus dari pertumbuhan tanaman baru yang di hasilkan oleh masing-masing tanaman tertentu, dalam perkembangannya tanaman sendiri mampu menghasilkan anakan baru baik yang di bantu oleh hewan, manusia dan lain sebagainya.


Tidak semua tanaman mampu menghasilkan anakan sendiri sebagian tanaman dalam proses perkembangannya di bantu oleh hewan contonya lebah madu yang menghisab madu dari tanaman tertentu dan serbuk sari yang menempel pada lebah tersebut nantinya akan menempel pada tanaman lain sehingga menghasilkanlah anakan baru pada tumbuhan tertentu.

Perkembangan tanaman sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu perkembangan bibit Bibit Generatif Dan Vegetatif  yang masing-masing mempunyai tingkat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pengertian Bibit Generatif Dan Vegetatif


A. Pengertian Bibit Generatif


Pengertian Bibit Generatif merupakan bibit yang di hasilkan melalui proses perkawinan, adanya si jantan dan betina pada tanaman tertentu, perkembangan Generatip ini pada dasarnya bisa terjadi pada seluruh tumbuhan namun sebagian tumbuhan penghasil buah akan menghasilkan buah tidak baik bila di dapat dengan hasil bibit generatip.

Perkembangan generatip sendiri di tandai dengan adanya pembuahan dan adanya peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang kemudian di hasilkan zigot dan dari zigot inilah yang nantinya akan menghasilkan individu baru atau tanaman baru.

Perkembangan generatip berlangsung alami dan bisa terjadi has[ir pada setiap tanaman, namun dalam proses perkembangannya secara alami atau bantuan manusia.

Contoh perkembangn Generatip yang bisa di lakukan dengan bantuan manusia adalah pada Proses Penyerbukan Bunga Kurma Betina Dan Kurma Jantan Menggunakan Bantuan Manusia atau pada penyerbukan bunga yang di bantu oleh lebah penghisab madu.

B. Pengertian Bibit Vegetatif


Pengertian Bibit Vegetatif  sendiri merupakan kebalikan dari pengertian bibit generatip yaitu perkembangan bibit yang di hasilkan tanpa adanya proses perkawinan nantinya perkembangan bibit ini di hasilkan tanpa adanya proses  peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
Perkembangan ini bisa terjadi secara alami maupun buatan, berikut contoh dari perkembangan alami maupun buatan.

1. Vegetatif  Alami


Perkembangan Vegetatip alami mempunyai bayak sekali jesnisnya dan proses ini terjadi tanpa adanya campur tangan manusia, berikut adalah :

# Umbi Lapis

Umbi lapis merupakan jenis tanaman yang menghasilkan dari akar tanaman yang berlapis –lapis yang nantinya dari batang tersebut akan menghasilkan bibit baru yang bisa di gunakan sebagai perkembangan biakan tanaman baru, contoh umbi lapis sendiri adalah bawang merah,bawang putih daun bawang dan lain-lain.

# Umbi batang

Umbi batang merupakan jenis tanaman yang bisa menghasilkan buah dari akarnya sendiri, akar tersebut nantinya akan berkembang dan bisa menghasilkan buah, bibit baru yang dihasilkan dari cabang lain nantinya akan bisa di gunakan sebagai bibit untuk menghasilkan buah baru.

# Umbi akar

Tidak jauh berbeda dengan umbi batang, pada umbi akar juga proses berbuahnya tanaman di hasilkan dari akar itu sendiri.

# Tunas

Tunas merupakan tumbuhan yang tumbuh dari batang tanaman bawah yang tumbuh di dalam tanaman, walaupun pertubuhannya di hasilkan dari batang induaknya namun proses pencarian makanan tidak tergantung dari indukannya, contoh tanaman ini seperti pisang, bambu dan lain-lain.

# Tunas Adventif

Tumbuhan ini bisa tumbuhan bahkan bukan dari tanaman yang mempunyai tumbuhan yang bertunas, contoh alami dari tanaman ini merupakan tanaman cocor bebek.

2. Vegetatif  Buatan


Vegetatif buatan adalah jenis pembuatan bibit baru yang di hasilkan dari proses perlakuan manusia, proses ini sering terjadi pada tanaman buah yang fungsinya untuk menghasilkan tanaman sesuai indukannya, proses ini sangat di minati dan cenderung memiliki harga jual yang tinggi karena iita bisa memprediksi buah yang di hasilkan akan mengikuti indukannya. Contoh dari vegetatif buatan adalah :

# Okulasi

Okulasi merupakan jenis pembuatan bibit baru yang dihasilkan dengan mengambil ranting dari tanaman lain yang mempunyai kualitas yang bagus dan di tempel pada batang tanaman lain yang mempunyai kualitas sedang dan nantinya perkembaganya akan mengikuti tunas ranting yang di tempel tersebut, contoh dari tanaman yang bisa di lakukan dengan cara ini adalah durian, mangga, alpukat , jeruk, sirsak dan lain-lan

# Cangkon

Proses pembuatan bibit yang di buat dengan cara menyayat bagian kulit ranting dan kemudian di beri tanah kemudian di  tutup dengan serabut kelapa atau plastik, contoh dari tanaman yang bisa di lakukan dengan cara ini adalah sawo, kelengkeng, jeruk.

# Sambung

Proses ini di lakukan hampir sama dengan okulasi hanya perbedaanya pada batang bawang di potong dan di sambung dengan ranting baru yang di ambil dari indukan tertentu.

# Stek

Stek adalah tekik pembuatan bibit yang cukup mudah yaitu degan memotong ranting pohon dan kemuadian di tancapkan di tanah, contoh tanaman yang bisa di lakukan proses ini adalah singkong, tebu,bunga dan lain-lain.


# Merunduk

Proses ini dilakukan dengan merundukkan bagian cabang tanaman dan di tempelkan ke tanah, pada jenjang waktu tertentu tanaman akan berakan dan nantinya ranting tersebut di potong dan di hasilkan bibit baru, contoh dari tanaman yang bisa di lakukan cara ini adalah, apel, selada air dan anggur.





Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool