Akibat Harga Cabe Yang Terus Menurun, Petani Ini Buang Cabe Hasil Panen

Akibat Harga Cabe Yang Terus Menurun, Petani Ini Buang Cabe Hasil Panen
Siapa sangka harga cabe yang sebelumnya melonjak tajam kini harus terus morosot di dan terus terpuruk di angka harga jual terendah, pembeli tentu di untungkan dengan harga cabe yang murah namun perlu kita tau di balik itu semua tentu para petani cabe yang harus menaggung semua akibat harga cabe yang terus merosot.

Sebelumnya harga cabe di pasaran mencapai harga 90 rb hingga 100 rb lebih kini harga cabe mulai turun mencapai harga sampai 7000 sampai 12.000 per kg nya bahkan di sebagian daerah ada yang sampai mencapai harga 5000 per kg nya.

Petani asal Banyuwangi, Jawa Timur ini rela membuang hasil penenya hingga perton-ton  akibat harga cebe yang terus menurun.

Menurut data yang di ambil dari sumber akun petani tersebut atas nama Sopo iki rela membuang cabe tersebut di karenakan bayak pera pembeli yang tidak mau membeli hasil penen petani dengan alasan yang tidak jelas.



Dalam akun facebook nya ia mengatakan “ Yang buat sambal atau bikin bumbu merah monggo merapat, silahkan ambil gratis tis tis tis........ Mau ambil 1,2,3,4 karung silahkan,


Bila sebelumnya media bayak sekali yang memberitakan mahalnya harga cabe namun beda dengan murahnya harga cabe yang sepi sekali pemberitaan mungkin berita tentang derita para petani akibat murahnya harga cabe kurang menarik.


Cabe memang jenis sayuran yang tidak bisa di prediksi harganya dan tiap bulan dan tahunya selalu berubah-rubah harganya, bila petani tidak mempunyai kreatifitas dalam pengolahan akan berakibat fatal karena harga cabe yang sangat begitu rendah.

Seorang petani juga harus meriset harga pasar cabe sebelum memulai proses penanaman cabe ada baiknya jagan terlalu sering menanam cabe baik di imbagi penanaman tanaman lain setelah panen cabe agar harga cabe tidak merosot tajam.

Petani memang kadang sering tergiur dengan harga cabe yang mahal akibatnya bayak para petani yang ikut menanam cabe akibatnya di bulan berikutnya cabe mulai bayak yang panen, akibat stock cabe yang bayak membuat harga cabe yang semakin turun.

Cara Mengatasi Harga Cabe Yang Terus Melemah

Sebaiknya petani kita harus memiliki cara tersendiri untuk mengatasi harga cabe yang terus melemah ini dan tidak terjadi pembuangan cabe seperti ini, cabe sendiri sebeanarnya bisa di olah menjadi bahan jadi misalnya kita buatkan cabe bubuk, cabe bubuk adalah jenis cabe yang sebelumnya di keringkan dan di haluskan hingga menjadi bubuk, jenis cabe bubuk tentu memiliki harga jual yang cukup tinggi di bandingkan jenis cabe biasa dan tentunya lebih tahan lamadbanding dengan jenis cabe biasa.

Namun jeleknya untuk membuat cabe bubuk memerlukan modal lagi seperti tenaga khususnya dan alat untuk menghaluskan cabe tersebut.

Dan cara lain yang bisa di lakukan untuk mengatasi akibat murahnya harga cabe adalah dengan membuatnya menjadi pestisida organic proses ini tentu tidak mudah cara membuatnya silahkan baca Cara Membuat Pestisida Organik Dari Bahan Alam


 Prosenya memnag cukup susah perlu beberapa tambahan lain selain cabe namun bila di manfaatkan tentunya akan lebih baik dari pada di buang dengan percuma.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool