11 Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus Sawah Yang Harus Di Ketahui

11 Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus Sawah Yang Harus Di Ketahui
11 Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus Sawah Yang Harus Di Ketahui
Tikus merupakan hama tanaman yang sangat sering menggagu para petani. Berbagai cara sering di lakukan oleh petani untuk menagani seangan hama tikus, mulai dari pemberian racun tikus pada lingkungan persawahan, pemberian pagar plastik di persawahan hingga menutup rumah tikus tersebut, berbagai cara ini di lakukan agar serangan tikus tidak mengancam padi ketika padi sudah mulai berbuah.


Sebelumnya kami juga pernah membahas Cara Mengusir Tikus Pada Tanaman Padi Dengan Ramuan Alam pada dasarnya cara ini sama namun ada beberapa tanaman yang tidak masuk di dalamnya untuk melengkapinya saya tulis kembali.

Sama halnya dengan nyamuk yang tidak menyukai beberapa tanaman tikus juga pada dasarnya tidak menyukai jenis tanaman tertentu dan bila ini kita manfaatkan tentunya akan baik untuk petani kita untuk membantu permasalahan tentang hama tikus ini.

Ada beberapa macam tanaman yang tidak di sukai tikus yang bisa kita manfaatkan, beriut ini adalah beberapa penjelasan berbagai macam tanaman yang tidak di sukai tikus.

Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus Sawah

Berikut adalah beberapa tanaman yang bisa kita gunakan untuk mengusir hama tikus sawah yang sering menggagu.

1.  Buah  Bintaro

Pada dasarnya tikus sangat menyukai segala jenis buah namun tidak untuk buah bintara ini, buah bintaro sangat di takuti tikus karena jenis buah bintaro adalah jenis buah yang mengandung racun .
Kita bisa memanfaatkan buah bintaro yaitu dengan cara menumbuk halus buah Bintaro dan di taburkan pada daerah yang sering di lalui tikus, di jamin tikus tidak tidak kembali di lingkungan persawahan anda karena tikus akan mati memakan buah bintaro ini.

2. Daun Mint

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa aroma daun mint sangat tidak di sukai tikus, diri aroma itulah kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus tersebut.

Cara yang bisa kita lakukan adalah yaitu dengan menumbuk daun mintaan kemudian di campur dengan air, peras dan ambil air daun mint tersebut lalu semprotkan air daun ke lokasi yang sering di lalui tikus tersebut aroma khas mentol daun mint itulah yang menyebabkan tikus engan kembali lagi.

3. Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu buah yang banyak mengandung manfaat, memang buah mengkudu memiliki bau yang kurang sedap namun di balik bau itulah mengkudu banyak di manfaatkan oleh manusia untuk mengobati segala penyakit.

Namun dari bau itulah buah mengkudu bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus, tikus sangat tidak menyukai aroma yang di timbulkan dari buah mengkudu, kita bisa memanfaatkan buah mengkudu yaitu dengan menaburkan buah mengkudu yang telah masak di sekitar area yang sering di lalui tikus.

4. Tanaman Yang Berduri

Kita bisa menghalangi jalannya tikus dengan menggunakan batang tanaman yang berduri, caranya yaitu dengan mengambil tanaman tersebut dan letakkan tanaman yang berduri di lokasi yang sering di lalui tikus tersebut.

5. Daun Sirsak

Meski buah sirsak sangat di sukai tkus namun tikus sangat tidak menyukai aroma yang di timbulkan pada daun sirsak, dari aroma tersebut tikus sangat tidak suka.

6. Cabe Rawit

Kita bisa menggunakan cabe rawit yang di tumbuk lalu di campur ke air, dari airnya itulah kita bisa menggunakannya yaitu dengan menyemprotkan cairan tersebut ke seluruh lokasi yang sering di lalui tikus.

7.  Tanaman Patah Tulang

Tanaman ini mungkin jarang di temui, ciri-ciri tanaman ini ialah tidak memiliki daun sama sekali, kita bisa memanfaatkan getah tanaman ini karena getahnya sangat beracun, letakkan tanaman ini di lokasi yang sering di lalui tikus.


8. Cengkeh

Aroma cengkeh bisa kita manfaatkan untuk mengusir tikus, karena tikus tidak menyukainya, taburkan saja ke lokasi tikus yang sering lewat.

9.  Kayu Putih

Kita bisa memanfaatkan daun kayu putih dengan cara menaburkan daun kayu putih yang telah di tumbuk, karena dari aroma inilah tikus tidak suka, atau bila lebih praktis beli saja minyak kayuputih lalu semprotkan di lokasi yang sering di lalui tikus.

10.  Biji Kopi

Sama halnya dengan tanaman lainnya ternyata tikus sangat tidak suka dengan aroma biji kopi walaupun luak sangat menyuakainya.

11.  Bawang Putih

Cara menggunakan bawang putih untuk mengusir tikus adalah dengan cara memotong kecil-kecil bawang putih lalu bungkus dengan kain kasa, letakkan ke bagian-bagian yang rawan tikus.
Demikian adalah beberapa Kumpulan Tanaman Pengusir Tikus Sawah semoga bisa bermanfaat.






Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool