Budidaya Pisang Kepok Kuning Agar Lebih Produktif

Budidaya Pisang Kepok Kuning Agar Lebih Produktif
Budidaya Pisang Kepok Kuning – Pisang kapok merupakan salah satu jenis pisang yang paling banyak di gemari, jenis pisang kapok kuning lebih enak di konsumsi setelah di jadikan gorengan, berbeda dengan pisang-pisang yang lain langsung bisa di konsumi pada saat pisang sudah masak, ada sudah mulai menguning, namun jenis pisang kapok kuning akan terasa lebih enak bila di goreng terlebih dahulu baru bisa di konsumsi.

Selain di jadikan makanan gorengan jenis pisang kapok biasa di jadikan bahan makan yang lain seperti pembuatan kripik pisang, kolak dan lain sebagai nya karena memang jenis pisang kapoklah yang paling di minati untuk di jadikan olahan masakan.

Jika untuk dimakan langsung jenis pisang kapok memang kurang enak namun Jika untuk di jadikan olahan masakan pisang kapok memang rajanya.

Analisa Usaha Budidaya Pisang Kepok

Bagaimana pemasaran pisang kepok ini apakah mudah untuk di serap pasar, jangan khawatir untuk memasarkan pisang kapok, para peminat pisang kapok sangatlah besar berbagai olahan dasar seperti gorengan saja sudah menjamur di pinggir jalan dan rata-rata bahan dasarnya adalah menggunakan pisang kapok kuning.

Belum lagi usaha makanan ringan yang bahan dasarnya pisang kapok kuning seperti kripik pisang rata-rata pembuatan bahan dasarnya memang dari pisang kapok sendiri, peminat akan kripik pisang sendiri saja cukup banyak dan semakin lama justru semakin meningkat. Belum lagi olahan yang lain yang di hasilkan dari pisang kapok juga sangat banyak jadi jangan khawatir jika hasil panen pisang anda tidak habis di serap pasar.

Budidaya Pisang Kepok Kuning

Pisang kapok merupakan jenis pisang yang paling banyak di budidayakan khususnya jenis pisang kapok kuning, walaupun ada jenis pisang kapok lain yaitu jenis pisang kapok putih namun yang paling di cari orang adalah jenis pisang kapok kuning, tidak susah menag untuk membudidayakan pisang kapok ini, pisang kapok bisa hidup dan berkembang biak dengan mudah di semua daerah Indonesia.

Walaupun pengembangan budidaya pisang kapok kuning mudah namun juga jangan sembaranagan untuk membudidayakannya, budidaya yang tanpa teknik juga akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal, untuk itu pada kali ini kita akan membahas teknik budidaya pisang kapok kuning agar lebih produktif dengan metode yang mudah untuk di pahami.

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat

Teknik ini juga yang menjadi tahapan utama untuk membudidayakan pisang agar lebih produktif yang menjadi perhatian adalah berbuah lebat dan tumbuh subur, ada beberapa tahapan yang harus di pahami untuk membudidayakan pisang ini, dimulai dari pemilihan bibit yang baik, proses pembuatan bibit, penanaman hingga sampai perawatan dan proses panen.

Sumber : fb. OurAgriculturalMarket


Teknik yang tidak tepat rasanya akan mustahil untuk mendapatkan tanaman pisang yang produktif dan berbuah lebat, berikut adalah langkah –langkah dalam budidaya pisang.

1. Pembuatan bibit pisang


Sumber : fb. OurAgriculturalMarket

Untuk memulai proses ini saya harap anda mambaca terlebih dahulu artikel kami tentang Teknik Pengembangan Bibit Pisang Konvensiaonal Belahan Bonggol di sinilah proses awal pembuatan bibit yang bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal walaupun prosesnya lebih memakan waktu namun dengan metode ini kita akan lebih menghemat bibit yang kita gunakan, bila pada umumnya satu bibit pisang yang di ambil dari anakan akan menghasilkan 1 saja untuk satu anakan dengan metode ini tentu berbeda.

Untuk satu bonggol yang di ambil dari anakan pisang bisa menghasilkan bibit lebih banyak dan tentunya lebih bagus.

2. Tahapan Penanaman

-  Pengolahan lahan

Untuk penggolahan pengolahan lahan sebaiknya anda melakukan pembersihan area terlebih dahulu, seperti membersihkan gulma dan lain sebagainya. Buat lubang dengan kedalaman 50 cm dan lebar 50 cm setiap lubang di beri pupuk kompos atau kotoran hewan.

Untuk jarak antara 1 lubang dengan lubang yang lain kurang lebih 3 sampai 3,5 m jangan terlalu rapat juga jangan terlalu renggang, buat denga sistem baris dengan membuat gundukan tanah.

Proses penanaman pisang ini bisa di lakukan dengan  sistem tumpang sari pada masa pisang muda bisa di aplikasikan dengan penanaman sayuran yang umur panennya lebih singkat dan lai sebagainya, namun bila pisang sudah mulai panen alangkah baiknya penanaman tumpang sari di hentikan karena itu bisa menghambat proses pembuahannya.

- Metode Penanaman

Penanaman sebaiknya di lakukan menjelang musim hujan yaitu pada bulan-bulan oktober sampai November pada bulan-bulan itu lah masa yang meurut saya sangat tepat, hujan masih belum terlalu banyak sehingga tanaman muda tidak akan mati karena kebanyakan air dan ketika tanaman sudah tumbuh besar hujan sudah mulai lebat.

Penaman bisa di lakukan 2 minggu setelah kompos di tabur pada lubang setelah itu bibit yang sudah di persiapkan sebelunya di masukkan ke lubang tersebut dengan membuang polibek yang menempel pada tanaman setelah itu tutup dengan tanah dan pada bagian atas tabur dengan tanah kompos.


Beri tumpukan jerami pada setipa gundukan pisang untuk menghambat pertumbuhan gulma selain itu jerami juga berfungsi sebagai pupuk kompos organi.

3. Perawatan Tanaman Pisang

Untuk perawatan kita bisa melakukan pengurangan anakan pisang yang telah tumbuh, jagan terlalu banyak anakan yang tumbuh karena itu akan mengurangi hasil panen buah, sisakan anakan pisang 3-4 batang saja dan dalam setiap anakan yang di sisakan usahakan umurnya jangan sama dalam satu kelompoknya. Ketika usia pisang sudah berumur sekitar 5 tahun tanaman bisa di bongkar semua dan di ganti dengan tanaman pisang yang baru ini di lakukan agar ketika terjadi serangan hama tanama tidak bisa menular ke tanaman yang baru.

Pembersihan gulma bisa di lakukan secara rutin seperti pembersihan rumput yang bisa di lakukan dengan cangkul.

Perempelan batang pisang bisa di lakan seminggu sekali agar tanaman pisang bisa lebih cepat tumbuh besar.

Untuk pemupukan kita bisa menggunakan pupuk kompos dan pemberian pupuk kimia juga bisa di lakukan bila itu di rasa perlu, gunakan pupuk urea 207 kg, pupuk fosfat 138 kg, Kcl 608 kg dan batu kapur 200 kg. takaran ini di berikan untuk 1 hektarnya.

Pemupukan bisa di lakukan 2 kali dalam 1 tahunnya dengan menebarkan pada samping-samping pohon dengan jarak 50 cm dan setelah di tabur pupuk di tutup tanah agar bisa cepat terserap tanaman.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool