Cara mudah Budidaya Cacing Sutra Untuk Pemula

Cara mudah Budidaya Cacing Sutra Untuk Pemula
Cara Budidaya Cacing Sutra Media Nampan
Cacing sutra merupakan jenis cacing yang banyak di budidayakan akhir-akhir ini, untuk target penjualan cacing sutra yaitu para pembisnis peternakan ikan, tentu semakin banyak pembuat peternakan ikan semakin banyak juga yang membutuhkan cacing sutra ini.

Untuk harga cacing sutra sendiri relative setabil justru bisa saja naik tergantung dari harga-harga para pembisnis ikan, namun selama ini pembisnis ikan dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan itu yang membuat harga cacing sutra sendir cenderung stabil .

Contoh lain yang membuat semakin menarik untuk membudiayakan cacing sutra ini ialah proses pembudidayaannya tergolong mudah dan tidak memakan modal yang cukup besar.
Untuk budidaya cacing sutra untuk pemula kita bisa menggunakan media nampan untuk membudiayakanya namun bila di gunakan sekala bisnis pembuatannya harus juga besar dan biasanya di buatkan kolam khusus untuk proses pembibitannya.

 Budidaya Cacing Sutra Media Nampan

Cacing sutra sendiri bisa di kembang biakan dengan menggunakan media nampan, tetu cara ini bukanlah cara baru sudah banyak yang menggunakan cara ini, keunggulan menggunakan media nampan tentu kita bisa menghemat lahan walaupun secara hasilnya penggunaan kolam lebih mendapatkan hasil yang lebih besar dari pada hanya menggunakan nampan saja.

Namun untuk yang masih tahap belajar dan memiliki lahan yang sangat terbatas penggunaan media nampan sangat di anjurkan karena lebih menghemat lokasu untuk pembibitan selain itu kita bsia dengan mudah mengecek kondisi cacing sutra tersebut.

budidaya cacing sutra  dengan menggunakan media nampan bisa di gunakan sistem bertingkat yaitu tingkatan 1 , 2 dan seterusnya,pada tingkatan terahir di sediakan bak khusus yang fungsinya untuk menampung aliran air.

Air di alirkan dari atas ke bawah dan setelah tertampung di alirkan kembali ke atas begitu seterusnya, budidaya cacing sutra lebih menghemat air dan obat prebiotic yang di gunakannya. Sistem ini tidak jauh berbeda dengan metode penanaman tambulapot jadi air yang tertampung ke bawah akan kembali di gunakan dan tidak terbuang dengan percuma.

Cara Budidaya Cacing Sutra Media Nampan

Budiaya cacing sutara dengan media nampan bisa di lakukan dengan cara pembuatan susunan yang di buat dari paralon dengan sistem bertingkat, sebaiknya jangan menggunakan kayu, karena kayu akan mengalami pelapukan bila terkena air secara terus menerus karena budidaya cacing sutra sendiri sangat berhubungan dengan air untuk perkembangan hidupnya, gunakan nampan dengan ukuran sedang untuk tempat penampungan cacing sutra sendiri, buat trai sebayak mungkin agar cacing sutra yang di tampung juga lebih banyak.

Syarat hidup cacing sutra

Cacing sutra sendiri memiliki ciri dengan ukuran yang kecil lembut berwarna kemerahan panjangnya antara 1,5-2,5 cm, cacing sutra sendiri tergolong sebagai jenis methos yang hidup di dasar peqairan tawar pada daerah tropis dan subtropics, pada bagian tubuh memiliki ruas –ruas dan memiliki saluran pencernaan. Cacing sutra lebih menyukai daerah dengan perairan jernih dan sedikit mengalir dan pada daerah dasarnya berlumpur dan mengandung bahan-bahan organic yang di butuhkan untuk cacing sutra itu sendiri. Cacing sutra bisa mendapatkan makanan dari sisa bahan-bahan organic yang sudah terurai yang berada pada lumpur-lumpur tersebut.

Cacing sutra sendiri di kenal juga sebagai cacing rambut yang bisa hidup di dalam subtract lumpur pada kedalaman 0 sampai 4 cm pada prinsipnya hampir sama dengan hewan lain seperti ikan dan sejenisnya yang hidup di perairan, Untuk Ph yang di butuhkan untuk perkembangan cacing sutra ini adalah antara 5,5 sampai 8,0 Ph dengan suhu 25 sampai 28 derajat dengan Oksigen terlarut  2,5 sampai 28 ppm.

Debit air yang di butuhkan untuk perkembangan cacing sutra sendiri sedang dengan debit air yang mengalir sangat pelan, bila terlalu kencang nantinya cacing akan terseret aliran air menggigat cacing sutra kecil.

Pembuatan media cacing sutra

Karena pada tahapan ini kita hanya menggunakan nampan untuk proses budiaya cacing sutra yang kita butuhkan hanya nampan sebagai tempat media cacing sutra untuk caranya bisa di buat dengan sistem bertingkat dan pada bagian bawah di beri bak khusus untuk menampung air dan air dari bawah akan di alirkan lagi ke atas, begitu seterusnya.

Setiap nampan yang kita gunakan harus ada endapan lumpur halus yang di lengkapi saluran masuk air dan keluar air tersebut untuk mengalirkan ke saluran berikutnya dengan tinggi bisa di sesuikan.

Pada tempat penampungan juga di beri dedak dan pupuk kandang yang halus kemudian di campur  yang sebelumnya di jemur selama 6 jam sebelum di taburkan ke nampan, beri juga bakteri EM4 sebagai fermentasi pupuk kandang, fungsi ini sangat penting guna menaikkan kandungan N organic dan C organik lebih banyak,hasil fermentasi ini akan menghasilkan makanan makanan organic untuk cacing sutra tersebut.

Pada budidaya cacing sutra modern ada juga yang berhasil membudidayakannya dengan teknik ternak cacing sutra tanpa lumpur namun cara ini kurang efektik dan sudah untuk di lakukan karenaperkembangan hidup cacing sutra sendiri lebih menyukai tempat yang berlumpur selain itu juga cara budidaya cacing sutra di akuarium bisa di lakukan bila ada biaya yang lebih caranya juga tidak jauh berbeda.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool