Hasilkan jutaan rupiah dari sadap getah pepaya

Hasilkan jutaan rupiah dari sadap getah pepaya
Hasilkan jutaan rupiah dari sadap getah pepaya
Selama ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya ternyata getah pepaya bisa menghasilkan  jutaan rupiah, sama halnya dengan daun, batang, akar dan biji semua dari masing-masing bagian memiliki kegunaannya baik itu untuk obat maupun untuk di konsumsi sebagai olahan masakan.

Namun untuk getah sendiri memang terbilang masih cukup awam selama ini getah yang populer yang bisa di manfaatkan adalah getah karet dan damar, melihat dari fakta lain ternyata masih ada potensi getah yang banyak tidak tau fungsinya di indonesia ini, mungkin di luar sana sudah banyak yang mengetahui akan fungsi dari getah karet ini.

Papain ada;ah sebutan dari getah karet yang sudah di sadap, bayak industri-industri besar yang sudah memanfaatkan papain untuk kebutuhan bahan dasar untuk membuat produk-produk yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi, salah satu produk – produk yang menggunakan bahann dasar papain atau getah dari pepaya di antaranya adalah pasta gigi, bahan penggumpal susu pada pembuatan keju bahan pembuatan kue kering seperti cracker.

Dan masih banyak lagi informasi yang di dapat dari getah pepaya lainnya di antara sebagai bahan pembuatan olahan makan papain juga bisa di manfaatkan sebagai bahan pelarut gelati dan pencuci lensa, pada hal-hal lain yang juga memanfaatkan papain ternyata papain juga bisa di gunakan sebagai bahan pelunak daging.

Getah pepaya yang palin bagus adalah getah yang di hasilkan dari buah pepaya bukan dari batang atau daun pepaya, getah karet yang di hasilkan dari batang dan daun memiliki aktivitas proteolitik sekitar 200 MCU/g namun getah yang di hasilkan dari buah sendiri akan menghasilkan lebih banyak yaitu sekitar 400 MC/g.

Hasil papain yang di hasilkan dari buah papaya sendiri bisa menghasilkan sekitar 440 kg/tahun dalam 1 hektarnya.

Penyadapan pepaya bisa di lakukan dengan memilih pepaya yang masih muda jangan yang tua apalagi yang sudah mulai masak karena pepaya yang sudah mulia masak akan lebih sedikit menghasilkan getah berbeda dengan yang masih muda pepaya akan menghasilkan getah lebih banyak.

Getah yang paling muda adalah jenis pepaya yang masih berumur sekitar 2,5 – 3 bulan, sama halnya proses penyadapan getah karet yaitu waktu yang baik adalah pada pagi hari pepaya juga seperti itu, ini di pilih karena pagi hari terik matahari belum terlalu sehingga getah tidak akan mudah mengering, berbeda dengan penyadapan yang di lakukan pada siang hari getah akan mudah mengering karena cuaca yang pas sehingga getah akan mudah mengering, kondisi ini yang mengakibatkan hasil getah yang menetes akan lebih sedikit bila cepat mengering.

Selain pagi hari penyadapan pada sore hari bisa juga di lakukan, namun kita harus bisa melihat cuaca, kondisi yang tidak baik yang di perkirakan malam hari akan turun hujan sebaiknya proses penyadapan tidak di lakukan.

Cara menyadap buah pepaya

Seperti yang di jelaskan di atas penyadapan bisa di lakukan pada pepaya yang masih muda yaitu sekitar umur 2,5 sampai 3 bulan, dan untuk menyadap buah pepaya sendiri kita bisa menorehkan pisau ke buah pepaya secara tipis jangan terlalu dalam dari atas pepaya hingga ujung pepaya, buat garis –garis dengan menggunakan pisau dan pada bagian ujung pepaya di beri wadah agar getah pisa tertampung degan maksimal.

Penyadapan bisa dilakukan sekitar 4 hari sekali, untuk setiap buah yang di sadap maksimal penyadapan hanya boleh di lakukan sebanyak 7 kali setelah itu pilih pepaya muda lainnya dan biarkan pepaya berkembang.

Cara pengolahan getah pepaya

Untuk pengolahan getah pepaya yang sudah kita tampung dari sadapan tersebut langkah berikutnya adalah langkah pengolahannya yaitu dengan membuat enzim papain, pertama kali yaitu dengan melarutkan sulfit kedalam air degan konsentrasi air sebanyak 0,7 %, untuk mempermudah penakaran larutan sulfit  dan getah karet sendiri yaitu dengan cara du hitung perliternya.

Penakaran di lakukan 4 : 1 yaitu 4 untuk , larutan sulfit  dan satu adalah getah pepaya campurkan ke dua baha n tersebut lalu aduk hingga rata, setelah campuran sulfit dan getah tadi telah tercampur lalu tuangkan ke dalam nampan secara tipis dengan ketebalan lebih kurang 1 cm, lalu jemur hingga 8 jam di bawah terik matahari, di perkirakan sampai benar- benar mengering.

Setelah getah tersebut mengering nantinya akan terbentuk serpihan-serpihan agak kasar yang berwarna abu-abu agak kecoklatan, serpihan itu selanjutnya kita tumbuk hingga menjadi sebuah tepug yang halus, setelah itu tepung tersebut bisa di kemas kedalam plastik dan simpan.

Selain bisa di olah menjadi enzim papain getah pepaya juga bisa di mnafaatkan sebagai tepung papain, caranya adalah dengan mengerinkan getah pepaya sealam 12 jam di atas terik matahari. Jemur sampai benar-benar mengering dengan suhu 60 sampai 70 derajat selsium, setelah benar-benar kering getah yang sudah mengering tersebut lalu di tumbuk hingga halus kemudian di saring guna mendapatkan tepung pepaya yang benar-benar jadi.





Admin
Admin Inspirasi Pertanian, Selalu menyajikan Tulisan yang berguna dalam dunia tani semoga bermanfaat.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool