Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai Dengan Menyamarkan Aroma Tanaman

Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai Dengan Menyamarkan Aroma Tanaman
Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai Dengan Menyemarkan Aroma Tanaman
Hama merupakan musuh yang utama bagi petani, sering di lakukan berbagai cara namun hama kadang masih selalu ada dan justru makin bertambah bayak, petani sekarang lebih menyukai cara instan untuk mematikan hama yaitu dengan berbagai insektisida kimia yang sekarang mudah sekali untuk di dapatkan, untuk jangka pendek memang itu sangat efektif untuk membunuh hama yang menggagu tanaman kita, hama akan langsung mati tanpa sisa.

Namun petani tidak menyadari bahwa penaggulangan hama tanaman dengan cara membunuh langsung dengan bahan kimia untuk jangka panjangnya justru akan tidak baik untuk lingkungan juga untuk yang mengonsumsinya , hama yang di lakukan penyemprotan lama kelamaan hama akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan di sekitar, yang terjadi kekebalan diri akan lingkungan hama tersebut justru akan meningkat dan itu tentu berdampak pada tidak mempannya penggunaan bahan insektisida kimia tersebut untuk membunuh hama.

Maka nya jangan heran bila ada seorang petani menyemprot hama justru hama tidak ada yang mati itu terjadi akibat adanya kekebalan tubuh yang semakin meningkat pada hama tersebut, lalu bagaimana agar hama mati ? ya tentu dosis yang di pakai untuk penanggulangan hama tersebut harus di tingkatkan lagi, bila itu terjadi berulang-ulang dan dalam waktu Yana akan lama mungkin 20 atau 30 tahun lagi hama tersebut lama ke lamaan akan tidak akan bisa di bunuh dengan insektisida apapun karena tingkat kekebalan tubuhnya sudah maksimal.

Penggunaan insektisida yang berlebihan juga sangat tidak baik untuk yang menyemprotkan ke hama atau petani juga bagi yang mengonsumsinya karena itu merupakan larutan kimi yang sangat tidak menyehatkan untuk tubuh kita, apalagi bila bahan kiminya dengan dosis yang berlebihan, hama tidak mati yang ada yang mengonsumsinya yang keracunan.
Lalu bagaimana cara mencegah hama tanaman ?

Pencegahan hama tanaman yang baik adalah dengan cara pencegahan agar jangan sampai hama tersebut masuk ke tanaman kita, yah tentu kita sebisa mungkin agar tanaman kita tidak di dekati oleh hama tanaman yang akan merusak tanaman cabai kita, lalu dengan cara apa kita bisa melakukannya ?
Untuk kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencegah hama tanaman cabe yaitu dengan menyamarkan aroma tanaman agar hama tidak mendekat lagi ke tanaman tersebut.

Mengapa saya menggunakan cara seperti itu ? hama sangat menyukai jenis aroma yang sama contoh saja kita menanam cabai hama sangat suka dengan aroma tanaman cabai maka dia kan menyerang tanaman tersebut karena aroma itu yang dia suka, nah agar hama tidak lagi menyukainya kita bisa membuat agar aroma tanaman cabe berbeda dengan yang biasanya dengan bahan-bahan tertentu yang bisa kita buat sendiri.

Repelen merupakan jenis ramuan insektisida yang bisa di gunakan yaitu dengan menggunakan minyak sereh sebagai bahan dasar untuk menyemarkan aroma tanaman cabai tersebut, karena nanti minyak serai di campur dengan air sedangkan minyak serai tidak bisa menyatu dengan air maka di perlukanlah bahan-bahan lain agar minyak serai bisa di aplikasikan dengan baik untuk di gunakan sebagai penyamar aroma tanaman cabai tersebut.

Lalu bagaimana cara memformulasi miyak serai tersebut ?

Berikut adalah bahan-bahan yang di gunakan untuk mengaplikasikan minyak serai dengan bahan lain agar minyak serai nantinya bisa di gunakan dengan maksimal.

Bahan –bahan

Bahan-bahan yang di gunakan ini nantinya akan menghasilkan ramuan minyak serai sebayak 1 liter minya serai yang sudah menjadi ramuan tersebut.

- minyak sereh    400 ml
- Np10      250 ml
- aseton / tiner c ( nama lain aseton) 50 cc
- xylene   350 cc

Cara pembuatan

1. cara pertama yaitu dengan mencampurkan larutan minyak serai sebanyak 400 mili tersebut dengan campuran  Np 10 sampai tercampur sepenuh nya hingga benar-benar merata.

2. setelah 2 bahan tersebut tercampur hingga rata kemudian masukkan campuran yang berikutnya yaitu dengan mencampukan bahan aseton dan aduk hingga benar-benar rata.

3. langkah terahir yaitu dengan mencampurkan bahan yang telah rata di campur lagi dengan larutan yang terahir yaitu di campur dengan Xylene atau tinner dan aduk hinngga benar-benar rata dan aduk sampai berwara kuning jerami.

Maka jika semua sudah slesai larutan ini sudah bisa di gunakan untuk mencegah hama tanaman cabai agar tidak datang ke tanaman cabai kita.

Cara penggunaan

Lalu bagai mana cara penggunaan agar larutan ini bisa bekerja dengan maksimal agar hama tanaman tidak datang ke tanaman cabai kita, caranya yaitu dengan mencampurkannya dengan air 1-2 cc per liter air dan semprotkan pada tanaman, gunakan bahan-bahan ini dengan melakukan penyemprotan selama 7 hari sekali.

Insektisida ini bisa mencegah segala jenis hama seperti hama trip, kutu daun,tungau dan berbagai jenis hama tanaman yang sering menggagu.

Aplikasi insektisida buatan ini bisa di gunakan untuk segala jenis tanaman untuk hama tanaman yang kerap menggagu bukan hanya untuk tanaman cabai saja.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk petani kita, selamat mencoba.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool