Cara Membuat Tauge Gemuk Dari Kacang Hijau

Cara Membuat Tauge Gemuk Dari Kacang Hijau
Cara Membuat Tauge Gemuk Dari Kacang Hijau

Touge adalah jenis sayuran yang di hasilka dari biji – bijikan, tougek yang populer d buat dari kacang hijau walaupun ada jenis lain yang banyak juga di gemari yaitu di buat dari kacang kedelai, tougek dari kacang hijau lebih banyak di sukai oleh semua kalanga, tougek sendiri konon katanya sangat bermanfaat untuk menambah kesuburan yaitu dengan mengkonsumsi tougek.

Banyak sekali dari member inspirasi pertanian yang meminta untuk membuatkan cara pembuatan tougek yang gemuk dan besar- besar untuk itu saya sekarang akan membuatkan tutorial tersebut di harapkan prosesnya nanti bisa di terapkan dengan baik.

Banyak sekali para pencinta tougek yang ingin mencoba untuk membuat tougek sendiri namun gagal, ada salah satu yang bercerita kepada saya bahwa ia telah mencoba membuat tougek namun gagal, saya bertanya ke agan terrsebut, bagaimana kok bisa gagal ? Ia menjelaskan bahwa ia telah merendam kacang hijau hingga beberapa hari,semual mata dari benih kecambah tersebut tumbuh lalu tiba –tiba mati dan membusuk.

Saya disini hanay bisa menjabarkan pembuatan tougek yang baik bukanlah di masukkan ke air dan sampai menunggu tougek itu tumbuh namun itu merupakan hal yang salah, bukannya tougek yang tumbuh yang ada malah membususk akibat kebanyakan air seperi kasus yang barusan saya bahas.
Untuk lebih memudahkan dalam pembuatan tougek gemuk berikut ini saya akan bahas proses pembuatannya sampai aktir agar mudah untuk di mengerti.

A. Alat dan bahan :


-  Kacang ijau

- Air dingin

- Wadah plastik

- Saringan

-Jjaring kawat

- Plastik warn hitam

- Ember

- Kain lap

B. Proses pembuatan



1. Pertama –tama masukkan kacang hijau kedalam wadah lalu masukkan air dinggin dan rendam kurang lebih hingga 12 jam, ingat hanya 12 jam.

2. Langkah selanjutnya yang perlu di lakukan adalah membuat tempat untuk proses perkecambahan kacang hijau.

3. Buat susunan bertingkat di dalam ember pada bagian bawah di isi dengan air, lalu atasnya di beri kawat gunanya untuk tempat kacang hijau  agar tidak menempel langsung pada air.

4. Pada lapisan yang berikutnya beri alas dengan menggunakan kain atau semacamnya, lalu beri kain strimin atau kain saringan.

5. Lapisan berikutnya taburkan kacang hijau yang telah di rendam tadi di atasnya, lalu tutup dengan kain strimin dan taburkan lagi di atasnya kacang hijau, buat susunan seperti itu hingga 4-7 tingkatan di dalam ember.

6.pada tingkatan terahir beri kain strimin dan di atasnya di beri kain dan berikutnya ember bisa di tutup ember, lalu tutup degan [latik ember tersebut secara keseluryhan sampai kecambah gemuk dan bisa siap di panen.

Proses perkecambahan ini bisa berlangsung hingga 4-7  hari dan selalu cek dengan membuka ember agar kita tidak telat dalam memanennya.

Pemanenan bisa di lakukan ketika tougek bisa tumbuh degan maksimal dan siap untuk di pasarkan berikutnya.

Pada waktu proses perkecambahan  sebaiknya penempatannya di tempatkan tempat yang lembab , dan penyiaman juga perlu di lakukan agar tougek pada bagian atas dan tengah bisa terkena air .
.
Proses pemanenan usahakan jangan lagi terkena air karena itu akan menyebabkan tougek membusuk.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool