Budidaya Cengkeh Hingga Proses Penanaman Yang Benar

Budidaya Cengkeh Hingga Proses Penanaman Yang Benar
Budidaya Cengkeh Agar Cepat Berbuah
Cengkeh adalah salah satu jenis tanaman rempah-rempah, dahulu cengkeh sejak awal munculnya dalam perkembangannya selalu di rebutkan oleh bangsa asing karena cengkeh sendiri memiliki banyak sekali manfaat, sehingga tidak heran cengkeh selalu di perdagangkan via ekspor keluar negri.
Di negeri kita cengkeh bisa hidup dengan subur dan menghasilkan bah atau bunga yang memiliki kualitas terbaik, di negara kita sendiri cengkeh tersebar di seluruh penjuru tanah air, mulai dari Sulawesi, sumatra, jawa dan berbagai daerah lain.

Meski cengkeh saat ini kurang begitu pupuler di dalam negri namun harga cengkeh senidi masih cukup baik dan penjualanyapun di ekspor ke negara-negera lain.

Untuk budaiaya cengkeh kita harus tahu dataran yang cocok untuk cengkeh sendiri, cengkeh sangat cocok di kembangkan pda lokasi yang panas serta curah hujan yang cenderung merata denga kisaran suhu hingga 22 sampai 30 deraja celcius curah hujan mencapai 1500 – 4500 mm pertahunnya.
Dan cengekeh tidak di anjurkan di tanaman di lokasi yang memiliki angin cukup kenang karena itu dapat menumbangkah cengkeh, sedangkan cengkeh adalah jenis tanaman yang memuliki ukuran ramping tinggi.

Budidaya Cengkeh Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa cara untuk memulai budi daya cengkeh agar cepat berbuah, cara ini harus di lakukan secara benar agar budaiaya yang di lakukan dari awal bisa berjalan baik dan cepat berbuah dan tentunya mengghasilan buah yang baik, berikut ini adalah penjelasannya.

Persiapan bibit cengkeh
Untk memulai persiapan bibit cengkeh agar menghasilkan bibit yang berkualitas maka di lakukanlah penyemaian sebelum di tanam di lahan, penyemaian di lakukan dengan terlebih dahulu yaitu dengan memilih bibit cengkeh yang memiliki kualitas yang bagus yaitu di tandai dengan warna pada buah kuning muda sampai unggu kehitaman.

Setelah mendapatkan bibit yang di cari, kupas kulit buahnya jangan sampai terluka, rendam biji tersebut sampai 24 jam, seteah itu cuci benih sambil di gosok-gosok di dalam air tersebut lalu bilas air, lakukan cara ini 2 sampai 3 kali hingga bersih dan tidak ada lendir.

Buatlah media yang baik untuk penyemaiaan yaitu tanah, kompos, merang dan sekam padi dengan perbandingan 2 , 1 , 1, 1 lalu aduk hingga rata, setelah pembuatan medai selesai lalu aduk jadikan satu dan masukkan ke polibek.

Penyemaiaan di lakukan tidak terkenan matahari langsung baiknya atasnya di beri trimig atau yang lainnya. Pemindahan di lahan sekurang-kurangnya 6 bulan – 1th hinngaa cengkeh sudan tinngi kurang lebih 50 cm – 1m barulah bisa di pindah ke lahan.

Proses penanaman
Untuk penanaman cengkeh yang baik setelah masa persiapan bibit telah hampir selesai di lakukan langkah ke 2 adalah dengan membuat lubang dengan dalam 50 cm dan lebar 1 kemudian pada bagian dari lubang di beri pupuk kandang tutup degan tanah dan diamkan selama 1 minggu bar cengkeh siap di tanam di lubang tersebut, tutp rapat bagian atas dengan tanah humus stelah bibit di tanam.

Perawatan cengkeh
Perawatan pada cengkeh tentu sangat menunjang keberhasilan, perawatan di lakukan dengan membersihkan gulma di sekitar pohon cengkeh sendiri. Perawatan di lakukan degan rutin pada usia 1-4 tahun. Pembersihan gulma harus secara rutin dan pemberian pupuk secara rutin di lakuka 2 tahun, pemberian dilakukan dengan tahapan 1 bulan sekali.

 Pemupukan di mulai dari pupuk NPK Grand – 15 sebanyak 1,5 kg. Pemupukn di lakukan dengan cara membenamkan pupuk ke tanah pupuk yang di gunakan hars yang memiliki kandungan Nitrogen, Phospor, dn kalium .

Bagi anda yang ingi budi daya cengkeh silahkan di mulai dairisekrang.







Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool