Budiaya Bebek : Ternak Bebek Pedaging Raup Untung Berlimpah

Budiaya Bebek : Ternak Bebek Pedaging Raup Untung Berlimpah
Budiaya Bebek : Ternak Bebek Pedaging Raup Untung Berlimpah
Bebek adalah salah satu jenis hewan yang sangat di gemari baik dagingnya maupun telurnya, kita lihat saja penjual bebek saat ini menjamur di mana-mana dengan berbagai merek para warung makan menawarkan menu spesial daging bebek ini, memang sudah tidak bisa di pungkiri jika daging bebek adalah menu makanan yang cukup lezat dan sangat melekat di lidah orang kita.

Hampir semua orang Indonesia menyukai akan kelezatan daging bebek ini, kebutuhan akan daging bebek memang tiap hari kian meningkat di iringi dengan kurangnya lahan untuk beternak bebek, untuk beternak bebek sendiri tidak bisa asal-asalan harus ada lahan khusus agar bebek bisa hidup  dengan nyamana dan tidak mudah stres, bebek yang stres akan mudah mati dan dagingnya menjadi khusus.

Pemilihan bibit
Salah satu tips yang saya akan bagi kali ini adalah budi daya bebek untuk pedaging terlebih dahulu, yaitu yang akan kita manfaatkan adalah dagingnya bukan telurnya, jika anda ingin memelihara bebek yang mempunyai kualitas yang bagus tentu tidak bisa instan, bebek mudah mati dan susah sekali beradaptasi jika yang kita pelihara adalah bebek yang sudah dewasa, untuk itu jika anda ingin memuli bisnis ini langkah awal untuk memulinya adalah carilah bebek yang masih anakan atau di sebut juga dengan itik, memelihara itik akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang akan di kembang biakan menjadi bebek pedaging.

Pembuatan kandang
Jika anda sudah memiliki calon bibit yang anda akan budi dayakan tahap berikutnya adalah buat tempat yang nyaman untuk bebek tersebut.

Bebek adalah jenis hewan yang suka sekali dengan air apalagi yang sedikit berlumpur, bebek suka sekali mandi untuk itu bila anda mau memelihara bebek yang harus anda lakukan buatkanlah kolam secukupnya paling tidak ukuran 2 x 3 meter untuk standar bebek 10 ekor jika bebek lebih banyak sebaiknya lebih di lebarkan.

Buatkan rumah-rumahan yang di bawahnya di taburi sedikit jerami yang fungsinya sebagai alas bebek tersebut agar bisa selalu hangat, fungsi jerami juga bisa di gunakan sebagai alas telur-telur bebek yang ketika bertelur.

Pembuatan pakan bebek
Makan utama bebek di alam adalah ikan dan biji –bijian sedangkan bebek yang sudah di budi dayakan makanan akan mengikuti apa yang di berikan, agar bebek yang kita pelihara dapat terjaga kesehatannya gunakanlah makan-makan yang memiliki mutu dan gizi terjamin, berilah makanan harian seperti sisa nasi di campur degan bekatul yang kemudian di aduk rata, dan sebisa mungkin setiap 1 minggu sekali beri makan yang mengandung ikan, beri ikan kecil-kecil pada campuran makanan bebek atau bisa juga hewan lain yang memiliki bau amis seperti keog atau kotoran ikan yang di dapatkan dari pasar.

Beri juga suplemen tambahan yang bisa di dapatkan di toko-toko perternakan agar kondisi bebek bisa selalu terjaga dan memiliki nilai lebih untuk penjualannya nantinya.

Perawatan bebek
Walaupun bebek suka sekali tempat yang lembab namun bukan berarti tempat yang lembab itu kotor, sisa –sisa makan harus selalu di bersihkan agar tidak menimbulkan semut atau bakteri lain yang menyebabkan bebek menjadi sakit, bersihkan sesering mungkin agar kandang bisa selalu bersih dan memberi efek nyaman pada bebek.

Bila lahan anda dekat lokasi persawahan atau kali, keluarkan bebek tersebut ke lokasi terbuka, atau istilahnya anggon bebek, karena dengan begini bebek akan menjadi nyaman, bila ada lokasi persawahan yang usai habis panen kita bisa melepaskan di sana agar bebek bisa hidup dan makan sepuasnya.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool