Budiaya Jahe Dengan Hasil Maksimal

Budiaya Jahe Dengan Hasil Maksimal
Budiaya Jahe Dengan Hasil Maksimal
Siapa yang idak mengenal akan jahe ini, salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang sudah populer dari zamannya penjajahan hingga saat ini, tanaman jahe sering di gunakan sebagai minuman penghangat badan, karena dari zat yang di timbulkan dari jahe sendiri sifatnya menghangatkan itu sebabnya jahe sering di gunakan sebagia ramuan berbagai minuman dengan tujuan menghangatkan badan.

Jahe sendiri bayak di gunakan dengan berbagai minuman rasa ada yang di buat kopi jahe, wedang jahe, bandrek, bir pletok dan tentunya masih banyak agi yang menggunakan bahan-bahan dari jahe ini.

Jahe adalah jenis tanaman yang saat ini bayak di buru baik sekala kecil sampai besar, baik lokal maupun ekspor dengan tingkat kebutuhan yang cukup tinggi, jahe sediri bisa tumbuh pada ketinggian 0- 2000 m.dpl sehingga tentu sangat mudah untuk membudidayakan jahe ini.
Budiadaya jahe bisa di tempatkan dalam polibak maupun langsung di tempatkan di lahan, bila anda ingin memulai budi daya jahe kita bisa memulianya di halaman rumah dan bila di rasa menguntungkan bisa di tempatkan yang lebih luas yaitu di ladang.

Meski jahe untuk sekarang ini banyak di cari namun tidak banyak petani yang mencoba budidaya jehe ini entah apa yang menyebabkan petani enggan budidaya jahe ini, mungkin karena pasar terbesar jeh ini di pegang para eksportir jadi petani kesulitan untuk menyalurkannya.

Untuk modal yang di perlukan sebenarnya tidak begitu banyak kita hanya butuh bibit jahe yang di ambil dari jahe itu sendiri kemudian di tebar di polibak atau di lahan, proses pembudidayaan sendiri tidak memerlukan perawatan yang ckup besar.

Budi daya jehe dengan cara mudah

Budidaya jahe tentunya membutuhkan tahapan agar berhasil dengan maksimal walaupun pada dasarnya budi daya jahe mudah namun tetap menggunakan aturan agar hasilnya lebih maksimal, sebelum memulainya ada baiknya anda tahu syarat tumbuh tanaman jahe agar budi daya yang telah di lakukan berhasil dengan maksimal. Syarat tumbuh yang perama adalah.

Tanaman jahe memerlukan setidak-tidaknya 2500-400 mm/thn dan pada umur 2.5-7 bulan jahe  atau tanaman jahe harus mendapatkan sinar matahari full dari pagi sampai sore,suhu yang di butuhkan untuk penanaman ini adalah 20-35.

Persiapan bibit jahe
Untuk menanam jahe sebaiknya jahe di lakukan proses penyemaian dan sudah bertunas hingga 5-10 cm namun bila di anggap terlalu lama boleh juta langsung di tabur ke lokasi pembibitan
Proses penyemaian jahe dilakukan selama 1-1.5 bulan, lakukan pemotongan jahe pada setiap ras ruas jahe agar bibit bisa menghasilkan lebih banyak. Kemudian setelah itu lanjutkan proses penanaman di lahan atau polibak.

Penanaman jahe
Untuk prose penanaman dalam percobaan ini menggunakan karung atau polibak yang di beri beberapa campuran media seperti kohe, tanah dan jemari yang kemudian di aduk jadi satu dan masukkan di polibak.

Setelah bibit siap usai di semai barulah jahe di masukkan di dalam media yang sudah di siapkan tadi, karung yang saya gunakan adalah ukuran 40 x 100 cm. Bibit jahe di tanam pada kedalaman tertentu 3-5 cm di dalam karung tersebut.

Perawatan
Tahapan perawatan dalam budi daya cabe ini sebenarnya tidak cukup sulit yang kita perlu pertama adalah dengan melakukan penyiraman secara teratur, beri pupuk organik secara rutin pada tanaman jahe agar lebih tambah subur.

Lakukan penyiangan guna membasmi gulma yang membuat perkembangan jahe cukup sulit dan juga dapat dapat merusak tanaman jahe tersebut.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool