Bonggol Pisang : Bahan Murah Pembuat MOL , Begini Caranya Pembuatannya

Bonggol Pisang : Bahan Murah Pembuat MOL , Begini Caranya Pembuatannya
Bonggol Pisang : Bahan Murah Pembuat MOL , Begini Caranya Pembuatannya
Sebelum kita mempelajari bagaimana teknik pembuatan mol yang di buat dari bahan bonggol pisang ada baiknya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu yang di maksud dengan MOL itu sendiri , MOL bisa di artikan sebagai sebuah bahan yang berbentuk cairan yang biasanya di gunakan sebagai campuran tambahan agar mempercepat proses penguraian yang biasanya di gunakan dalam pembuatan pupuk organic, kita ambil contoh saja bila kita membuat pupuk organic dengan di campurkan mol ini akan lebih cepat terurai menjadi pupuk dengan waktu yang cukup singkat di bandingkan kita tidak menggunakan Mol
.

Manfaat dan fungsi Mol

Berikut ini adalah uraian singkat akan fungsi dari Mol sendiri menggapa Mol harus di buat.

1. Mol bisa di gunakan sebagi  pupuk cari untuk tanaman.

2. Untuk  starter pembuatan kompos atau mempercepat proses penguraian pupuk kompos dalam pembuatannya.

3. Sebagai ZPT (zat pengatur tumbuh) yang sangat baik untuk tanaman.

4. Untuk di gunakan sebagai pengurai atau "Pabrik Pupuk" sehingga unsur hara dalam tanah dapat diserap oleh akar.

Dan banyak lagi fungsi akan Mol ini untuk tanaman, alangkah baiknya bisa di buat sendiri hingga mendapatkan mol yang baik.

Itulah pentingnya Mol, namun mol juga sebenarnya bisa di gunakan juga sebagai pupuk pada tanaman, dan ini sangat bagus sekali, Mol bisa di buat sendiri walaupun sebenarnya sudah ada yang jadi yang siap pakai namun kebanyakan dari campuran bahan kimia sehingga sebenarnya kurang baik, namun dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa kita manfaatkan dari alam sebenarnya kita bisa membuat sendiri.

Nah pada kali ini inspirasi pertanian akan sedikit mengulas bagaimana cara pembuatan Mol dengan menggunakan bonggol pisang sebagai bahan utamanya. Mengapa saya menggunakan Bonggol pisang ? sebenarnya banyak sekali bahan-bahan lain yang bisa kita gunakan namun untuk bonggol pisang memang memiliki keistimewaan tersendiri untuk di gunakan sebagai pembuatan Mol salah satunya bonggol pisang mengandung ZPT giberelin dan sitokinin dan banyak lain nya, dan juga bonggol pisang yang di buat Mol mengandung 9 zat mickroorganisme yang sangat baik untuk tanaman.

Cara Pembuatan Mol Dari Bonggol Pisang

Berikut ini adalah proses cara pembuatan Mol dari bahan bonggol pisang yang bisa di praktekkan langsung di rumah dengan bahan tentu mudah sekali di dapatkan di mana saja.

Bahan-bahan 
a. Bonggol Pisang = 10 Kg

b. Air Kelapa = 10 Lt

c. Air Leri / Air Cucian Beras = 10 Lt

d. EM4 ½ Lt Atau Bioboost 200 cc

e. Gula pasir Atau Gula Merah Atau juga Molase = 1/2kg

Proses pembuatan
Setelah bahan- bahan tersebut kita dapatkan selanjutnya adalah proses pembuatan Mol dari bahan bonggol pisang, berikut adalah cara pembuatannya :

- Pertama adalah ambil bonggol pisang yang telah kita siapkan tadi parut semuanya atau bila sudah memarutnya bisa juga dengan menumbuknya atau memotong sampai ukuran kecil –kecil intinya bonngol pisang tersebut sampai hancur menjadi sebuah butiran kecil yang selanjutnya di olah menjadi Mol.

- Langkah 2 adalah siapkan drum besar yang ada tutupnya kemudian campurkan semua bahan- bahan di atas seperti air kelapa, air leri, EM4 dan terakhir bonggol pisang tersebut. Setelah semuanya tercampur menjadi 1 aduk rata sampai semuanya benar-benar tercampur menjadi 1 kesatuan.
Drum yang di gunakan untuk pembuatan Mol ini jangan sampai terisi penuh, beri ruangan hampa udara, di beri ruangan setidaknya ¼ nya.

- Langkah ke tiga adalah tutup drum tersebut hingga rapat. Setiap harinya sesekali buka Mol tersebut aduk-aduk hingga rata

- Setelah sekitar 15 hari berlangsung Mol sudah siap untuk di gunakan sebagai campuran pembuatan pupuk organic atau langsung di gunakan sebagai pupuk.

Cara menggunakan
Setelah melakukan proses pembuatan tentu yang perlu di ketahui adalah bagaimana cara pemakaiannya dan Dosis yang di gunakan untuk di gunakan sebagai pupuk penyubur tanaman, untuk cara pemakaian kali ini saya akan menjelaskan untuk di gunakan sebagai penyemprot tanaman dan proses kocor pada tanaman.

Untuk penyemprotan pada tanaman gunakan air bersih sebanyak 15 liter yang di campur dengan Mol yang kita buat tadi sebanyak 500 cc, sedangkan untuk proses kocor pada tanaman kita bisa menggunakan dengan dosisi 1Liter Mol dengan air bersih sebanyak 15 Liter.

Untuk proses pengurai bahan dalam pembuatan pupuk organic kita akan membahasnya pada artikel yang lain dengan langkah-langkah yang cukup panjang sehingga sangat tidak memungkinkan untuk di bahas dalam artikel ini.



Semoga artikel ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool