Cara Pembuatan Pupuk N.P.K Organik

Cara Pembuatan Pupuk N.P.K Organik
Cara Pembuatan Pupuk N.P.K Organik
Pupuk NPK atau kepanjangan dari nitrogen, fosfor, dan kalium adalah jenis zat yang sangat di butuhkan tanaman, pupuk ini bisa berupa padat dan cair, pupuk NPK di buat karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman yang kurang akibat beberapa hal.


pada dasarnya kandungan pupuk npk sudah ada di dalam tanah namun karena sering di gunakan untuk menanam dan beberapa hal lama kelamaan kandungan tersebut akan habis makanya di buatlah pupuk yang namanya NPK.

pupuk ini sebenarnya mudah sekali di cari di toko- toko pertanian, namun pupuk tersebut di buat dari bahan - bahan kimia yang kandungannya di buat agar memenuhi unsur NPK, dalam jangka pendek memang baik untuk tanaman, tanaman akan subur dan berkembang dengan cepat karena keperluan gizi dan lain lain terpengaruhi karena pupuk NPK buatan.

namun untuk jangka panjangnya yang namanya pupuk kimia tidak ada yang baik, karena pupuk kimia akan merusak tanaman, semakin kita memberi pupuk kimia dosis yang di berikan lama kelamaan akan meningkat, dan lama kelamaan tanah akan rusak dan tidak akan bisa lagi di tanami.
kerusakan penggunaan pupuk kimia justru akan fatal karena tanaman tidak bisa tumbuh subur lagi di lahan yang sudah rusak akibat pupuk kimia.

sebenarnya ada cara aman untuk menghindari hal tersebut, Pupuk NPK bisa di buat sendiri dari bahan - bahan alam yang di olah menjadi pupuk yang memiliki kandungan NPK.

Cara Membuat Pupuk NPK Dari Alam

Kali ini saya akan menjelaskan proses pembuatan pupuk NPK, dalam pembuatanya di bagi emnjadi 3 bagian lalu bila sudah jadi barulah di gabung.

Pembuatan unsur N ( Nitrogen )

Bahan - bahan

- Air kelapa tua  : 100 ltr

- gula pasir : 2 kg,

- MA 11 kmd  : 1 ltr

Pembuatan :

 Masukkan bahan - bahan tersebut ke dalam wadah seperti drum yang ada tutupnya setelah di masukkan semua tutup rapat selama 7 hari, proses ini berfungsi untuk fermentasi pembuatan pupuk buatan.

Biasanya bila pembuatan pupuk berhasil bau baha akan menyengat sekali ketika di buka, sesekali bisa di buka selama proses fermentasi di lakukan untuk pembuangan gas yang ada dalam drum tersebut.

Proses pembuatan unsur P ( Posfor )

Bahan- bahan

-  Gedebok pisang atau batang pisang  : 50 kg

- gula pasir : 1 kg

- air : 100 liter

- MA 11 :  1 liter

Pembuatan :

Pertama -  tama cacah sampai halus gedebok pisang tersebut kemudian masukkan ke dalam tong besar yang ada tutupnya, masukkan juga bahan- bahan tadi menjadi satu, tutup hingga rapat guna fermentasi selama kurang lebih tuju hari.

Selama 7 hari berlangsung unsur P sudah siap untuk di gunakan.

Proses pembuatan unsur K ( Kalium )

Bahan-bahan

- sabut kelapa   :  5 kg

- air   :  100 liter

- gula pasir  :  1 kg

- MA 11  :   1 liter

Pembuatan  :

Rajang halus sabut kelapa tadi kemudian masukkan ke dalam drum, masukkan juga gula beserta bahan-bahan yang sudah di siapkan, kemudian tutup drum hingga rapat selama kurang lebih 7 hari.
Setelah masing- masing unsur NPK sudah di dapat dan menjadi bahan jadi, saring airnya dan kemudian campur dengan perbandinga 1:1:1.

Cara pemakaian

Setelah NPK di campur menjadi satu yaitu dengan perbandingan 1:1:1 langkah berikutnya adalah proses pemakaian.


Proses pemakaian bisa di lakukan dengan cara campurkan NPK tadi sebanyak 14 liter untuk 20 liter air bersih lalu aduk rata. Setelah itu kita bisa melakukan penyemprotan pada tanaman, agar tanaman menjadi subur dan tanpa bahan kimia.

Baca Juga : Penjelasan Tentang MA-11 Atau Microbacter Alfaafa-11


Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool