5 Inspirasi Alat Pertanian Sederhana Namun Sangat Berguna

5 Inspirasi Alat Pertanian Sederhana Namun Sangat Berguna
5 Inspirasi Alat Pertanian Sederhana

Sesuai perkembangan zaman yang semakin lama semakin modern berbagai memang semakin hari alat-alat yang di buat yang gunanya untuk membantu manusia semakin tambah canggih, sehingga yang tadinya pekerjaan manusia di kerjakan 3 – 5 orang dengan adanya alat tertentu hal ini bisa di kerjakan hanya 1 orang saja.

Tak lepas dari alat pertanianpun semakin hari semakin berkembang, bahkan ada lata pertanian yang fungsinya memanen hingga keluar langsung jadi bahan jadi siap jual ke pasaran dalam bentuk makanan kaleng dan sebagian.

 Namun untuk membuat alat seperti itu selain membutuhkan pemikiran yang lebih dalam dan juga modal yang di butuhkan cukup banyak, memang sudah ada yang sudah jadi barang dan petani tinggal beli alat tersebut namun masalahnya harga yang di tawarkan cukup menjulang tinggi sehingga untuk pertanian lokal sepertinya tidak mampu untuk membelinya.

Dalam hal ini ada alat pertanian yang cukup sederhana bisa di buat sendiri, modal yang di butuhkan cukup sedikit namun mempunyai fungsi untuk membantu para petani cukup banyak yang di buat oleh orang-orang yang cukup kreatif namun bisa di manfaatkan untuk di jadikan contoh.

5 Inspirasi Alat Pertanian Sederhana

berikut ini adalah 5 inovasi alat sederhana yang cukup bermanfaat dalam bidang pertanian meskipun bisa di bilang alat tersebut cukup sederhana.

1. Pembolong Mulsa

Mungkin sebagian petani tidak menggunakan mulsa untuk proses penanaman yang biasanya di pasang di bawah tanaman dalam bentuk plastik yang berfungsi agar rumput tidak bisa tumbuh ketika tanaman di tanam di lahan.


Namun dalam proses penanaman yang menggunakan mulsa, pembolongan mulsa perlu di lakukan untuk meletakkan bibit tanaman yang bisanya penanaman ini di gunakan pada tanaman seperti cabe, melon, bawang dan berbagai macam sayuran lain.

Dalam proses pembolongan ini kita bisa menggunakan alat yang cukup sederhana yaitu dengan membuat besi ulat seperti kaleng di potong pada bgain ujung di beri gerigi dan pada bagian ujung yang lain di paku pada tongkat, bila sudah jadi cara kerjanya yaitu dengan menancapkan ke mulsa agar mulsa bisa bolong dan bisa di tanami sayuran seperti cabe dan sebaginya.

2. Penanam Padi

Proses penanaman padi yang biasa menggunakan tangan –tangan petani yang terampil yang bisa di lakukan satu persatu namun dengan menggunakan alat yang cukup sederhana ini proses penanaman padi jadi lebih gampang dan juga cepat.


Alat ini terbilang cukup sederhana, bahkan bila petani ingin membuatnya bisa di buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa di dapat dengan menggunakan bahan-bahan sisa, karena bahannya kita bisa menggunakan kayu yang di rakit sedemikian hingga.

3. Alat Pembersih Rumput

Proses pembersih rumput bila petani biasa biasanya menggunakan cangkul untuk membersihkan rumput di bawah tanaman, kali ini kita bisa membuatnya dengan lata yang di modif sedemikian hingga.


Terlintas lata yang di gunakan dalam pembersih rumput ini adalah alat pemotong rumput namun sebenarnya memang ia, namun ada beberapa sedikit perubahan yaitu dengan merubah mata pisau pada mesin pemotong rumput dengan mata pisau lain yang di gunakan untuk pembersih rumput tentunya mata pisau tersebut bisa kita buat sendiri dengan bantuan tukang las agar bisa menjadi lebih baik.

4. Alat Pengisi Tanah

Apakah anda petani yang sering menanam di dalam polibek, bila ia kebanyakan orang mengisi tanah ke dalam polibek satu persatu namun dengan menggunakan alat sederhana ini kita bisa mengisi 5 polibek sekaligus dalam satu waktu.


Alatnya cukup sederhana yaitu dengan membuat alat dari bahan baskom atau ember bekas yang di lubangi pada bagian bawah sesuai ukuran plastik atau polibek yang akan di isi tanah.

Pada bagian tengah di beri tempat untuk meletakkan tongkat pada bagian pinggir-pinggir di baut lubangi untuk meletakkan polibek ketika tanah di masukkan di ember tersebut dan sedikit goyangan makan tanah akan langsung masuk ke polibek secara bersamaan dalam satu waktu.

5. Alat Penumbuk

Proses penumbukan yang biasnya di lakukan oleh tangan –tangan manusia yang terampil namun cukup melelahkan bila di lakukan dalam jumbolah banyak, namun dengan menggunakan alat bantuan ini jadi lebih gampang.


Proses kerjanya cukup sederhana yaitu dengan bantuan air mancur proses penumbukan jadi lebih gampang tanpa lagi menggunakan bantuan manusia.

Semoga inspirasi yang sederhana ini bisa berguna dan bis adi jadikan referensi para petani kita bila ingin membuat alat-alat sederhana ini untuk di terapkan di lokasi masing-masing.




Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool